Beranda » Cara Vervalponsel untuk Mendapatkan Kuota Gratis 

Cara Vervalponsel untuk Mendapatkan Kuota Gratis 

Bgtekno.com – Di zaman canggih seperti saat ini, ada banyak sekali istilah baru yang bermunculan. Salah satu istilah yang dimaksud adalah vervalponsel. Sebenarnya, istilah ini merupakan singkatan dari verifikasi dan validasi nomor ponsel.

Verval ponsel sendiri bisa ditemukan langsung dalam website kemendikbud. Di mana memang dihadirkan untuk menjamin kelancaran proses pembelajaran. Selain itu juga para pendidik dan peserta didik untuk bisa mengakses layanan pembelajaran.

Bisa dikatakan bahwa ini merupakan program untuk mendapatkan subsidi kuota internet bagi semua siswa. Sebelum mendapatkan subsidi kuota gratis ini, maka perlu melakukan verifikasi dan validasi nomor setiap peserta didik. Biasanya, pihak sekolah yang akan melakukan verifikasi dan validasi ini.

Baca juga: Cara menggunakan Duck Duck Go dengan mudah

Cara Melakukan Pendaftaran Vervalponsel

Setelah mengetahui gambaran singkat mengenai vervalponsel, maka hal lain yang perlu kamu ketahui dari program pemerintah ini adalah tentang cara melakukan pendaftarannya. Nah, berikut ini akan dibahas mengenai cara pendaftarannya.

Mengunduh SPTJM Terlebih Dahulu

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengunduh SPTJM terlebih dahulu. SPTJM sendiri merupakan singkatan dari Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang dikeluarkan oleh kepala sekolah. Biasanya memang diperuntukkan untuk dinas pendidikan.

SPTJM sendiri merupakan surat pertanggungjawaban mengenai kebenaran data sekolah. Biasanya diunduh melalui aplikasi dapodik. Data yang terdapat di sana, meliputi peserta didik, satuan pendidikan, sampai dengan sarana dan prasarana.

Untuk pengunduhan sendiri, biasanya dilakukan paling lambat setiap tanggal 5 bulan berjalan. Sementara, untuk upload-nya sendiri paling lambat dilakukan pada tanggal 7 bulan berjalan. Proses pengunduhan dan peng-upload-an SPTJM dilakukan pada periode program kuota gratis saja.

Trending:  Nama Font IPhone di Zfont 3

Mengisi SPTJM

Selanjutnya, jika sudah melakukan pengunduhan, maka bisa mengisinya dengan detail. Setelah itu, cetak menggunakan tinta berwarna. Jika sudah, maka perlu meminta tanda tangan kepala sekolah lengkap dengan materai.

Mengunggah SPTJM

SPTJM vervalponsel

Bgtekno.com

Jika sudah mendapatkan tanda tangan, maka bisa langsung mengunggahnya di laman verval ponsel. Semua tahapan sudah selesai, maka Anda hanya perlu menunggu informasi selanjutnya.

Beberapa Penyebab Data Siswa Tidak Muncul di Vervalponsel

Ada beberapa kendala yang kadang membuat proses pendaftaran tidak berhasil. Salah satunya adalah tidak munculnya nama siswa di laman verval. Ternyata ada beberapa penyebab mengapa data siswa tidak ada di sana.

Siswa Berasal dari TK/PAUD

Verifikasi dan validasi nomor ponsel

Bgtekno.com

Penyebab tidak adanya data siswa yang pertama adalah karena siswa berasal dari TK/PAUD. Hal ini biasanya karena sekolah belum melakukan sinkronisasi. Sehingga, membuat data menjadi berganda.

Untuk mengecek hal ini, maka harus mengunjungi laman verval pd. Jika yang bersangkutan sudah sinkron, maka otomatis akan muncul pada laman vervalponsel.

Berganda dengan Sekolah Lain

Penyebab terakhir adalah karena memang datanya berganda dengan sekolah lain. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu di laman verbal pd.

Beberapa Ragam Besar Kuota yang Diberikan

Program ini merupakan sebuah program lanjutan yang sebelumnya pernah dilakukan. Karena tanggapan masyarakat sangat positif, maka terus berlanjut dengan jumlah kuota yang diberikan pada masing-masing tingkat pendidikan berbeda-beda.

Hal menarik yang perlu diketahui adalah pemberian kuota ini diberikan mulai pada tingkat pendidikan PAUD sampai dengan mahasiswa. Untuk PAUD sendiri, besar kuota yang diberikan adalah sebesar 7GB per bulan.

Sementara, untuk Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas mendapatkan kuota sebesar 10GB. Berbeda lagi dengan mahasiswa yang kebutuhan untuk berselancar di internet cukup tinggi, maka kuota yang diberikan adalah sebesar 15GB per bulan.

Trending:  Title Pindad PB yang Bagus Buat Semua Pangkat

Verifikasi dan validasi nomor ponsel juga berlaku untuk tenaga pengajar. Biasanya, kuota gratis akan diberikan selama 3 bulan. Tentu saja hal ini juga akan sangat membantu untuk menunjang proses belajar mengajar.

Untuk melakukan verval pada nomor ponsel guru sebenarnya sama saja dengan peserta didik. Dari data yang ada, hanya guru yang memiliki NUPTK saja yang datanya akan muncul.

Demikianlah berbagai hal mengenai vervalponsel yang perlu diketahui. Sebagai salah satu program pemerintah, verval memang sangat membantu dalam keberlangsungan proses belajar mengajar, terutama pada saat pandeymik. Di mana memang sekolah dilakukan secara daring.