Apakah Greater Jakarta Penipuan? Ini Dia Arti dan Cara Blokir dengan Menggunakan Aplikasi

Tidak semua orang yang mendapatkan telepon dari Greater Jakarta paham dengan artinya. Untuk orang yang gagap dengan teknologi atau biasa disebut gaptek, menganggap telepon dari greater Jakarta adalah penipuan. Bahkan tidak sedikit pengguna ponsel bertanya-tanya apakah greater Jakarta penipuan?

Sebab bagaimana juga sebagai pengguna ponsel yang cerdas, harus tetap waspada dengan telepon yang masuk, termasuk dengan greater Jakarta. Meski begitu saat ada nomor yang tidak dikenal masuk ke dalam ponsel tidak sedikit yang mengangkat hanya sekedar ingin tahu apakah nomor tersebut real atau hanya penipu.

Nah, buat Anda yang masih bertanya-tanya apakah greater Jakarta penipuan atau bukan? Sebaiknya simak ulasan ini sampai habis, karena kami akan beritahu arti dan cara untuk blokir nomor yang tidak dikenal dengan cara yang mudah. 

Arti Telepon yang Masuk dari Greater Jakarta

Saat menerima telepon Anda akan melihat seri nomor yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang umum disingkat menjadi Jabodetabek.

Kode nomor atau seri yang tercantum pada wilayah Jakarta dan juga sekitarnya termasuk dengan greater Jakarta adalah +6221 atau 021.

Jadi kalau Anda mendapatkan telepon dari greater Jakarta Selatan dan lainnya itu artinya penelepon bisa berasal dari wilayah tersebut dan sekitarnya hanya saja nama yang dicantumkan adalah “greater Jakarta”.

Oleh karena itu apabila Anda masih penasaran apakah greater Jakarta penipuan atau sebaliknya, sebaiknya Anda tidak merespon atau mengangkat telepon yang masuk sembarangan.

Untuk mencegah hal itu terjadi tidak ada salahnya bila Anda mengaktifkan atau mengetahui cara untuk memblokir nomor telepon yang dianggap tidak penting. 

Trending:  Mengenal Aplikasi Vidnow yang Bisa Memberikan Uang Berlimpah

Bagaimana caranya? Di bawah ini ada cara yang tepat dan bisa jadi solusi untuk Anda dalam menyaring nomor-nomor telepon yang mencurigakan. 

Cara Blokir Nomor HP Menggunakan Pengaturan dan Aplikasi Calls Blacklist

Cara untuk memblokir nomor HP bisa Anda lakukan dengan 2 cara yang mudah, yakni melalui pengaturan yang ada di ponsel Anda dan menggunakan pihak ketiga atau aplikasi yang sudah banyak dipakai oleh pengguna smartphone. 

Blokir Menggunakan Pengaturan Ponsel

  • Buka aplikasi telepon Anda kemudian pilih “Setting/Pengaturan”
  • Kemudian pilih “Blokir panggilan mengganggu”
  • Klik fitur “blokir semua panggilan masuk yang tidak dikenal” dan “blokir panggilan masuk dari nomor rahasia/nomor kosong” sampai tombol berubah warna menjadi biru atau hijau (tergantung jenis ponsel)

Atau Anda juga bisa langsung memblokir nomor yang tidak dikenal dan dirasa mengganggu aktivitas. Caranya adalah dengan klik nomor tersebut kemudian pilih fitur “Tambah ke daftar hitam”. Dengan begitu nomor yang sudah Anda blokir tidak akan masuk lagi sampai Anda keluarkan nomor tersebut dari daftar hitam.

Blokir Menggunakan Aplikasi Calls Blacklist

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi, setelah terinstall buka aplikasi
  • Aplikasi Calls Blacklist akan meminta izin untuk mengalihkan pengaturan mesin, yang perlu Anda lakukan hanya klik tombol “OK”
  • Klik tombol “plus (+)” yang ada di pojok kanan bawah untuk memblokir nomor yang tidak dikenal
  • Sebelumnya Anda harus pilih nomor yang akan diblokir baik melalui nomor yang belum disimpan dengan memilih opsi “from Calls Log”. Atau dari nomor yang sudah disimpan dengan memilih opsi “from Contacts”
  • Centang nomor yang sudah dipilih maka secara otomatis nomor tersebut akan terblokir.

Itulah arti dan cara blokir nomor telepon yang tidak dikenal masuk ke ponsel. Jadi, intinya kalau Anda masih bingung apakah greater Jakarta penipuan atau tidak? Semuanya tetap kembali pada keputusan Anda. Apakah ingin tetap diangkat atau diblokir, semoga ulasannya bermanfaat yah!

Trending:  Kode Event 515 Terbaru 2022 Diamond Kuning ML