Home » Kenali Arti Dress Code Beserta Maknanya

Kenali Arti Dress Code Beserta Maknanya

kataku.id – Istilah dress code merupakan istilah yang lazim digunakan belakangan ini oleh banyak orang ketika akan menghadiri atau membuat sebuah acara atau event. Lalu apa itu arti dari Dress Code? Tidak usah bingung lagi, sebab anda bisa menyimak arti dress code dan maknanya pada artikel kami kali ini.

Apakah anda mendapatkan sebuah undangan dengan menampilkan informasi mengenai dress code? Ketika akan menghadiri acara tertentu, biasanya tamu akan diberikan dress code walaupun tidak semua acara menerapkannya seperti acara bebas.

Lalu apa itu dress code? Perlu anda ketahui bahwa dress code merupakan istilah yang merujuk cara berpakaian yang telah dtentukan dalam undangan sebuah acara formal maupun non formal dan telah lama diberlakukan diberbagai negara. Arti dress code juga bisa dikatakan sebagai panduan mengenai tata cara berpakaian yang ditetapkan dalam suatu acara, institusi, atau organisasi.

Adapun tujuan dari informasi dresscode pada sebuah undangan adalah tidak lain tidak bukan agar para tamu yang diundang dapat menyesuaikan busana yang dikenakan dengan tema acara yang diselenggarakan.

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana dresscode ini bisa diterapkan pada acara formal maupun non formal. Sebut saja contohnya ketika anda menerima undangan peresmian kantor dimana para peserta wajib mengenakan baju kantor sebagai dresscode. Atau contoh seperti undangan non formal yakni udangan ulang tahun atau arisan yang memberikan dresscode para tamu atau peserta wajib menggunakan baju berwarna tertentu sehingga acara akan terlihat seragam dan kompak.

Dresscode sendiri memiliki fungsi dan manfaat tersendiri baik itu untuk penyelanggara acara maupun peserta atau tamu acara. Apa saja manfaatnya? simak sebagai berikut.

Manfaat Dresscode

  • Menunjukkan rasa hormat pada acara dan tamu undangan
  • Membantu mensukseskan acara yang sudah diatur oleh penyelenggara acara
  • Membuat diri sendiri merasa lebih nyaman, percaya diri, dan tidak malu pada saat bercengkrama dengan banyak orang di sebuah acara
  • Membantu menjaga suasana yang sesuai dengan acara
  • Memperlihatkan kemampuan beradaptasi dengan situasi yang berbeda-beda
  • Meningkatkan kepercayaan diri dalam berpenampilan
  • Sebagai bentuk menghargai penyelenggara acara yang sudah mengundang dan mengadakan acara
Trending:  Solusi Tidak Bisa Login Info GTK 2022 Terbaru

Jenis-Jenis Dress Code yang Perlu Anda Pahami

Arti Dress Code

Setelah anda mengetahui pengertian dresscode dan beserta arti pentingnya untuk sebuah acara atau event, maka selanjutnya adalah anda perlu mengetahui jenis-jenis dress code yang biasanya digunakan dalam acara formal maupun non formal. Berikut adalah beberapa jenis dress code yang paling umum digunakan.

Dress Code Formal

Sesuai dengan namanya, Dress code formal adalah pakaian resmi dan sopan untuk acara-acara formal seperti pernikahan, pesta, atau rapat bisnis. Umumnya, pakaian formal melibatkan pakaian lengkap seperti jas, dasi, dan sepatu bersih. Untuk perempuan, pakaian formal melibatkan gaun malam atau rok dan blazer yang sesuai dengan tema acara formal yang diadakan. Penting untuk mengingat dengan benar dresscode sebelum memutuskan menghadiri acara formal tersebut, sebab salah sedikit maka anda bisa salah kustom dan malah jadi orang banyak.

Semi-Formal

Semi-formal adalah dresscode yang lebih longgar daripada formal, namun tetap membutuhkan pakaian yang rapi dan sopan. Biasanya, pakaian semi-formal melibatkan jas atau kemeja untuk pria, dan rok atau gaun untuk wanita.

Non-Formal

Non-formal adalah dress code yang sangat longgar dan santai untuk acara-acara seperti piknik, barbeque, acara ulang tahun, foto sesion bersama teman kantor atau komunitas atau perjalanan harian. Biasanya, pakaian non-formal melibatkan pakaian yang nyaman dan santai seperti celana pendek, sandal, dan kemeja. Namun walaupun menerapkan pakaian normal, umumnya terdapat sebuah kesamaan yang diharuskan seperti warna baju yang sama dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai arti dari dresscode, manfaat, beserta jenisnya yang bisa menjadi referensi anda. Hal ini penting anda ketahui agar anda bisa menghindari insiden “salah kostum” ketika mendatangi sebuah acara atau event karena kurangnya pemahaman mengenai dresscode ini. Dan bagi anda selaku penyelenggara acara atau event, anda bisa menyesuaikan dresscode berdarkan tema acara yang anda buat dan tidak malah membuat tamu atau peserta menjadi bingung. Semoga berguna dan bermanfaat.

Trending:  Cara Memperbaiki Speaker Laptop Kresek Dengan Menu Volume Mixer