Home » 7+ Trik Mengambil Foto Malam Hari Menggunakan Hp Android untuk Hasil Sempurna

7+ Trik Mengambil Foto Malam Hari Menggunakan Hp Android untuk Hasil Sempurna

kataku.id – Bagi anda yang ingin mengambil foto malam hari dengan HP android dan mendapatkan hasil yang sempurna, simak trik cara mengambil foto malam hari menggunakan HP android untuk hasil sempurna yang akan bagikan kali ini.

Mengambil foto pada malam hari tentunya memiliki tantangan tersendiri untuk mendapatkan hasil terbaik dengan hasil tidak terlalu gelap namun estetik. Apalagi jika anda para pengguna perangkat non profersional seperti kamera HP android, maka anda harus mengetahui tips terbaik mengambil foto dengan pencahayaan kurang seperti pada malam hari.

Berbeda halnya pada siang hari dimana pencahayaan yang tidak perlu diragukan dengan cahaya matahari yang membuat foto tampak jelas baik itu outdoor maupun indoor yang memiliki akses cahaya. Dan pada malam hari, maka anda harus melakukan beberapa pengaturan khusus untuk tetap bisa menghasilkan foto terbaik.

Untuk itu kali ini kami akan membagikan trik cara mengambil foto malam hari menggunakan HP android untuk hasil sempurna yang bisa anda simak sebagai berikut.

Trik Mengambil Foto Malam Hari Menggunakan Hp Android

Trik Mengambil Foto Malam Hari Menggunakan Hp Android

Menggunakan fitur motion mode

Pada Android Pixel 7, pengguna dapat mengambil foto biasa tetapi terlihat tajam di malam hari menggunakan motion mode. Terutama jika objeknya mobil yang melaju di jalanan kota. Pada fitur motion mode ini anda tidak perlu lagi menggunakan tripod. Akan tetapi, trik foto dengan motion mode memang perlu latihan terlebih dahulu, khususnya bagi para pemula. Beberapa objek malam yang pas menggunakan motion mode seperti subjek bergerak yaitu mobil, bus, atau pengendara sepeda, hingga foto gedung atau jalanan perkotaan.

Trending:  Praktis! Ini Cara Sharing Printer Windows 10 ke Beberapa Komputer

Mengaktifkan mode malam

Kamera di hp Android umumnya mempunyai fitur mode malam yang terpasang secara default atau bawaan. Cek terlebih dahulu dan pastikan mode malam dalam keadaan aktif. Night mode atau night sight dapat membantu memaksimalkan hasil bidikan objek dalam sekalipun kondisi pencahayaan di sekitarnya minim. Selain itu, mode malam juga terhubung dengan lampu flash sehingga mampu menerangi objek gambar supaya tidak buram.

Jepret foto dari tempat bercahaya

Selain memanfaatkan fitur profesional dari kamera hp Android, cara membidik objek gambar juga perlu diperhatikan dan tidak sembarangan. Walaupun menggunakan mode malam, anda tetap perlu mencari tempat strategis yang sekiranya mendukung sumber cahaya lebih terang. Kemudian cari angle foto dari berbagai sudut atau sisi supaya menghasilkan interpretasi yang bebeda. Contohnya angle eye level, high angle, low angle, bird eye, atau frog eye.

Edit Foto dengan Adobe Lightroom Mobile

Trik foto malam hari menggunakan Android supaya lebih HD selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi editing foto seperti editor foto Adobe Lightroom Mobile yang dapat diunduh melalui Google Play Store. Mengedit hasil jepretan malam hari dengan tambahan editor foto, dapat menciptakan hasil yang lebih dramatis karena ada sentuhan efek di dalamnya. Adobe Lightroom Mobile menyediakan fitur untuk menaikkan eksposur, mempertajam gambar, hingga memperhalus noise pada foto supaya hasilnya lebih apik.

Posisi tangan stabil

Tangan tremor atau bergerak-gerak dapat memengaruhi hasil foto jadi buram, kabur, maupun tampak lebih gelap. Tangan anda memang tidak bisa stabil selayaknya tripod. Tapi setidaknya anda dapat bertumpu pada meja atau dinding supaya kondisi tangan tidak goyang atau bergetar. Apabila anda memiliki tripod yang ukurannya tidak terlalu besar, tidak ada salahnya digunakan untuk meletakkan hp agar sehingga lebih stabil saat membidik gambar.

Trending:  10 Gaya OOTD Couple Hitam Untuk Pasangan Terlihat Serasi

Atur dengan mode manual

Apabila hasil jepretan dengan mode malam kurang memuaskan, anda dapat mengatur sendiri dari menu pengaturan manual di kamera Android. Pada opsi kamera pilih ikon pengaturan, lalu atur tingkat pencahayaan yang diinginkan atau tap layar kamera beberapa kali sampai mendapat tingkat ketajaman yang sesuai.Setelah berhasil diatur coba jepret objek dan lihat hasilnya terlebih dahulu sambil dievaluasi.

Cari momen yang pas

Selama hunting foto, maka anda harus pintar-pintar mencari momen yang pas. Trik ini memang perlu kesabaran penuh dan pastikan kamera hp tetap on. Sebagai contoh, anda dapat membidik foto lampu kendaraan yang menyorot ke pejalan kaki ketika menyeberang di lampu merah. Atau mengambil foto suasana malam perkotaan dari tempat tinggi sehingga menyoroti semua lampu-lampu malam yang terang.

Demikian informasi mengenai trik cara mengambil foto malam hari menggunakan HP android untuk hasil sempurna. Semoga berguna dan bermanfaat.