Beranda » SK Panitia Ujian Sekolah Untuk Semua Tingkatan ( SD, SMP, SMA/ SMK )

SK Panitia Ujian Sekolah Untuk Semua Tingkatan ( SD, SMP, SMA/ SMK )

Bgtekno.com – Surat Ketetapan / SK panitia ujian sekolah dikeluarkan untuk membentuk panitia ujian sekolah. Hal ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan ujian sekolah agar terlaksana dengan baik dan lancar.

Ujian sekolah merupakan salah satu penentu bagi kelulusan peserta didik diluar dari nilai rapor dan penilaian sikap. Ujian sekolah juga merupakan evaluasi dala dunia pendidikan untuk mengukur standar pencapaian hasil.

Itulah mengapa keberadaan dari sebuah SK ini sangat dibutuhkan. Selain untuk mendukung terlaksananya ujian sekolah, SK panitia US juga mengatur persiapan pelaksanaan sampai hasil dari ujian sekolah.

Pada tahap persiapan untuk ujian sekolah, dilakukan sosialisasi kepada para guru. Dalam sosialisasi ini diinformasikan untuk mulai menyusun soal ujian, membuat kisi – kisi, menambah waktu belajar peserta didik, melaksanakan try out dan lain sebagainya.

Pada tahap pelaksanaan ujian sekolah akan dilaksanakan sesuai dengan hasil rapat para dewan guru. Apakah itu dilaksanakan secara online atau pun tatap muka. Pada tahap ini SK panitian ujian sekolah digunakan untuk mengontrol jalannya ujian.

Tahap terakhir adalah hasil ujian. Setelah ujian sekolah selesai, hasilnya akan ditindak lanjuti oleh setiap guru mata pelajaran untuk mengkoreksi jawaban peserta ujian. Setelah itu memberikan nilai sebagai salah satu syarat kelulusan.

Baca juga: Cara cek info GTK 

SK panitia ujian sekolah

Contoh SK Panitia Ujian Sekolah

KOP SEKOLAH

SURAT KEPUTUSAN

Kepala Sekolah SD / SMP / SMA / SMK

NOMOR : … / …. / . . . . / . . . . / . . . . / 2021

TENTANG

PANITIA PENYELENGGARA KEGIATAN UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022

Menimbang : a. Bahwa untuk mengakhiri kegiatan proses belajar mengajar siswa (i) kelas VI, maka perlu dilaksanakan Ujian Sekolah Kleas VI.

b. Bahwa untuk menentukan keberhasilan siswa (i) kelas VI dalam menempuh pembelajaran di sekolah perlu dilaksanakan Ujian Sekolah Kelas VI.

Trending:  Ini Dia Doa untuk Orang yang Sudah meninggal Dunia

c. Agara kegiatan Ujian Sekolah Kelas VI dapat terlaksana dengan baik perlu dibentuk susunan kepanitiaan.

Mengingat : 1. Undang – undang No. 20 Thn. 2003 tentang “ sistem pendidikan nasional “.

2. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud ) Republik Indonesia No. 01 Tahun 2021 Tanggal 1 Februari 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease ( COVID – 19 ).

3. Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat Nomor : B – 01 / 422.2 / 53.12 / 3 / 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional.

4. Dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Pada Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease ( COVID – 19 ) Berdasarkan kalender akademik SD/ SMP/ SMA/ SMK tahun pelajaran 2020/ 2021.

MEMUTUSKAN

Menetapkan :

Pertama : Membentuk susunan Panitia Ujian Sekolah Kelas VI seperti yang tercantum dalam lampiran I Surat Keputusan ini.

Kedua : Panitia segera menyusun program kerja dan jadwal pelaksanaan Ujian Sekolah Kelas VI, melaporkan secara tertulis kepada kepala sekolah.

Ketiga : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan ditinjau kembali seperlunya.

Ditetapkan :

Pada tanggal : … Maret 2021

Kepala SD/ SMP/ SMA/ SMK

TTD

NIP……

Tembusan :

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten . . . . . . .

Pengawas SD/ SMP/ SMA/ SMK

Masing – masing guru di tempat

Pertinggal.

Pada lampiran pertama Surat Ketetapan para panitia ujian Sekolah, dilampirkan daftar nama anggota panitia Ujian Sekolah Kelas VI beserta jabatannya. Baik jabatan di kedinasan maupun dalam kepanitiaan.

Pada lampiran kedua dari SK Panitia Ujian, dilampirkan daftar nama Pengawas Ujian Sekolah yang dilaksanakan beserta jadwal dan ruangannya.

Pada lampiran ketiga surat ketetapan dilampirkan jadwal Ujian Sekolah Kelas VI yang akan dilaksanakan. Lengkap dengan hari dan tanggal, waktu pelaksanaan dan mata pelajaran.

Trending:  Simak Cara Tambah PTK Baru Berikut Ini

Itulah contoh format Surat Keputusan atau SK Panitia Ujian Sekolah . Semoga bermanfaat. Terima kasih.