Home » Dimana Letak Candi Borobudur? Simak Info HTM, Jam Buka, Spot Menarik

Dimana Letak Candi Borobudur? Simak Info HTM, Jam Buka, Spot Menarik

Apakah anda penasaran dimana letak candi borobudur? Maka anda tepat berada di artikel ini dimana anda bisa menyimak informasi posisi lengkap dengan HTM, jam buka, dan spot serta destinasi menarik di Borobudur.

Candi Borobudur merupakan bangunan ikonik peninggalan jaman dulu yang saat ini masih berdiri megah dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan membuktikan betapa majunya ilmu infrastruktur para nenek moyang dulu dalam membangun bangunan sebesar itu tanpa peralatan alat canggih dan masih bertahan hingga sekarang.

Saking besarnya, candi borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia dan sudah sangat ikonik dan terkenal di seluruh dunia, dimana candi borobudur juga seolah “bercerita” tentang kejayaan dan sejarah masa lalu.Maka dari tidak heran apabila candi borobudur menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia baik itu bagi para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Lalu dimana letak candi Borobudur? walaupun candi Borobudur sudah sangat terkenal tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui posisi letak candi Borobudur dimana candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Adapun candi lain yang juga tidak kalah populer adalah Candi Prambanan yang terletak di Jogja, tepatnya di Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Banyak orang yang salah persepsi mengenai letak posisi kedua candi populer ini dan menyangka candi Borobudur terletak di Yogya dan begitu juga sebaliknya. Untuk lokasi tepatnya, maka anda bisa menuju ke candi Borobudur dari Kota Jogja maka jaraknya sekitar 40 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Sementara jika dari Kota Magelang maka jaraknya hanya sekitar 17 km. Untuk mencapai lokasi candi maka anda melewati Jalan Magelang kemudian mengikuti rute Jalan Kusen Mayor. Setelah anda telah sampai di pertigaan, maka anda bisa mengambil arah ke barat melewati Jalan Sedirman. Baru kemudian jalan terus lurus ke depan sampai menjumpai lokasi kompleks Candi Borobudur.

Trending:  Converter Youtube ke Mp3 Tanpa Aplikasi

Adapun untuk letak geografis Candi Borobudur yang dikelilingi oleh Gunung Merapi dan Merbabu di sisi sebelah timur, perbukitan Menoreh di sisi selatan. Serta Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah utara, tentunya pemandangan di sekitar candi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dimana Letak Candi Borobudur

Spot Menarik Candi Borobudur

Sebagai salah satu destinasi favorit di Indonesia, Candi Borobudur pun menawarkan banyak spot menarik untuk anda kunjungi dan mengabadikan momen anda disana. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Relief Candi yang Menakjubkan

Megahnya bangunan candi yang membuat wisatawan kagum, terlihat semakin menarik dengan relief candi yang menakjubkan. Relief yang ada di dinding Candi Borobudur ini jumlahnya ada 160 dan menggambarkan kehidupan manusia dari lahir sampai ke alam yang tertinggi.

Setiap relief dan stupa yang ada di candi ini memberikan pelajaran kehidupan yang didalamnya berlaku hukum sebab akibat. Semua elemen alam semesta digambarkan dalam konsep yang lengkap sesuai kepercayaan agama Buddha.

Bangunan Candi dan Pemandangan Alam di Sekitarnya

Walaupun candi ini adalah candi Buddha terbesar di dunia ini merupakan tempat ibadah bagi umat Buddha, tetapi tidak ada larangan bagi wisatawan untuk berkunjung dan menyaksikan kemegahan Candi Borobudur secara langsung.

Susunan batu yang ditata sedemikian rupa dan saling mengunci satu dengan yang lain membuat siapapun akan takjub dengan konsep arsitekturnya yang cerdas. Apalagi dengan usia bangunan yang sudah ribuan tahun namun tetap kokoh dan terawat sampai saat ini. Selain bangunan candi yang megah, pemandangan alam di sekitar candi juga sangat sejuk dan indah. Dari bangunan candi ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan view pegunungan yang ada di sekitarnya.

