Kelebihan dan Kekurangan E Wallet yang Wajib Kamu Ketahui

Bgtekno.com – Pengguna e wallet makin hari semakin bertambah. Semua pun mengerti bahwa ini sudah bukan perkara yang awam lagi karena teknologi yang semakin cepat berkembang. Namun, segala sesuatu termasuk e wallet yang memiliki kelebihan dan kekurangan e wallet yang perlu diketahui.

Sebelumnya, e wallet sendiri merupakan suatu aplikasi dompet digital yang bertujuan untuk membantu transaksi penggunanya. Uang tidak akan lagi berbentuk cash, melainkan berwujud uang elektronik. Satu hal yang sudah pasti yakni uang ini tentu bisa dipakai sebagai alat pembayaran.

kelebihan dan kekurangan e wallet

3 Kelebihan dari E Wallet yang Paling Utama

Sebagai alternatif pembayaran, tentu ada point kelebihan dan kekurangan e wallet sendiri. Poin kelebihannya inilah yang menjadi kesukaan para pengguna karena dinilai banyak membantu. Poin-poin kelebihan yang dirasakan secara langsung dari aplikasi e wallet adalah:

1. Transaksi Cepat dan Fleksibel

Kelebihan dari penggunaan e-wallet yang pertama adalah bisa membuat transaksi yang cepat dan fleksibel. Transaksi yang dilakukan di e-wallet hanya tinggal mengetikkan nominal uang yang akan dibayarkan lalu scan kode pembayaran. Tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan suatu transaksi.

Selain itu, transaksi juga jadi fleksibel. Membeli suatu barang atau makanan dapat dimonitor dari tempat. Pembayaran jadi lebih simpel dan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Poin ini sangat berguna untuk pengguna yang cenderung tidak ingin keluar rumah.

2. Berkurangnya Transaksi Uang Palsu

Berita adanya transaksi uang palsu, bukanlah berita yang hanya dibuat-buat. Transaksi uang palsu benar-benar terjadi di antara penjual maupun pembeli. Menggunakan aplikasi e wallet, ternyata dapat berpengaruh untuk mengurangi transaksi uang palsu.

Trending:  Fakta “Si Cinta” Atalia Praratya Sang Penakluk Orang Nomor 1 Jawa Barat

Nominal uang yang ada di saldo e wallet tentu dapat dijamin keasliannya. Pengguna akan membayar dengan uang yang asli dan pembeli tidak perlu memberikan kembalian. Akhirnya, keamanan transaksi jadi lebih terjamin.

3. Penyebaran Virus Melalui Uang Jadi Berkurang

Kesehatan adalah harga yang mahal dan menjadi hal yang harus dijaga. Penyebaran virus dapat dengan cepat mewabah melalui apapun, salah satunya adalah alat pembayaran. Penyebaran virus melalui uang bahkan menjadi salah satu cara cepat virus menyebar.

Dengan menggunakan e wallet, tentu hal ini tidak akan terjadi. Menggunakan uang elektronik sebagai alat pembayaran tidak akan membuat kontak antara penjual dan pembeli melalui uang. Kesehatan keduanya jadi bisa dipastikan aman.

3 Kekurangan dari E-Wallet yang Jarang Diketahui

Selain memiliki kelebihan yang menguntungkan, aplikasi e wallet juga memiliki sisi kekurangannya sendiri. Itu karena setiap keseimbangan terjadi antara kelebihan dan kekurangan. Langsung saja, inilah beberapa kekurangan aplikasi yang bisa dijumpai:

1. Ada Biaya Admin

Benar, menggunakan e-wallet memiliki resiko terkena biaya admin. Biaya ini biasanya selalu ada di setiap transaksi yang terjadi.

Besaran biaya administrasi berbeda-beda tergantung aplikasi dompet digital yang digunakan. Semakin banyak transaksi yang terjadi, maka akan semakin boros dalam hal pengeluaran biaya administrasi.

2. Merchant E-Wallet Terbatas

Hal yang menjadi kekurangan dompet digital kedua adalah terbatasnya merchant e-wallet. Meskipun transaksi yang dilakukan dalam selalu praktis, namun sayangnya transaksi tidak selalu dapat dilakukan.

Dalam setiap toko atau tempat belanja yang disinggahi, belum semuanya memiliki akses e wallet. Jadi, e wallet tidak selalu siap sedia digunakan.

3. Pengguna Jadi Cenderung Konsumtif

Terakhir, poin kekurangan akibat penggunaan e wallet adalah pengguna jadi cenderung konsumtif. Hal itu terjadi akibat penggunaan saldo yang ada di dompet digital tidak terlalu terasa dibandingkan menggunakan uang cash. Akibatnya, penggunanya jadi lebih kalap berbelanja.

Trending:  Menilik Aplikasi ySense yang Hadir untuk Membantu Kita agar Tetap Produktif!

Baca Juga: Cara Withdraw Trust Wallet ke Bank dengan Mudah

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan e wallet tersebut, ada baiknya jika pengguna memperhatikan dampak pemakaian tersebut. Poin kelebihan yang ditawarkan oleh e wallet boleh dinikmati sepuas mungkin. Dampak negatif yang dibawa oleh e wallet di atas sebisa mungkin harus dikurangi agar tidak merugikan.