Sinkronisasi Gmail Tidak Bisa Berjalan Otomatis dan Solusinya

bgtekno.com – Sinkronisasi Gmail tidak bisa berjalan otomatis pada aplikasi sering dialami pengguna android. Permasalahan tersebut tentu sangat merepotkan. Pasalnya Gmail digunakan untuk menunjang pekerjaan dan mengaitkan aplikasi yang berjalan di HP.

Sinkronisasi Gmail merupakan proses penyamaan informasi data yang terdapat di Gmail dan ponsel android. Biasanya sinkronisasi berjalan secara otomatis. Tapi tidak jarang pula yang gagal karena beberapa sebab. Untuk mengatasi, simak panduan berikut.

sinkronisasi gmail tidak bisa

Akibat Gagal Sinkronisasi Gmail yang Sering Terjadi

Kegagalan sinkronisasi Gmail yang dialami akan sangat merepotkan. Masalah tersebut membuat pengguna tidak dapat mengirimkan email. Jika ada pesan masuk pun tidak bisa membukanya. Hal ini diakibatkan Gmail susah membaca data dan membuat aplikasinya macet.

Bukan itu saja, Gmail yang tidak bisa sinkronisasi membuat pengguna tidak tahu jika ada email yang masuk. Ketika membukanya lewat Chrome mungkin ada pemberitahuan inbox. Tapi saat melihatnya lewat aplikasi Gmail di ponsel tidak ada karena kegagalan sinkronisasi.

Akibat lain dari sinkronisasi Gmail yang tidak berjalan yaitu terganggunya aktivitas di ponsel. Kegagalan proses sinkronisasi tersebut akan terus memunculkan notifikasi “akun tidak disinkronkan” di layar HP. Kalaupun di-swipe akan muncul pemberitahuan berulang-ulang.

Cara Mengatasi Gagal Sinkronisasi Gmail

Karena kegagalan sinkronisasi Gmail mengganggu pekerjaan, secepatnya harus diatasi. Ada beberapa cara agar aplikasi Gmail bisa berjalan kembali dan sinkronisasi berhasil. Berikut panduannya:

1. Meng-update Aplikasi Gmail

Sinkronisasi Gmail tidak bisa berjalan mungkin saja disebabkan aplikasinya yang sudah kadaluarsa di HP. Karena itu, pengguna harus meng-update-nya lewat Play Store. Langkah-langkahnya yaitu.

  1. Buka Play Store.
  2. Tap ikon garis tiga.
  3. Buka opsi My apps & games.
  4. Cari aplikasi Gmail.
  5. Klik tombol Update.
Trending:  10 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik 2022 Terlengkap

2. Membersihkan Internal Storage

Cara kedua yaitu dengan membersihkan internal storage. Kapasitas memori yang penuh akan mempengaruhi proses sinkronisasi dan memperlambat kinerja sistem android. Mulailah dengan meng-uninstall aplikasi yang tidak digunakan dan backup media yang besar ke perangkat lain.

Pengguna juga perlu menghapus data aplikasi Gmail terlebih dahulu. Biasanya kegagalan sinkronisasi disebabkan oleh adanya bug dalam aplikasi. Langkah-langkah membersihkan data yaitu.

  1. Buka Pengaturan ponsel.
  2. Cari opsi Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi Gmail.
  4. Masuk ke opsi Penyimpanan.
  5. Klik tombol Hapus Data.

3. Me-restart Perangkat

Me-restart perangkat diyakini dapat memperbaiki bug yang terjadi di sistem android. Otomatis cara ini akan mengatasi juga sinkronisasi Gmail yang gagal. Langkah restart di semua ponsel umumnya sama, yaitu.

  1. Tekan beberapa detik pada tombol power.
  2. Tap opsi Restart atau Mulai Ulang.
  3. Setelah menyala, coba periksa aplikasi Gmail.

4. Memeriksa Kata Sandi

Kegagalan sinkronisasi Gmail bisa saja dialami jika terjadi kesalahan password. Terkadang ditandai dengan eror seperti berikut.

  1. Pengguna diminta menulis username dan password hingga berulang kali.
  2. Kredensial tidak valid.
  3. Tidak diterimanya username dan password.

Jika mengalami hal tersebut, coba login kembali ke akun Gmail. Sebelumnya pastikan kalau username beserta kata sandinya sudah benar. Kalau mengaktifkan verifikasi dua langkah, gunakan kata sandi aplikasi untuk login.

5. Memeriksa Setelan

Ada pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk mengatasi sinkronisasi Gmail yang gagal. Pertama, periksa koneksi internet dan pastikan mode pesawat tidak aktif. Pasalnya proses sinkronisasi memerlukan sambungan internet.

Periksa pula setelan sinkronisasi data otomatis di ponsel sudah menyala. Selain itu, coba cek sinkronisasi Gmail dengan langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Gmail.
  2. Masuk ke Setelan.
  3. Klik akun.
  4. Centang opsi Sinkronisasi Gmail.
Trending:  Cara Menggunakan Yandex untuk Menjadi Mesin Pencari Default

Baca Juga: Cara Sinkronisasi Gmail yang Paling Mudah

Jika sinkronisasi Gmail tidak bisa berjalan otomatis di ponsel android, segera atasi dengan cara di atas. Kegagalan sinkronisasi akan mengganggu proses berkirim dan terima email. Pengguna pun kesulitan menjalankan aplikasi tertentu karena gagal sinkronisasi ini.