Beranda » Gampang, Begini Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi

Gampang, Begini Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi

Memindai atau scanning menjadi kebutuhan pokok di era modern saat ini. Namun tenang saja, kamu bisa menyimak cara scan foto di HP tanpa aplikasi sama sekali.

Tidak cuma foto, kamu pun bisa memanfaatkan cara berikut untuk scanning dokumen lainnya hanya bermodal smartphone tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini, yuk.

Bagaimana Cara Scan Foto di HP Tanpa Aplikasi?

Setidaknya ada dua cara scan tanpa aplikasi di laptop maupun smartphone yang bisa kamu terapkan. Beberapa ponsel sudah mendukung fitur mode pindai otomatis ketika kamu menggunakan kamera.

Tapi bagaimana kalau ponselmu belum memiliki fitur tersebut? Selengkapnya bisa kamu baca di bawah ini.

Cara Scan Foto Menggunakan Kamera HP

Saat ini tentu saja tidak ada HP yang tidak memiliki kamera. Selain untuk menangkap foto pada umumnya, kamu bisa menggunakan perangkat ini untuk scanning. Cara scan foto di iPhone maupun Android sebenarnya relatif sama.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi kamera yang ada di ponsel.
  2. Kemudian, pastikan kamu sudah menyiapkan foto maupun dokumen yang akan kamu pindai menggunakan kamera.
  3. Jika sudah, arahkan kamera ponsel ke foto yang akan kamu scan. Untuk ponsel keluaran terbaru, biasanya sistem akan otomatis mendeteksi dokumen maupun foto dan menyarankan mode pindai.
  4. Kemudian, ketuk ketuk ion shutter kamera HP kamu dan kamu pun bisa crop dokumen maupun foto sesuai dengan keinginan.
  5. Jangan lupa klik simpan setelahnya.

Seperti penjelasan sebelumnya, cara di atas bisa kamu lakukan apabila kamu menggunakan HP keluaran terbaru, terutama Android.

Trending:  9 Rekomendasi Aplikasi untuk Menyatukan Foto yang Terpisah

Namun jika ponselmu tidak memiliki fitur mode scanner otomatis, maka kamu bisa mengoperasikan kamera seperti biasa. Yang penting jangan sampai hasil jepretan kamu blur karena akan mempengaruhi kualitas foto maupun dokumen yang kamu scan.

Baca juga Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 di Android Termudah

Cara ScanFoto Online

Nah, apabila ponselmu tidak punya scanner otomatis maka kamu bisa mencoba fitur yang ditawarkan oleh beberapa situs di internet. Karena situs tersebut bisa kamu akses menggunakan browser, maka kamu bisa menggunakan cara ini di device apa pun, termasuk laptop atau PC.

  1. Langkah pertama yang kamu lakukan adalah mencari situs yang menyediakan fasilitas online scanning. Salah satu yang fiturnya cukup baik adalah onlinecamscanner.com
  2. Kemudian pilih foto di galeri yang ingin kamu pindai atau gunakan kamera ponsel untuk scanning foto maupun dokumen.
  3. Apabila kamu akan menggunakan kamera, ketuk pilihan “Kamera” dan ambil foto yang akan kamu pindai. Setelahnya, jangan lupa ketuk “OK”.
  4. Lalu, kamu bisa memotong dokumen sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Apabila sudah sesuai, klik tanda centak yang ada di sudut kanan bawah layar.
  5. Kemudian kamu tinggal mengunduh file tersebut. Ada beberapa pilihan format, seperti PNG, JPG, dan PDF yang bisa kamu pilih.
  6. Setelah kamu memilih format, sistem akan langsung mengunduh file dan proses pun selesai.

Cara scan foto dari galeri di atas sangatlah mudah dan simpel. Dan seperti penjelasan sebelumnya, kamu bisa melakukannya menggunakan device apa saja dan di mana saja. Tapi kamu memang perlu koneksi internet untuk menjalankan semua prosesnya.

Baca juga 8 Cara Edit Foto Online yang Cepat dan Ramah bagi Pemula

Trending:  Ini 5 Cara Menonaktifkan Google Foto bagi Pengguna Android

Cara Scan Foto Menggunakan Google Drive

Cara scan dokumen dengan HP Android berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan Google Drive. Apabila kamu sudah memiliki Google Drive di ponsel, maka kamu tidak perlu mengunduh aplikasi apapun.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengakses Google Drive di HP kamu.
  2. Kemudian, ketuk ikon + yang terletak di sudut kanan bawah layar ponsel dan pilih “Tambah Google Drive”.
  3. Cari dan klik pilihan “Scan” atau “Pindai” dan ponsel pun akan secara otomatis membuka aplikasi kamera.
  4. Lalu, gunakan kamera untuk memindai dokumen maupun foto dan akhiri dengan “OK”.
  5. Setelahnya kamu tinggal menyesuaikan ukuran maupun filter untuk mendapatkan hasil scan terbaik dan jangan lupa untuk ketuk pilihan “Simpan”.

Nah, dokumen yang barusan kamu pindai bisa kamu cek di Google Drive langsung. Mudah, kan?

Baca juga 7+ Aplikasi Edit Foto Terbaik di HP, Dijamin Jadi Keren!

Dengan menyimpan file di Google Drive maka kamu bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, selama kamu tersambung dengan internet.

Akhir Kata

Apabila dulu kamu harus ke warnet atau membeli scanner untuk memindai foto dan dokumen, sekarang ini kamu hanya memerlukan HP untuk melakukannya.

Selain menggunakan aplikasi, pada dasarnya smartphone sudah memiliki fitur untuk melakukan scanning tanpa aplikasi. Nah, beberapa cara scan dokumen di atas adalah yang paling mudah yang bisa kamu coba.

Beberapa di antaranya memang memerlukan koneksi internet agar bisa berhasil. Namun jika kamera HP kamu sudah mendukung mode scan maka kamu hanya perlu menggunakan kamera seperti biasa.

Manakah dari cara scan foto di HP tanpa aplikasi di atas yang paling kamu sukai?

Trending:  9 Rekomendasi Video Player Terbaik untuk PC dan Android

Tinggalkan komentar