Beranda » Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo Tanpa Menghapus Aplikasi

Apakah kamu sedang mencari cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi? Tenang saja, artikel ini akan membantu kamu menemukan jawabannya.

Ruang penyimpanan yang ada pada HP merupakan salah satu hal yang sangat penting. Seluruh berkas pada HP, termasuk foto dan video ditampung pada ruang penyimpanan. Lalu bagaimana ketika ruang penyimpanan penuh?

Penuhnya ruang penyimpanan pada HP seringkali mengganggu fungsi HP pada saat digunakan, sehingga mau tidak mau kamu harus melakukan penghapusan untuk menghindari error. 

Cara Membersihkan Ruang Penyimpanan HP Vivo

Memangnya ada cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi? Jawabannya sudah pasti ada. Menghapus aplikasi tidak selalu menjadi satu-satunya solusi untuk membersihkan ruang penyimpanan di HP Vivo. 

Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Penasaran? Yuk simak pembahasan berikut.

1. Membersihkan File Shared WhatsApp

Cara pertama yaitu dengan membersihkan file shared WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka manager file lalu klik titik tiga
  2. Klik pengaturan, lalu pilih opsi “Tampilkan file tersembunyi”
  3. Kembali menuju tampilan awal manager file lalu ketikkan “WhatsApp” di kolom pencarian.
  4. Klik “File Folder Shared” lalu hapus semuanya.

2. Menghapus File Cache Aplikasi Besar

Cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi yang kedua adalah dengan menghapus file cache aplikasi besar. Sebagian besar pengguna mungkin tidak menyadari bahwa cache di aplikasi sudah terlalu besar sehingga memenuhi ruang penyimpanan. 

Trending:  Sugar Live Apk Mod yang Populer dan Semua Macam Fiturnya

Karena itu, kamu bisa menghapusnya untuk mengosongkan kembali ruang penyimpanan HP Vivo mu. Bagaimanakah caranya? Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

  • Nyalakan HP Vivo mu terlebih dahulu
  • Masuk ke menu Settings
  • Disana kamu akan melihat banyak sekali opsi, silakan pilih opsi aplikasi
  • Kamu akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di HP Vivo mu, silahkan buka aplikasi satu persatu.
  • Klik “hapus memori” untuk menghapus cache pada aplikasi pilihanmu.

3. Menghapus Data Aplikasi di HP Vivo

Selain menghapus cache, kamu juga bisa menghapus data aplikasi di HP Vivo mu untuk membersihkan ruang penyimpanannya. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara menghapus cache, baiklah berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Setting
  • Pilih opsi Aplikasi
  • Buka satu persatu aplikasi yang ada disana
  • Terakhir, pilih opsi “hapus data”

4. Menghapus Video dan Gambar yang TIdak Penting

Apabila menghapus aplikasi terasa berat untukmu, kamu bisa coba menghapus beberapa gambar dan video yang kurang penting untuk mengatasi persoalan ruang penyimpanan penuh. Cobalah untuk mensortir video dan foto yang ada di HP kamu. Hapus foto-foto yang buram atau tidak jelas.

5. Menggunakan Bantuan MicroSD

Apabila semua cara sudah kamu lakukan dan ruang penyimpanan HP Vivo tetap penuh, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini, yakni menggunakan MicroSD. MicroSD tentu saja dapat menambah ruang penyimpanan di HP kamu. Pastikan MicroSD yang kamu gunakan memiliki ruang yang cukup luas sehingga bisa menampung file yang ada si HP tersebut.

Silakan pindahkan file besar yang ada di ponsel ke penyimpanan di MicroSD yang kamu punya. Opsi terakhir ini merupakan opsi yang paling oke, karena kamu bisa mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus file di ponselmu.

Trending:  Rekomendasi HP Vivo Ram 8 Terbaik

Bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan cara membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo tanpa menghapus aplikasi setelah membaca artikel ini sampai habis? Cara-cara yang kami bahas di atas merupakan cara yang mudah dan simple, selamat mencoba.