Daftar Kode Plat Sulawesi Selatan DD dan Seri Belakang

bgtekno.com – Untuk kamu yang mau jalan-jalan ke Sulawesi Selatan maka dibutuhkan kendaraan. Semua kendaran disana terdiri dari motor dan mobil yang semua plat nomornya dibuat berbeda dari yang lain. Jadi artikel ini akan membahas Daftar Kode Plat Sulawesi Selatan DD dan Seri Belakang.

Proses membuat perbedaan kode plat ini agar setiap orang bisa mengetahui jika kendaraan tersebut berasal dari daerah tertentu. Total daerah yang ada di provinsi tersebut terdiri dari 1 kota dan 8 kabupaten. 

Semua kode kendaraan di 9 daerah ini dibuat berbeda antara satu dengan lainnya khususnya di kode belakang. Sedangkan untuk kode depannya semua dibuat sama dengan inisial DD. 

Daftar Kode Plat Sulawesi Selatan DD dan Seri Belakang

Seri Belakang Plat Nomor DD dan Contoh

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jelas, berikut daftar kode belakang dari 9 daerah di Sulawesi Selatan itu. 

Kota Makassar

Seri Belakang Plat Nomor: A/K

Contoh:  DD 1234 AN

Kab. Bantaeng

Seri Belakang Plat Nomor: F

Contoh:  DD 1234 FE

Kab. Bulukumba

Seri Belakang Plat Nomor: H

Contoh:  DD 1234 HR

Kab. Gowa

Seri Belakang Plat Nomor: B/L

Contoh:  DD 1234 BI

Kab. Jeneponto

Seri Belakang Plat Nomor: G

Contoh:  DD 1234 GI

Kab. Maros

Seri Belakang Plat Nomor: D

Contoh:  DD 1234 DE

Kab. Pangkajene Kepulauan

Seri Belakang Plat Nomor: E

Contoh:  DD 1234 ES

Kab. Selayar

Seri Belakang Plat Nomor: J

Contoh:  DD 1234 JG

Kab. Takalar

Seri Belakang Plat Nomor: C

Contoh:  DD 1234 CI

Trending:  3 Cara Cek Paket Nelpon Kartu AS dan Manfaatnya

Karena hanya terdiri dari 9 daerah saja rasanya tidak terlalu sulit untuk dihafalkan. Apalagi yang menjadi tanda dari seri belakang itu hanya huruf pertama setelah nomor plat kendaraan.

Misalnya plat nomor DD 1256 CD itu yang dihitung sebagai kode daerah hanya huruf C saja. Sebagaimana tertulis di bagian atas jika kode C ini berasal dari kabupaten Takalar Sulawesi Selatan. 

Hal ini tidak berlaku untuk daerah itu saja melainkan di semua daerah yang ada di Sulawesi Selatan. Namun selain melihat secara manual seperti bisa juga dilakukan dengan pengecekan via aplikasi

Cara Cek Kode Plat via Aplikasi

Untuk kamu yang tidak mau ribet menghafal maka bisa dilakukan dengan pengecekan via aplikasi dengan cara sebagai berikut:

  1. Kamu bisa mengunduh aplikasi terlebih dahulu dengan cara klik disini
  2. Setelah kamu berhasil mengunduh maka tinggal install saja aplikasinya di smartphone. 
  3. Setelah kamu berhasil menginstall maka bisa masuk ke cek nomor kendaraan. 
  4. selanjutnya kamu tinggal ketikkan saja semua nomor plat yang ingin dicari tahu asal daerahnya. 
  5. selanjutnya kamu bisa klik cari dan layar akan menampilkan semua informasi. 

ketika kamu klik cari maka semua informasi termasuk asal daerah kendaraan, nama pemilik, tahun pembuatan dan lainnya. Semua informasi ini bisa kamu akses secara gratis dan untuk mengecek hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet. 

Dengan demikian proses pengecekan kode plat bisa dilakukan dengan menghafal huruf yang tercantum di atas. Jika tidak mau menghafal maka kamu bisa mengakses via aplikasi dari situs di atas. 

Namun karena jumlah daerahnya hanya ada 9 rasanya tidak terlalu susah untuk dihafal satu per satu. Apalagi yang dihafal bukan seluruh huruf di seri belakang melainkan hanya huruf depannya saja. 

Trending:  Cara Top Up DANA Lewat BCA, BRI Indomaret & Pulsa

Sekilas untuk huruf di seri belakang ini memang terbilang misteri dan belum diketahui berdasarkan apa huruf itu dipilih. Hal yang pasti huruf belakang tersebut bersifat permanen dan tidak bisa diubah-ubah hingga sekarang.

Itulah tadi adalah artikel yang membahas tentang Daftar Kode Plat Sulawesi Selatan DD dan Seri Belakang. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.