Home » Apakah Bening Skincare Mengandung Merkuri? Cek Ciri-Cirinya

Apakah Bening Skincare Mengandung Merkuri? Cek Ciri-Cirinya

Memiliki kulit bening dan mulus pastinya impian banyak orang dan menggunakan skin care adalah salah satu metode perawatan kulit yang populer saat ini. Namun banyak orang yang memiliki pertanyaan apakah bening skincare mengandung merkuri? Simak ciri-cirinya yang akan bagikan pada artikel kami kali ini.

Seperti yang kita ketahui bersama dimana banyak orang yang “tergila-gila” ingin membuat kulitnya lebih bening dan putih tanpa memperhatikan faktor kesehatan pada kulit dalam jangka panjang dimana saat ini banyak beredar skin care yang tidak memiliki ijin dari BPOM sebagai badan pengawas produk dan pemerintah dan tidak memperhatikan kandungan apa saja didalam skin care tersebut.

Sebab banyak kasus ditemukan dimana sebuah produk skincare mengandung kandungan merkuri yang bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit mulai dari iritasi, gangguan pernafasan dan gangguan kesehatan lainnya dalam jangka panjang.

Lalu apa itu Merkuri? Sekedar informasi merkuri adalah logam berat yang memiliki wujud cair yang berwarna putih perak dan mudah menguap apabila berada pada suhu ruangan. Merkuri ini sebenarnya umum digunakan di kehidupan sehari-hari tetapi untuk yang berurusan kecantikan dan kulit. Simak contoh penggunaan merkuri di kehidupan sehari-hari antara lain sebagai berikut.

Penggunaan Umum Merkuri

  • Digunakan sebagai bahan pembuatan bola lampu.
  • Digunakan sebagai bahan pembuatan alat penambal gigi.
  • Digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat alat termometer, dan lain sebagainya.

Tidak hanya digunakan dalam bidang industri, merkuri juga digunakan pada sektor pertambangan seperti penambangan emas, oksigen atau belerang, dan produksi gas klor. Pada penambangan oksigen atau belerang akan membentuk sejenis garam yang digunakan sebagai bahan pembuatan antiseptik dan krim pemutih.

Trending:  Apakah Greater Jakarta Penipuan? Ini Dia Arti dan Cara Blokir dengan Menggunakan Aplikasi

Walaupun penggunaan merkuri juga digunakan di kehidupan sehari-hari akan tetapi sebisa mungkin kadar penggunaannya dikurangi karena merkuri termasuk dalam unsur kimia beracun yang mempunyai sifat toksik yang bisa menyebabkan masalah pernapasan, kerusakan kulit dan lain-lain.

Bahan Kandungan yang Terdapat dalam Merkuri

Seperti yang kami sebutkan diatas dimana merkuri termasuk dalam unsur kimia beracun sehingga bahan yang terdapat pada merkuri dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti berkurangnya fungsi otak, menipisnya lapisan kulit, rusaknya ginjal, hingga menurunnya daya tahan tubuh.

Masalah kesehatan yang muncul akibat merkuri terjadi apabila; menghirup udara yang tercemar merkuri, memakai produk dengan kandungan merkuri pada kulit, serta menelan makanan atau produk dengan kandungan merkuri.

Begitu bahayanya penggunaan unsur kimia beracun ini, maka penting untuk mengetahui beberapa jenis merkuri yang bisa anda smak dibawah ini.

Jenis Merkuri

  • Merkuri klorida, biasa digunakan di bidang kesehatan sebagai disinfektan.
  • Amoniak merkuri klorida dan iodida. Jenis merkuri inilah yang paling banyak digunakan sebagai bahan pemutih pada kosmetik.
  • Mercurous chloride digunakan untuk laksansia.
  • HgS, digunakan sebagai pigmen pada cat. Penggunaan HgS umumnya untuk pigmen cat warna merah.

Ciri-ciri Kosmetik yang Mengandung Merkuri

Bening Skincare Mengandung Merkuri

Untuk mencari dengan tepat adanya kandungan mercuri pada produk skincare atau kosmetik lainnya maka test laboratorium adalah cara yang tepat dan akurat. Namun selain test lab, sebenarnya mercuri bisa dirasakan dan dihindari dengan memanfaatkan panca indera dan memilih produk yang telah mendapatkan ijin dan melewati serangkaian test.

Berikut ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri dan cara menghindarinya.

  • Tidak mempunyai nomor registrasi yang terdaftar di BPOM.
  • Tekstur produk cenderung kasar.
  • Mempunyai bau logam yang menyengat. Kosmetik dengan kandungan merkuri pasti memiliki aroma seperti belerang. Umumnya untuk menghilangkan bau logam ini produsen akan menambahkan parfum sebagai campuran pada bahan produk.
  • Pada kosmetik krim pemutih, tekstur cream sangat lengket. Untuk mengelabui konsumen, produsen akan mencampurkan merkuri dengan bedak dingin agar tekstur menjadi lebih encer.
  • Saat dipakai produk kosmetik tidak bisa menyatu dengan baik dengan kulit. Hal ini karena produk kosmetik dengan kandungan merkuri tidak bisa bercampur dengan minyak alami kulit.
Trending:  Apakah IM3 Gangguan Hari Ini? Berikut Cara Mengeceknya

Sebagai catatan penting untuk anda ketahui dimana nomor BPOM adalah salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah produk kosmetik mengandung merkuri atau tidak. Bagi yang tidak ingin melakukan tes laboratorium untuk mengetahui kandungan merkuri pada kosmetik, melihat nomor BPOM pada kosmetik bisa anda lakukan. BPOM akan memberikan izin edar kepada produk yang memang aman untuk digunakan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Demikian informasi untuk menjawab pertanyaan pertanyaan apakah bening skincare mengandung merkuri dan cara menghindarinya. Cantik dengan cara sehat pastinya jauh lebih baik bukan? Maka dari itu penting untuk cermat memilih produk skin care atau kosmetik yang aman. Semoga berguna dan bermanfaat.