7 Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya

Keyboard tergolong perangkat keras untuk mendukung kinerja laptop, sehingga harus berfungsi sebagaimana mestinya. Fungsinya, yaitu untuk mengetik simbol, font, maupun angka dalam proses pengoperasian.

Namun tidak hanya pengetikan, tetapi juga dapat digunakan untuk main game online. Tingkat intensitas pemakaiannya yang semakin tinggi, kadang bisa membuat keyboard laptop tidak berfungsi secara tiba-tiba.

Apa yang Menyebabkan Keyboard Laptop Tidak Berfungsi?

Kondisi keyboard yang tiba-tiba ngadat pasti menjadi persoalan serius, apalagi bila kamu memanfaatkannya untuk bekerja atau mengerjakan tugas. Jangan keburu panik, mari cari tahu pemicu timbulnya persoalan pada keyboard, seperti:

1. Ada Remahan Makanan serta Debu

Sisa atau remahan makanan yang terselip di antara tuts keyboard bisa memicu kerusakan. Maka dari itu, usahakan untuk tidak makan atau mengudap saat mengoperasikan laptop.

2. Keyboard Tersiram Air

Bukan hanya debu, air juga bisa membawa dampak, misalnya keyboard tidak berfungsi sebagian. Sebab, percikan air sangat mudah masuk ke bagian inti, lalu komponen menjadi rusak atau mungkin berkarat.

3. Software Terganggu

Lengkapnya aplikasi pada laptop memang bisa mendukung kinerja kamu, tetapi jangan memasang secara sembarangan. Pasalnya, ada beberapa aplikasi yang memang tidak cocok, terutama dari segi spesifikasi.

4. Hardware Rusak

Kerusakan hardware terjadi pada fisik tuts keyboard ini sendiri. Misalnya penekanan yang terlalu sering pada salah satu tuts saja, keyboard pernah terbentur, jatuh, dan lain-lain.

Trending:  Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus pada HP, Mudah dan Terbukti

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Dari keempat penyebab di atas, rasanya memang tak terlihat terlalu serius. Maka dari itu, kamu bisa mencoba untuk menyelesaikan persoalan tersebut sendiri dengan bantuan trik helpful ini.

1. Pembersihan Keyboard

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik kamu membersihkan keyboard terlebih dahulu. Siapa tahu, kerusakan tersebut hanya dipicu oleh penumpukan debu pada tuts. Berikut step by step untuk membersihkan keyboard laptop:

  • Matikan sistem terlebih dahulu, agar tidak ada tombol yang terpencet.
  • Balikkan laptop, lalu goyang-goyangkan secara perlahan, agar kotoran berjatuhan.
  • Gunakan kuas berbulu halus untuk menyeka bagian sela-sela atau dorong menggunakan alat yang bernama air duster.
  • Bila susah, kamu bisa memanfaatkan penyedot debu berukuran mini.
  • Seka setiap bagian menggunakan kain berbahan microfiber.

2. Mulai Ulang Laptop

Setelah bersih, kamu bisa memulai ulang sistem pada laptop dengan cara restart. Trik ini cukup andal dalam mengatasi masalah laptop dalam skala ringan, termasuk keyboard tidak berfungsi sama sekali.

Langkahnya sangatlah mudah, kamu cuma perlu memencet tombol Windows, lalu pilih Restart. Sistem akan otomatis memulai ulang semua sistem, sementara kamu tinggal menunggunya selesai.

3. Cek Kesesuaian Menu Setting Keyboard

Meski sudah diatur sedemikian rupa, tetapi ada saja pengguna yang acapkali mengubah settingannya. Untuk itu, kamu perlu mengecek menu pengaturan keyboard juga dengan memperhatikan tutorialnya di sini.

  • Pertama, temukan” Control Pane”l pada kotak “Type here to search”.
  • Ketuk “Ease of Access”, kemudian “Change Your Keyboard Works”.
  • Hapus ceklist pada opsi “Turn on sticky keys” dan “Turn on filter keys”, OK

4. Terapkan System Restore

Sistem ini bisa kamu terapkan untuk memulihkan keyboard yang error, setelah memasang aplikasi maupun pengubahan setting. Segera lakukan backup data, lanjutkan dengan menerapkan panduannya. Here we go!

  • Tekan “Start”, carilah “Setting”.
  • Pilih saja “Update & Security”.
  • Di situ tertera beberapa pilihan, akhiri dengan mengeklik bagian “Get Started”. Selesai.
Trending:  7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Youtuber di HP Terbaik

5. Ubah pada Layout

Adapun ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan sebagai gejala kesalahan pada layout, yakni perbedaan huruf. Misalnya, kamu menekan huruf A, tetapi yang keluar pada monitor malah menjadi huruf S atau Q. Untuk membereskannya, ikuti arahan berikut:

  • Pencet search bar untuk mencari opsi Language.
  • Silakan memilih bahasa apa yang hendak diterapkan, lantas klik “Option”.
  • Perhatikan halaman “Berikutnya”, pastikan sudah ada tampilan “US QWERTY” pada menu Keyboard.
  • Seandainya tampak ada layout yang tidak berfungsi, hapus saja agar kinerjanya lebih maksimal.

6. Perbarui Driver Keyboard

Langkah memperbarui driver ini biasa diterapkan untuk perbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi karena virus atau tidak compatible. Tips untuk memastikannya, kamu bisa memeriksa pada Device Manager, seperti panduan berikut:

  • Cari “Keyboard” pada menu “Device Manager”, lalu ketuk bagian tanda panah sampai muncul tulisan “HID Keyboard Device”.
  • Lakukan klik kanan pada opsi tersebut, kemudian “Uninstall”.
  • Silakan restart laptop, lalu cek ulang keyboard.

7. Ganti Hardware

Seandainya keenam trik di atas belum membuahkan hasil, mungkin saja kamu perlu mengganti fisik keyboard. Kamu bisa membeli perangkatnya di toko komputer, gerai resmi, maupun secara online.

Namun ingat, kamu harus menyesuaikannya dengan tipe laptop, agar tidak memicu persoalan lain. Jika tidak mempunyai skill serta pengetahuan dalam bidang IT, lebih baik kamu percayakan saja kepada teknisi. Jangan mengambil risiko besar untuk permasalahan yang seharusnya bisa diatasi dengan sepele.

Demikian penyebab dan trik untuk menyelesaikan persoalan keyboard laptop tidak berfungsi. Berhati-hatilah saat mempraktikkannya, pastikan kamu mengikuti setiap poin yang dianjurkan. Jika kurang memuaskan, bisa melihat ke Youtube untuk langkah jelasnya. Semoga segera teratasi dan selamat mencoba. 

Trending:  Cara Mengunci Aplikasi WA di HP Samsung Semua Tipe

Tinggalkan komentar