Home » Bacaan Niat Mandi Keramas Puasa Senin Kamis Lengkap Dengan Tata Caranya

Bacaan Niat Mandi Keramas Puasa Senin Kamis Lengkap Dengan Tata Caranya

Bacaan niat mandi keramas puasa senin kamis merupakan hal yang patut anda ketahui bagi anda yang ingin menjalankan puasa sunnah bagi umat muslim dimana kali ini kami akan memberikan panduan dan niatnya.

Sekedar informai mandi keramas atau mandi wajib sebelum berpuasa merupakan hal yang penting dilakukan unutk membersihkan diri dari hadast besar dimana hal ini juga menjadi salah satu syarat sebelum menjalankan ibadah sholat. Terutama bagi anda yang terkena hadast besar seperti syahwat, menstruasi maupun nifas.

Sebagai seorang umat muslim, kita pasti mengenal yang namanya puasa dimana terdapat berbagai macam puasa yang bisa dijalankan. Mulai dari puasa wajib, yaitu puasa Ramadhan dan ada juga puasa sunnah, seperti puasa Senin Kamis atau juga puasa Daud.

Seperti judul diatas, kali ini kami akan membagikan niat mandi keramas puasa senin kamis. Puasa senin kamis sendiri adalah puasa yang dijalankan pada hari Senin dan Kamis setiap pekan. Sehingga umat muslim dapat melakukan 8 kali puasa selama satu bulan.

Namun agar ibadah puasa anda bisa diterima di sisiNYA dan sah, maka penting untuk memastikan bahwa anda bersih dari hadats besar dan hal-hal yang bisa membatalkan ibadah puasa yang anda lakukan. Oleh karena itulah penting mandi keramas atau mandi wajib sebelum berpuasa.

Niat Mandi Keramas Puasa Senin Kamis

Niat Mandi Keramas Puasa Senin Kamis

Niat Mandi Puasa Senin Kamis Karena Junub

Salah satu hadast besar yang bisa membatalkan ibadah yaitu junub. Bacaan niat mandi puasa senin kamis karena junub dilafalkan ketika hendak menyucikan diri usai melakukan hubungan suami istri. Cairan putih, air mani, mani adalah cairan yang mengandung sel-sel sperma. Keluarnya mani ini lah yang membuat seseorang wajib atau harus melakukan mandi junub setelahnya.

Trending:  5 Aplikasi Mirror Android Terbaik dan Gratis Digunakan

Dari Ibnu Abbas ra, ia berkata, “Tentang mani, wadi, dan madzi. Adapun mengenai mani, maka diwajibkan mandi karenanya. Sedangkan mengenai madzi dan wadi, maka cukup dengan membersihkannya secara sempurna”. (HR. Al-Atsram dan Baihaqi).

Adapun niat mandi puasa senin kamis karena junub adalah sebagai berikut:

bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf’il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta’ala

Artinya:”Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala”.

Niat Mandi Puasa Senin Kamis Karena Haid

Kemudian pada wanita yang telah menyelesaikan masa menstruasi atau haidnya, juga diwajibkan untuk melakukan mandi wajib sebelum beribadah puasa. Menstruasi atau haid adalah pendarahan akibat luruhnya dinding rahim yang tidak dibuahi. Biasanya menstruasi atau haid akan dialami setiap bulan bagi sebagian besar perempuan dewasa.Bacaan niat mandi puasa senin kamis karena haid berbeda dengan junub.

Adapun niat mandi puasa senin kamis karena menstruasi atau haid adalah sebagai berikut:BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALAArtinya:”Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala”.

Niat Mandi Puasa Senin Kamis Karena Nifas

Hadast besar nifas ini juga dialami oleh para wanita. Perbedaannya, nifas akan dialami oleh para wanita usai melahirkan. Nantinya darah akan keluar dari orgam intim wanita usai melahirkan dan berlangsung selama beberapa waktu. Apabila masa nifas telah selesai dan ingin menjalankan ibadah puasa senin kamis, mereka harus melakukan mandi wajib terlebih dahulu. Bacaan niat mandi puasa senin kamis karena nifas juga ada sendiri.

Berikut bacaan niat mandi puasa senin kamis karena nifas: BISMILLAHI RAHMANI RAHIM NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALAArtinya:”Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala”.

Trending:  Cocok Buat Ayang, Sticker WA Pocky Love TikTok Wajib Kamu Coba!

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Setelah mengetahui niat mandi puasa senin kamis, maka sebaiknya juga anda memahami pula bacaan niat puasa senin kamis. Puasa senin kamis mempunyai manfaat tersendiri dibanding puasa lainnya. Rasullulah SAW diketahui juga terbiasa melakukan puasa di hari Senin.

Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:”Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).Niat puasa senin adalah sebagai berikut:نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَىNawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi tana’alaArtinya: “Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Adapun niat puasa sunnah kamis yaitu sebagai berikut:نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَىNawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi tana’alaArtinya: “Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Demikian informasi mengenai niat mandi keramas puasa senin kamis. Semoga berguna dan bermanfaat agar ibadah bisa anda laksanakan dengan baik dan diterima di sisi Allah SWT.