Home » Tips Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di Browser Google Chrome

Tips Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di Browser Google Chrome

Anda bingung ketika ingin membuka situs di chrome tetapi situs tidak bisa terbuka dan terdapat tulisan ERR_CONNECTION_RESET. Anda tidak perlu bingung lagi sebab kali ini kami akan membagikan tips cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di browser google chrome sehingga anda bisa membuka situs tersebut.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama dimana browser google chrome merupakan situs besutan Google yang sudah sangat populer di dunia dan telah menjadi browser bawaan di perangkat android. Tidak hanya di android, browser chrome ini juga populer digunakan di laptop atau PC dengan berbagai fitur dan addon browser yang fungsional.

Jika anda menemukan tulisan ERR_CONNECTION_RESET ketika akan membuka sebuah situs di chrome, maka penting bagi anda untuk mengetahui apa itu ERR_CONNECTION_RESET?

Lalu apa itu ERR_CONNECTION_RESET? Sekedar informasi tulisan ERR_CONNECTION_RESET merupakan pesan kesalahan yang muncul saat menjalankan browser dan browser tidak bisa memuat halaman situs web yang ingin dibuka. Pesan ini umumnya akan muncul disaat koneksi antara server web dan browser terputus dengan tiba-tiba.

Masalah ini tidak hanya terjadi bagi pengguna Chrome tetapi bisa terjadi di semua jenis browser dengan beberapa penyebab. Apa saja penyebabnya simak sebagai berikut.

Penyebab ERR_CONNECTION_RESET

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET

Antivirus atau Firewall yang Terlalu Ketat

Program antivirus yang sangat ketat bisa menyebabkan timbul pesan kesalahan ERR_CONNECTION_RESET. Hal tersebut terjadi karena program antivirus tersebut bisa menghalangi koneksi antara server web dan browser.

Trending:  Cara Menghilangkan Peringatan Akun TikTok

Koneksi Internet Buruk

Selain itu, penyebab umum kesalahan ERR_CONNECTION_RESET adalah koneksi internet pengguna yang buruk. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya masalah jaringan ISP atau sinyal WiFi yang lemah.

Masalah di Browser dan Server Web

Penyebab terjadinya ERR_CONNECTION_RESET juga bisa karena adanya masalah di browser. Contohnya adalah cache yang rusak atau ekstensi yang tidak kompetibel. Selain itu masalah server web juga bisa menyebabkan terjadinya ERR_CONNECTION_RESET.

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di Chrome Android

Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET

Setelah mengetahui penyebab ERR_CONNECTION_RESET di browser, maka berikut cara mengatasi masalah ini di browser chrome yang bisa anda simak sebagai berikut.

Periksa Koneksi Internet

Hal pertama yang harus dilakukan jika terdapat kesalahan ERR_CONNECTION_RESET yakni dengan memeriksa koneksi internet. Pastikan internet cukup kuat dan stabil. Apabila terjadi masalah ini, bisa mencoba memperbaiki masalah tersebut dengan menghidupkan ulang modem atau router. Atau bisa dengan memuat ulang atau refresh tab yang mengalami eror. Atau bisa juga menghubungi pihak layanan internet jika masalah berlanjut.

Bersihkan Cache Browser

Membersihkan atau menghapus cache bisa membantu memperbaiki ERR_CONNECTION_RESET. Bersihkan cookie, cache, dan riwayat penelusuran di browser yang digunakan.

Nonaktifkan Antivirus atau Firewall

Pengguna bisa mematikan sementara firewall atau program antivirus untuk melihat apakah masalah tersebut bisa teratasi atau tidak.

Matikan Ekstensi Browser

Apabila masalahnya berkaitan dengan ekstensi browser, maka anda bisa mencoba untuk menonaktifkan seluruh ekstensi yang ada atau yang tak diperlukan.

Periksa Server Web

Apabila anda telah melakukan cara diatas tetapi tetap tidak berhasil, maka anda bisa memeriksa server web browser yang digunakan. Anda juga bisa untuk menghubungi administrator web yang ingin dikunjungi untuk memeriksakan masalah di server.

Trending:  5 Aplikasi edit PDF gratis di Android

Tutup Aplikasi atau Tab Lain

Penyebab terakhir mungkin saja perangkat kehabisan memori dan tidak bisa memuat situs untuk menjalankan aplikasi. Bisa dengan dua cara yakni mengosongkan memori dan memuat tab yang mengalami eror.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi ERR_CONNECTION_RESET di browser google chrome sehingga anda bisa kembali normal membuka situs yang anda inginkan. Semoga berguna dan bermanfaat.