Home » Cara Cek iOS iPhone 6, 7, 8, 9, X dan Series Lainnya

Cara Cek iOS iPhone 6, 7, 8, 9, X dan Series Lainnya

Versi iOS pada iPhone bisa berbeda-beda. Kenapa demikian? Pasalnya, ada beberapa yang mungkin sudah tidak mendapatkan update ke versi terbaru. Maka dari itu, kamu harus tahu cara cek iOS iPhone agar mengetahui apakah sudah update ke versi terbaru atau belum.

Salah satu keuntungan menggunakan operation system iOS adalah adanya update berkala. Ini sebabnya, walaupun kamu tidak membeli seri terbaru, kamu tetap bisa merasakan iOS terbaru iPhone kalau sudah update. Hingga artikel ini kami buat, iPhone baru saja menginformasikan bahwa akan hadir iOS terbaru, yaitu versi 17.

2 Cara Mengecek iOS iPhone

Informasi versi perangkat lunak iPhone sangat mudah sekali untuk ditemukan di perangkat iPhone. Bagi kamu yang tidak tahu letak informasi iOS di handphone tersebut, coba saja ikuti salah satu dari kedua metode berikut.

1. Cara Cek iOS iPhone melalui Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengecek iOS di HP iPhone yaitu bisa melalui menu Pengaturan. Karena pada menu tersebut, ada banyak informasi terkait HP tersebut yang bisa kamu temukan, termasuk salah satunya versi iOS. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu “Pengaturan” bergambar ikon gerigi.
  • Buka opsi “Umum” pada menu Pengaturan.

Cara Cek iOS iPhone di pengaturan

  • Pilih opsi “Mengenai”.

ios iphone

  • Informasi versi iOS langsung muncul di opsi paling atas seperti pada gambar.

Sebagai informasi tambahan, pada opsi Mengenai tersebut, kamu juga bisa mengecek serial number dan juga IMEI (International Mobile Equipment Identity). Kamu tinggal gulir saja ke bagian bawah untuk mengetahui informasi lainnya.

2. Cara Cek iOS iPhone melalui Komputer

Cara Cek iOS iPhone melalui Komputer

Kamu juga bisa mengecek iOS iPhone dengan mudah melalui komputer atau laptop. Cara ini juga tidak kalah mudah, hanya saja kamu harus menghubungkan HP tersebut dengan laptop atau komputer yang kamu gunakan. 

Trending:  Aplikasi Edit Background Foto yang Patut Untuk Dicoba

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Install iTunes atau Finder di komputer atau laptop berbasis sistem operasi Windows.
  • Buka dan jalankan aplikasi Finder atau iTunes.
  • Sambungkan iPhone ke komputer dengan menggunakan kabel.
  • Buka iPhone melalui iTunes.
  • Setelah kamu buka, maka akan muncul versi iOS di komputer atau laptop.

Selai melalui laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows, kamu juga bisa memakai laptop dengan sistem Mac OS Catalina ke atas. Persyaratannya hanya satu, yaitu harus menggunakan aplikasi Finder.

Manfaat Mengecek Versi iOS

Manfaat Mengecek Versi iOS

Selain untuk mengetahui apakah iOS kamu sudah update atau belum, mengetahui versi iPhone terbaru ini juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan informasi penting lainya. Salah satu manfaat mengecek informasi tersebut yaitu untuk memastikan kompatibilitas perangkat pada aplikasi maupun game yang terpasang.

Perlu kamu ketahui, bahwa beberapa aplikasi maupun game biasanya memberikan dukungan pada versi iOS yang paling baru. Tujuannya yaitu demi kenyamanan dan juga penambahan fitur.

Di sisi lain, kalau kamu ingin mendapat iOS terbaru iPhone, ini biasanya juga satu paket dengan tipe handphone-nya juga. Pasalnya, seperti yang sudah kami jelaskan, ada beberapa tipe iPhone yang tidak mendapatkan versi iOS terbaru.

Salah satu alasan kenapa pada beberapa versi, khususnya versi iPhone yang lama tidak mendapatkan update terbaru, yaitu karena perangkat dapur pacunya tidak mendukung. Jadi, pastikan kamu paham versi sistem operasi terbaru dan apakah iPhone milikmu masih mendapatkan update iOS atau tidak.

Cara cek versi iOS iPhone bisa kamu cari langsung melalui HP itu sendiri maupun melalui laptop atau komputer. Bagi kamu yang ingin mengeceknya secara cepat, silakan cek saja di bagian menu Pengaturan > Umum > Mengenai.

Trending:  8+ Situs Nonton Film Gratis Subtitle Indonesia Terbaik

Itulah cara cek iOS iPhone semua tipe yang bisa kamu coba baik langsung melalui HP maupun kamu hubungkan ke komputer/laptop.