Home » Cara Menghapus Cache Instagram di HP Android dan iPhone

Cara Menghapus Cache Instagram di HP Android dan iPhone

Tahukah kamu, kalau ternyata, cache yang menumpuk bisa membuat aplikasi seperti Instagram mengalami error? Maka dari itu, yuk, ketahui cara menghapus cache Instagram agar tidak terjadi error saat kamu menggunakan medsos yang satu ini.

Seperti apa sih, cara menghapus data Instagram di Android maupun di HP berbasis iOS? Nah, di artikel ini kami akan coba jelaskan cara-cara keduanya. 

Cara Menghapus Cache di iPhone

iPhone pada dasarnya tidak memiliki fitur penghapusan cache. Itulah kenapa, aplikasi di iPhone jarang mengalami error karena masalah tersebut. Meski begitu, error tetap bisa terjadi karena hal lain.

Jika kamu ingin menghapus cache di iPhone untuk mengembalikan ruang penyimpanan, maka kamu harus uninstal aplikasinya. Setelah itu, kamu install kembali. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, pilih menu “Pengaturan” yang bergambar ikon gerigi.

Cara menghapus data Instagram di Android

  • Setelah itu, masuk ke opsi “Umum atau General”.
  • Setelah berada di menu ini, scroll ke bawah lalu pilih “Penyimpanan iPhone”.
  • Setelah itu, kamu cari aplikasi Instagram.
  • Pada pilihan Instagram, akan ada dua opsi yang bisa kamu pilih sebagai berikut, “Keluarkan App” dan “ Hapus App”.
  • Pilih opsi kedua untuk melakukan uninstal agar semua data terhapus.
  • Sebagai informasi tambahan, jika kamu memilih “Keluarkan App”, aplikasi akan dihapus, namun cache masih ada di iPhone. Maka dari itu, pilih “Hapus App” saja jika ingin menghapus semua datanya, termasuk cache.

Cara Hapus Cache Instagram di HP Android

Berbeda dengan iPhone, menghapus cache aplikasi Instagram di Android lebih mudah. Pasalnya, di HP tersebut tersedia opsi penghapusan cache tanpa uninstal aplikasi.

Trending:  Cara Menggunakan Gcam Loader di Semua Tipe Android

Bingung mencari cache IG di mana pada HP Android? Berikut kami jelaskan letaknya dan cara menghapusnya.

  • Pertama, kamu masuk terlebih dahulu ke menu “Setelan” bergambar ikon gerigi di HP Android. Scroll ke bagian bawah, temukan dan ketuk fitur “Kelola Aplikasi”.

Cara Hapus Cache Instagram di HP Android

  • Ada banyak aplikasi yang akan muncul di fitur “Kelola Aplikasi”. Silakan kamu cari dan pilih aplikasi Instagram. Kamu juga bisa mencarinya melalui kolom pencarian yang tersedia.
  • Jika sudah menemukan aplikasi Instagram, silakan kamu klik. Setelah masuk, scroll ke bagian bawah kemudian pilih opsi “Hapus Data”. Akan muncul dua opsi yang harus kamu pilih sebagai berikut, “Hapus semua data” dan “Bersihkan cache”. Silakan pilih opsi kedua saja.
  • Sebagai informasi tambahan, jika kamu memilih opsi bersihkan cache, maka yang terhapus adalah data cache aplikasi saja. Jika kamu memilih opsi hapus semua data, maka semua data termasuk data login kamu akan terhapus juga.

Manfaat Membersihkan Cache Instagram pada HP

Setiap pemilik smartphone, kami rasa sangat perlu untuk mengetahui cara membersihkan cache. Pasalnya, cache Instagram adalah data sementara yang kebanyakan sudah tidak diperlukan lagi dan bisa memberatkan kinerja perangkat.

Nah, apa yang terjadi jika menghapus cache Instagram? Ini beberapa keuntungannya:

  • Cache yang kamu biarkan menumpuk maka jumlah datanya akan semakin besar. Jika kamu hapus, maka akan mengembalikan kapasitas memori pada HP.
  • Membuat loading pada HP menjadi lebih cepat, terutama HP Android yang spesifikasinya rendah.
  • Prosesor dan RAM tidak terbebani oleh cache yang terus menerus menumpuk dan bertambah besar.
  • Menghemat penggunaan baterai karena cache yang semakin menumpuk datanya bisa menyebabkan baterai boros.
Trending:  Fakta Menarik dari Winson Reynaldi

Demikian informasi seputar cara menghapus cache Instagram yang mudah baik untuk HP Android maupun iPhone. Selamat mencoba!