Kenapa WA Tidak Bisa Mengirim Pesan padahal Jaringan Bagus?

Ingin mengirim pesan di Whatsapp tapi pesan tidak terkirim atau hanya bertanda ‘jam’, sementara jaringan stabil? Lalu kenapa WA tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus?

Ketahui penyebabnya dan temukan solusi yang tepat.

Penyebab WA Tidak Bisa Mengirim Pesan Padahal Jaringan Bagus

Apabila jaringan kamu stabil dan tidak bermasalah, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

Paket Data Habis

Mengirim dan menerima pesan melalui Whatsapp tentu membutuhkan koneksi internet. Sementara kuota internet dapat berfungsi jika paket data masih ada.

Maka dari itu, meskipun jaringan kamu stabil, coba cek paket data kamu. Bahkan paket data yang sudah minim juga bisa menjadi penyebab koneksi internet tidak stabil dan kamu tidak bisa mengirim pesan.

Data Belum Aktif

Kenapa WA pending sementara internet lancar dan paket data kamu masih banyak? Periksa pengaturan data seluler. Pastikan kamu sudah mengaktifkannya dan memilih menggunakan kartu SIM yang benar.

Baca juga Cara Menambah Nada Notifikasi Whatsapp Termudah dan Terbaru

Jaringan Internet Trouble

Memang sulit mendeteksi jaringan internet yang sedang bermasalah. Kamu bisa menanyakan pada teman yang menggunakan jaringan yang sama denganmu. Jika ini yang terjadi, maka tunggu sampai jaringan kembali normal.

Trending:  Cara Pesan Grab dan Informasi Layanannya

Kecepatan Internet Rendah

Meskipun jaringan bagus, belum tentu kecepatan internet juga tinggi. Jadi, saat jaringan internet kamu rendah, pesan kamu terpending dan membutuhkan waktu cukup lama untuk terkirim atau bahkan batal terkirim.

Ada Aktivitas Lain di Whatsapp

Kenapa pesan WA tidak terkirim padahal online? Perhatikan kembali mungkin ada aktivitas lain yang sedang dalam proses sehingga WA tidak dapat langsung merespons pesan yang kamu kirim.

Seperti mengupload atau mengirim file, update status, dan ada aplikasi lain yang sedang proses membuka dokumen berukuran besar.

Masalah Cache

Cache seringkali menjadi masalah yang mempengaruhi kecepatan aplikasi. Karena fungsinya sebagai penyimpanan sementara dan besar kemungkinan akan penuh.

Masih Menggunakan Whatsapp Masih Versi Lama

Mungkin kamu sudah lupa kapan terakhir kali meng-update aplikasi Whatsapp. Menggunakan aplikasi versi lama akan mempengaruhi kinerja aplikasi.

Baca juga Cara Repost Video Instagram dengan dan Tanpa Aplikasi

Masalah pada Server

Penyebab selanjutnya yaitu ketika server yang menaungi aplikasi Whatsapp sedang bermasalah atau dalam pemeliharaan. Jadi meskipun jaringan kamu bagus, Whatsapp kamu tetap tidak bisa digunakan.

Coba periksa status layanan, apakah memang ada masalah yang mempengaruhi server Whatsapp atau tidak. Jika tidak ada, maka segera lakukan langkah pemecahannya.

8 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan

Sumber: Dokumentasi pribadi

Apabila tidak ada masalah dengan jaringan internet kamu dan pengaturan sudah menggunakan jaringan 4G atau 5G, berikut cara agar WA kembali normal:

Nonaktifkan Fitur Penghemat Daya

Fitur hemat daya bisa mempengaruhi proses pengiriman dan penerimaan pesan di Whatsapp. Maka dari itu, pergi ke pengaturan baterai dan pastikan fitur tersebut dalam keadaan nonaktif.

Bersihkan Penyimpanan Whatsapp

Penyimpanan data Whatsapp yang semakin banyak bisa membuat pesan kamu tidak terkirim. Maka dari itu, hapus atau pindahkan data ke penyimpanan lain jika itu memang file penting.

Trending:  Apakah HP 3G Bisa Diubah ke 4G? Begini Caranya Upgrade!

Setelah memindahkan file penting, pergi ke Pengaturan > Manajemen Aplikasi > Pilih aplikasi Whatsapp dan tekan tombol Hapus Data.

Baca juga Cara Menambahkan Link di Bio TikTok dengan Mudah

Manfaatkan Mode Pesawat

Memanfaatkan mode pesawat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi WA mod pending. Jika mode pesawat di ponsel kamu aktif, langsung nonaktifkan dan aktifkan kembali. Namun jika dalam keadaan nonaktif, aktifkan dan nonaktifkan lagi.

Cukup sederhana, tapi bisa membuat ponsel kamu membaca ulang jaringan internet.

Bersihkan Cache

Cache merupakan tempat penyimpanan sementara yang mempercepat pemrosesan aplikasi. Maka dari itu, supaya tidak menumpuk dan menghambat aplikasi, sesekali bersihkan cache pada aplikasi Whatsapp.

Caranya: Buka Pengaturan > Manajer Aplikasi. Kemudian cari aplikasi Whatsapp dan buka. Selanjutnya tekan tombol “Hapus Cache”.

Hapus Pembersih RAM

Aplikasi pembersih RAM bisa menutup aplikasi Whatsapp yang berjalan di latar belakang sehingga tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu periksa apakah ponsel kamu memiliki aplikasi tersebut atau tidak.

Jika ada, langsung hapus atau uninstall dari perangkat.

Manfaatkan VPN atau Sejenisnya

Selain penyebab yang sudah disebutkan di atas, bisa saja terjadi pembatasan akses ke Whatsapp yang dilakukan pemerintah atau provider. Itu sebabnya kamu tidak bisa mengirim pesan meskipun jaringan stabil dan internet lancar.

Maka dari itu, coba unduh dan instal aplikasi VPN dengan reputasi baik lalu gunakan jaringan dari negara lain untuk menghubungkannya.

Nonaktifkan Ponsel

Cara mengatasi WA pending padahal internet lancar yang sederhana yaitu dengan me-restart HP. Tujuannya untuk menyegarkan kembali HP kamu sehingga berfungsi normal kembali.

Nonaktifkan beberapa saat kemudian aktifkan dan tunggu sampai HP selesai berproses.

Trending:  7 Aplikasi Cek No Hp dengan Rating Tinggi di Google

Update Whatsapp

Sama seperti versi HP, aplikasi juga melakukan pembaruan untuk meningkatkan keamanan serta fungsinya, termasuk aplikasi Whatsapp. Maka dari itu, cek pembaruan Whatsapp di Playstore.

Apabila ada tombol “Update”, klik tombol tersebut dan tunggu sampai proses update selesai.

Instal Ulang Whatsapp

Solusi terakhir jika pesan tetap tidak terkirim atau tidak bisa menerima pesan yaitu install ulang aplikasi Whatsapp.

Namun untuk melakukan ini, buat cadangan Whatsapp.

Caranya:

  • Buka Whatsapp dan pergi ke Pengaturan.
  • Pilih “Chat” dan temukan opsi “Cadangan Chat”.
  • Kemudian tekan tombol “Cadangkan”.

Jika sudah, hapus instalasi Whatsapp dan pergi ke Playstore atau App Store kemudian instal kembali Whatsapp.

Jadi, dengan mengetahui penyebab kenapa WA tidak bisa mengirim pesan padahal jaringan bagus, kamu tahu apa yang harus dilakukan

Tinggalkan komentar