Beranda » Oppo A54, Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu!

Oppo A54, Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu!

Sebagai brand yang cukup populer di Indonesia, Oppo selalu berinovasi mengeluarkan lini telepon genggam terbaru dengan berbagai spesifikasi. Seperti Oppo A54 keluaran tahun 2021 kemarin yang banyak digemari masyarakat. Yuk bahas mengenai Oppo A54, kekurangan dan kelebihan, serta harganya.

3 Macam Varian

Sebelumnya, perlu kamu ketahui ponsel dari perusahaan China ini memiliki 3 variasi spec yang bisa kamu pilih. Oppo A54 kini hadir dengan tiga kapasitas RAM dan memori penyimpanan. Kamu dapat memilih RAM 4 GB dengan memori 64 GB, RAM 4 GB dan ROM 128 GB, serta RAM 6 GB dengan memori 128 GB.

Tentunya, kelebihan dan kekurangan Oppo A54 RAM 4 akan berbeda dengan RAM 6. Namun, untuk fitur-fitur lainnya tidak terdapat selisih spesifikasi yang terlalu kentara. Jadi, mari membahas ketiga varian tersebut di dalam artikel ini.

Desain Sleek dan Trendi

Gambar: Oppo A54 dengan 2 opsi warna

Oppo A54
Oppo A54

Yang pertama, kamu bisa cek desain dari ponsel ini terlebih dahulu. Tersedia dalam dua opsi warna yaitu hitam (Crystal Black) dan biru ombre keunguan (Starry Blue), ponsel ini memberikan kesan modern dan trendy. 

Case-nya yang terbuat dari plastik licin di genggaman dan memiliki permukaan yang mengkilap. Ponsel ini memiliki desain dengan tombol Power dan sensor fingerprint di sisi-sisinya. 

Bodi ponsel sendiri cukup tipis dengan berat yang termasuk ringan yaitu 190-an gram. Memang tidak seringan handphone lain keluaran Oppo, namun masih dapat dimaklumi karena mengakomodir kapasitas baterai yang besar.

Apa kelebihan dan kekurangan Oppo A54 dari sisi desain? Kekurangan dari desainnya, terletak pada bodi belakang yang gampang kotor. Jika tidak ingin banyak bekas jari, kamu bisa memakai casing tambahan.

Trending:  5 Cara Copy Paste di Laptop Windows dan Apple

Namun, ponsel ini juga memiliki kelebihan yaitu fitur IPX4. Fitur ini dapat menahan air dalam intensitas percikan ringan. Jadi, kamu tak perlu khawatir ketika telepon genggam terciprat sedikit air atau terkena hujan gerimis.

Tampilan Layar

Untuk layarnya, ponsel ini menggunakan spesifikasi IPS dengan layar selebar 6,5 inci. Layarnya sendiri berupa punch hole yang dapat memberikan kesan lebih luas dan lebar. Sehingga lebih nyaman kamu gunakan saat menonton dan bermain game.

Salah satu kelebihannya terletak pada pemanfaatan AI yang bisa menyesuaikan kecerahan display sesuai kondisi cahaya sekitar. Ini lengkap dengan fitur mengurangi cahaya biru sehingga tidak membuat mata cepat lelah ketika menggunakan.

Kekuatan Kamera

Kemudian, beralih ke pembahasan kamera. Jika kita lihat sekilas, kamera dari telepon genggam ini cukup unik. 

Terdapat tiga buah kamera belakang dengan satu slot yang bertuliskan AI. Bagi yang masih awam soal ini, mungkin akan bertanya-tanya apa fungsi kamera Oppo A54 yang banyak itu. Ternyata, adanya tiga buah kamera tersebut untuk mengakomodir kamera sensor makro fotografi dan sensor kedalaman. 

Kamera utama 13 megapixel serta dua sensor resolusi 2 megapixel tersebut menghasilkan gambar yang lumayan bagus baik untuk foto jauh maupun dekat.  Yang agak disayangkan, tak tersedia fitur wide angle pada ponsel ini.

Baterai Cukup Awet

Berbicara tentang spec Oppo A54, kelebihan dan kekurangan juga mencakup kapasitas baterai. Ponsel ini memiliki baterai tanam lumayan besar yaitu 5000 mAh. 

Oppo A54 yang tak memiliki prosesor terlalu kencang juga bisa cukup menghemat baterai dengan penggunaan kasual. Handphone ini pun punya fitur fast-charging sehingga kamu tak perlu menunggu lama untuk pengisian baterai sampai penuh kembali.

Trending:  Mudah, Begini Cara Menggandakan Aplikasi di HP Realme

Performa Prosesor dan Tes Gaming

Selanjutnya, mari kita bahas performa ponsel ini serta hasilnya ketika tes dengan game-game tertentu. Jika kamu penggemar mobile gaming, ini menjadi penentu apakah Oppo A54 harga dan spesifikasi yang dimilikinya worth it untuk kamu beli.

Ponsel ini memiliki prosesor Octa Core dengan kartu grafis atau GPU PowerVR GE8320. Sistem operasi yang akan kamu dapatkan berupa Color OS yaitu Android 10. 

Untuk varian dengan RAM 4 GB, ponsel ini berjalan cukup smooth dengan lag yang termasuk minim ketika membuka berbagai aplikasi. Oppo A54 ini pun masih bisa membuka berbagai permainan mulai dari yang ringan sampai yang sedikit berat.

Gambar: Permainan PUBG yang bisa kamu mainkan di Oppo A54

Untuk RAM 4, kamu bisa bermain Free Fire dan Mobile Legend dengan kualitas pengaturan tinggi dengan lancar tanpa hambatan. Namun, untuk game seperti PUBG atau Call of Duty: Mobile, setting yang bisa kamu gunakan agak terbatas dengan frame rate menengah hingga rendah.

Versi RAM 6 GB dengan harga Oppo A54 yang lebih mahal, sanggup membuka permainan-permainan yang lebih berat seperti Asphalt dan Genshin Impact. Untuk Asphalt ponsel masih lancar dengan pengaturan tinggi sedangkan pada Genshin Impact pengaturan yang kami sarankan adalah low – medium.

Harga

Dan terakhir, pembahasan yang mungkin Sobat Josbgt tunggu-tunggu. Dengan harga Oppo, A54 kelebihan dan kekurangan yang ponsel ini miliki cukup sebanding. 

Untuk RAM 4GB, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp2.500.000. Sementara itu, RAM 6 dibanderol Rp3.400.000.

Jadi, setelah berkenalan dengan Oppo A54: kelebihan dan kekurangan, apakah kamu tertarik? Ponsel terjangkau dengan spec lumayan ini bisa menjadi opsi yang menjanjikan. Apalagi bagi penggemar gaming dengan budget yang pas-pasan.

Trending:  Rekomendasi HP Vivo Ram 8 Terbaik

Tinggalkan komentar