Tanda Iphone Dicharge saat Mati Tidak Ada? Atasi dengan Cara Ini

Kamu ingin mengecas iPhone sekaligus menonaktifkannya?  Jika iya, kamu harus memastikan tanda iPhone dicharge saat mati, tetap ada. Begini caranya.

Solusi Untuk iPhone Tidak Bisa di Charge Dalam Keadaan Mati

Beberapa orang memilih untuk mengecas handphone saat kondisi mati karena dianggap lebih optimal. 

Begitu pula bagi kebanyakan pengguna iPhone, ternyata kamu juga bisa mengisi ulang daya perangkat saat kondisinya mati. Namun, beberapa orang justru kesulitan melakukan hal ini. 

Bukan karena tidak bisa, namun mereka tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengisi ulang. Lalu, bagaimana cara yang tepat? 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu coba. 

  • Siapkan kabel USB iPHone yang sudah kamu colokkan ke adaptor dan stop kontak listrik.
  • Sambungkan kabel USB ke perangkat iPhone dan pastikan pengisian daya sedang berjalan.
  • Matikan handphone dengan menahan tombol power , lalu iPhone akan mati seperti biasanya.

Dengan melakukan cara ini, maka kamu bisa mengisi daya perangkat meskipun keadaan iPhone mati. Meskipun layar iPhone mati, namun ada logo baterai yang menjadi tanda iPhone ngecas saat mati. 

Sementara, apabila kamu menonaktifkan iPhone terlebih dahulu lalu menyambungkannya ke kabel USB, maka iPhone otomatis menyala kembali. 

Mengatasi Kondisi iPhone Tidak Bisa Dicas saat Mati 

Lalu, bagaimana jika iPhone tidak bisa melakukan pengisian ulang daya ketika kondisi mati? Apa yang harus kamu lakukan? 

Jangan panik, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. 

  1. Memeriksa Kondisi Kabel dan Menggunakan Kabel Orisinal 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan apabila gambar iPhone saat di-charge tidak muncul ialah memeriksa kabelnya. 

Perhatikan apakah ada kerusakan pada kabel atau tidak yang membuat aliran listrik menjadi terhambat. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kualitas kabel charger yang kamu gunakan. Pastikan untuk tetap menggunakan kabel yang orisinal. 

Trending:  3 Cara Reset HP Xiaomi untuk Semua Tipe 100% Work

Jika memang semua kabel yang digunakan sudah baik, orisinal, dan tepat, maka kamu bisa menunggu beberapa saat sampai daya terisi. Karena, memang membutuhkan waktu bagi iPhone untuk dapat mengisi daya. 

  1. Cas Menggunakan Charger iPad

Jika memang charger dari iPhone tidak bisa kamu gunakan, maka kamu bisa menggunakan charger iPad. Bentuk dari ujung charger ini juga cocok bagi perangkat iPhone. 

Menggunakan charger iPad ternyata memberikan output yang lebih besar daripada kamu menggunakan kabel iPhone. Hal ini juga membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat apabila kamu menggunakan kabel iPad. 

Apabila kamu bisa menggunakan kabel iPad untuk melakukan pengisian daya, berarti memang kesalahan ada pada kabel. Namun, jika memang tidak bisa maka kamu perlu melakukan cara lain. 

  1. Melakukan Restore 

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi iPhone yang tidak bisa melakukan pengisian daya baterai ialah melakukan restore. 

Caranya ialah menghubungkan iPhone pada perangkat komputer yang sudah tersambung dengan iTunes. iTunes dapat mendeteksi masalah yang terjadi pada perangkat. 

Pada umumnya, iTunes akan menyarankan kamu untuk melakukan restore. 

Cara melakukan restore cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan sinkronisasi iPhone kemudian klik tombol restore melalui iTunes. 

Namun, memang waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan proses ini tidaklah sebentar. Proses restore membutuhkan waktu yang lama. 

Jika dengan cara tersebut, iPhone tidak bisa menyala, maka kamu bisa memasang USB iPhone pada konektor dock, bukan laptop. Tahan tombolHome” beberapa detik kemudian hubungkan kabel USB pada laptop. 

Beberapa saat kemudian, iTunes akan terbuka dan iPhone akan masuk dalam menu recovery mode. Kamu juga bisa untuk melakukan restore dan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik. 

  1. Membawa Ke Tempat Servis 
Trending:  Kenapa Play Store Tidak Bisa Mendownload? Ini 7 Solusinya!

Apabila kamu telah melakukan berbagai hal, namun indikator charge iPhone saat mati tidak muncul, maka kamu bisa membawanya ke tempat servis. 

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesalahan pada hardware yang tidak bisa sembarangan orang atasi. Oleh karenanya, kamu harus mempercayakan service pada pihak yang tepercaya agar iPhone tetap bisa beroperasi normal. 

Kamu juga bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab iPhone tidak bisa dicas. Sebenarnya, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan pengisian daya pada iPhone tidak berjalan lancar. 

Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut 

  • Kamu tidak langsung mencabut charger saat kondisi baterai mencapai 100&. Hal ini akan membuat iPhone menjadi lebih mudah rusak. 
  • Menggunakan handphone terlalu lama sampai baterainya benar-benar habis. Oleh karenanya, segera isi baterai iPhone saat sudah berada dibawah 10%. 
  • Membiarkan iPhone terkena suhu dingin atau suhu panas terlalu lama. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada barang elektronik, termasuk handphone.
  • Menggunakan handphone terlalu lama saat sedang dicas 
  • Membiarkan berbagai fungsi yang tidak kamu gunakan menyala. Misalnya lampu layar yang terlalu terang, dan sebagainya. 

Bagaimana, apakah kamu sudah menggunakan iPhone dengan tepat selama ini? Gunakan handphone dengan baik sehingga umur pakainya menjadi lebih lama.

Dengan iPhone yang terjaga penggunaannya, maka kamu bisa melihat tanda iPhone dicharge saat mati. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kamu para pemilik iPhone. 

Tinggalkan komentar