Trending:  MusicallyDown

Momen Sunrise dengan Siluet Candi Borobudur

Daya tarik lainnya yang membuat wisatawan rela datang pagi buta ke kawasan candi adalah momen sunrise yang begitu indah. Untuk menyaksikan sunrise di Borobudur, wisatawan bisa memanfaatkan paket tour sunrise Borobudur dengan biaya sekitar Rp370.000.

Selain menikmati momen sunrise di kawasan Candi Borobudur, wisatawan juga bisa menikmati sunrise dari Punthuk Setumbu dengan view siluet Candi Borobudur dari kejauhan. Karena matahari yang terbit akan muncul dan bersandingan dengan candi.

Letak Candi Borobudur yang dikelilingi perbukitan memungkinkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan Borobudur saat sunrise dari atas ketinggian. Tentunya pengalaman ini akan membuat liburan semakin berkesan.

Atraksi Gajah dan Bersepeda

Selain menikmati kemegahan Candi Brobudur dan menyaksikan sunrise di Borobudur, daya tarik lain yang ditawarkan tempat wisata ini adalah atraksi gajah. Dalam hal ini pihak pengelola menyediakan paket wisata memberi makan gajah di Taman Wisata Candi Borobudur.

Selain memberi makan gajah, wisatawan juga bisa berfoto bersama gajah dengan background Candi Borobudur. Tentunya aktivitas memberi makan gajah di Borobudur akan menjadi pengalaman yang berkesan bagi wisatawan. Selain menyaksikan atraksi gajah dan memberi makan gajah, pengunjung juga bisa bersepeda di kawasan Candi Borobudur. Dalam aktivitas tersebut tersedia 5 rute atau desa yang bisa disinggahi oleh wisatawan.

HTM dan Jam Buka Candi Borobudur

Sekedar informasi dimana harga tiket masuk yang berlaku di Candi Borobudur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu HTM untuk wisatawan domestik dan HTM untuk wisatawan asing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar HTM Candi Borobudur tahun 2023.

  • HTM Wisatawan Domestik, 3 tahun – 10 tahun 10 tahun ke atas Rombongan pelajar dan mahasisw : Rp25.000 Rp50.000 Rp20.000
  • HTM Wisatawan Asing, Anak-anak Dewasa, Rp210.000 Rp350.000 (US$25)
  • Biaya Parkir, Sepeda Motor Mobil Bus, Rp5.000 Rp20.000 Rp30.000
Trending:  Aplikasi Edit Video di Hp Tanpa Watermark 

Sebagai catatan, harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan pengelola.

Sementara jam buka Candi Borobudur dimulai pada pukul 06.00 WIB – 17.00 WIB. Namun bagi wisatawan yang ingin mengambil paket sunrise di Borobudur bisa masuk mulai pukul 16.30 WIB melalui Manohara.

Fasilitas Candi Borobudur

Mushola

Di kawasan wisata ini ada beberapa mushola yang bisa digunakan wisatawan untuk menjalankan ibadah sholat ketika berwisata ke Candi Borobudur.

Tempat Makan

Di kawasan Candi Borobudur juga tersedia banyak tempat makan yang bersih dengan pemandangan Candi Borobudur sehingga momen makan semakin berkesan.

Toilet

Di kawasan wisata Candi Borobudur ada banyak toilet yang tersebar di beberapa lokasi sehingga akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengunjung yang ingin ke toilet.

Toko Oleh-oleh dan Souvenir

Di kawasan wisata ini wisatawan bisa membeli aneka jenis oleh-oleh khas Borobudur, mulai dari makanan hingga cendera mata.

Demikian informasi mengenai informasi dimana letak candi borobudur lengkap dengan HTM, jam buka, hingga spot menarik dan fasilitasnya. Semoga berguna dan bermanfaat.