Inilah Beberapa Materi yang Terdapat Pada Silabus Sosiologi Kelas X 

Bgtekno.com – Salah satu perangkat pembelajaran yang tidak bisa diabaikan adalah silabus. Biasanya, sebelum memulai pembelajaran kembali, guru sudah memiliki silabus semua mata pelajaran. Salah satunya adalah silabus sosiologi kelas X.

Perangkat pembelajaran sendiri merupakan bagian penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Sebab, dengan memiliki perangkat pembelajaran, maka seorang guru sudah punya rencana yang matang untuk aktivitasnya dalam proses belajar dan mengajar.

Sementara, silabus merupakan dokumen yang perinciannya mencakup pada mata pelajaran yang diampu, indikator, KD, sumber pembelajaran, kegiatan pembelajaran, pendidikan penguatan karakter (PPK), dan lain sebagainya. Berbagai hal ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing guru.

Tentunya, dalam setiap silabus pengembangan dari materi dibarengi dengan indikator pencapaian, sampai dengan sumber materinya. Sehingga, bisa dikatakan bahwa silabus merupakan sebuah panduan dalam mengajar. Nah, berikut ini ada beberapa materi yang terdapat dalam silabus sosiologi untuk kelas x.

Baca juga: Modul Kimia Kelas 11

Beberapa Materi yang Terdapat dalam Silabus Sosiologi Kelas X

Silabus sosiologi kelas X

Bgtekno.com

Fungsi Sosiologi

Materi pertama yang bisa ditemukan dalam silabus tersebut adalah fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat. Dalam materi ini, terdapat 4 sub judul yang membahas lebih dalam lagi. Seperti materi sosiologi sebagai salah satu ilmu sosial. Kemudian membahas mengenai realitas sosial, dan kehidupan sosial.

Terakhir, ada pembahasan mengenai gejala sosial. Semuanya sudah dilengkapi dengan KD, kegiatan pembelajaran, dan lain sebagainya. Biasanya, untuk kegiatan belajar tidak hanya menulis dan membaca saja, tetapi bisa juga dengan melakukan observasi yang relevan dengan materi tersebut.

Trending:  Mengetahui Gambaran Umum Soal PAS Kelas 1 Semester 1 2021

Materi Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial

Materi lainnya yang terdapat dalam silabus sosiologi kelas x adalah materi mengenai individu, kelompok, dan hubungan sosial. Tentu saja yang dibahas di sini berkaitan dengan hubungan antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan lain-lain.

Untuk lebih memahami materi ini, maka metode pembelajaran yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tanya jawab. Biasanya, dengan tanya jawab seseorang akan lebih memahami penjelasan materi yang sudah disampaikan.

Materi Gejala Sosial dalam Masyarakat

Materi lainnya dalam silabus sosiologi kelas x adalah tentang gejala sosial di masyarakat. Dalam materi ini, Anda bisa mengetahui perbedaan dari individu, sosial, dan kelompok. Selain itu, bisa mengetahui juga tentang heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakat.

Di sini juga dibahas mengenai penghargaan atau penghormatan terhadap keanekaragaman sosial. Biasanya untuk metode yang digunakan tidak hanya menulis saja, tetapi juga berdiskusi atau melakukan survey langsung di masyarakat. Dengan begini, maka siswa akan lebih mudah untuk memahami materi ini.

Materi Metode Penelitian

Dalam silabus sosiologi untuk kelas x, Anda juga bisa menemukan materi metode penelitian. Materi satu ini bisa dikatakan sebagai materi yang cukup berat. Di dalamnya dijelaskan mengenai cara merancang penelitian. Semuanya, dirinci lagi menjadi beberapa pembahasan yang lebih dalam.

Nah, untuk pembahasan lainnya ada mengenai bagaimana merumuskan pertanyaan, teknik mengumpulkan data, mengolah dan menganalisis data, sampai dengan merumuskan dan menyajikan hasil dari penelitian. Semuanya bisa ditemukan melalui materi metode penelitian yang terdapat di dalam silabus sosiologi ini.

Dibandingkan dengan beberapa materi sebelumnya, materi metode penelitian cukup kompleks. Tidak heran jika perlu melakukan kajian pustaka untuk para siswa dalam proses belajar. Selain itu, metode pembelajaran yang bisa digunakan dengan baik adalah mendiskusikan dan merumuskan pertanyaan.

Trending:  Guru Harus Tahu! Ini lah Syarat Tambah PTK

Silabus memang memuat lengkap langkah pembelajaran yang akan dilakukan per semester atau per tahun. Adanya silabus bisa menjadi pegangan dalam memberikan pengajaran kepada para siswa. Setidaknya sebelum masuk kelas, apa yang akan disampaikan dan metode pembelajaran apa yang nantinya akan dilakukan.

Penyusunan silabus sosiologi untuk siswa kelas x tidak bisa dilakukan mendadak atau tergesa. Jika seperti ini, maka tidak akan maksimal dalam penyusunannya.

Itulah beberapa materi yang bisa ditemukan dalam silabus sosiologi kelas x. Dalam silabus, bisa ditemukan beberapa hal penting yang akan memperinci atau mengembangkan materinya. Tidak hanya KD, indikator pembelajaran saja, tetapi juga pendidikan penguatan karakter, dan lain sebagainya.