Home » Cara Mengaktifkan Komentar di TikTok untuk User Baru

Cara Mengaktifkan Komentar di TikTok untuk User Baru

Semua pengguna aplikasi TikTok, baik yang baru maupun yang lama, sejatinya bisa berkomentar di sebuah postingan. Namun, dalam beberapa kasus terkadang hal tersebut tidak dapat kamu lakukan. Nah, berikut ini kami akan coba menjelaskan cara mengaktifkan komentar di TikTok bagi kamu yang masih baru menggunakannya.

Pada dasarnya, cara komentar di TikTok cukup mudah. Pasalnya, user otomatis menemukan fitur di sebuah postingan. Tapi kalau komentarnya tidak muncul, mungkin kamu harus mengatur beberapa fitur lebih dulu. Yuk, cari tahu penyebab dan solusinya di sini!

Kenapa Tidak Tidak Bisa Posting Komentar di TikTok?

Kenapa komentar di TikTok tidak muncul

Kenapa komentar di TikTok tidak muncul? Kadang, pengguna memang tidak bisa berkomentar di postingan milik orang lain. Sebelum kami jelaskan cara-caranya, alangkah baiknya kamu ketahui terlebih dahulu penyebabnya.

Dengan mengetahui penyebabnya, maka sedikitnya kamu akan mengetahui cara menyelesaikannya. Nah, apa saja yang menjadi penyebab umum masalah ini?

1. Fitur Privasi Komentar Aktif

Sama seperti aplikasi media sosial yang lain, di TikTok, kamu juga bisa mengubah pengaturannya menjadi privasi atau publik sesuai keinginan. Ketika kamu mengubah pengaturan menjadi privasi atau pribadi, maka komentar orang lain hanya akan terlihat oleh kamu saja.

Itu artinya, jika komentar tidak muncul pada video kamu, maka bisa saja pengaturan di TikTok masih bersifat pribadi.

2. Komentar Diblokir karena Kata atau Frasa Tertentu

TikTok memiliki aturan terkait kata kunci tertentu. Sederhananya, kalau ada komentar yang mengandung kata-kata yang tidak pantas, maka secara otomatis komentar tersebut akan diblokir oleh TikTok.

Trending:  Cara Melihat Google Maps Lama Kayak yang Viral di Tiktok

Jika permasalahannya karena faktor ini, maka tidak ada cara melihat komentar TikTok yang disembunyikan selain berkomentar dengan bijak.

3. Akun Dinonaktifkan atau Diblokir

Jika akun kamu kena blokir atau nonaktif oleh TikTok, maka secara otomatis semua aktivitas akan hilang, termasuk komentar. Biasanya hal ini terjadi karena pengguna aplikasi melanggar kebijakan komunitas.

Selain oleh TikTok, bisa saja akunmu terkena blokir oleh pemilik konten tertentu. Dengan begitu, komentar kamu tidak muncul di postingan konten milik orang lain.

Cara Membuka Komentar di TikTok

Cara komentar di TikTok

Kalau penyebabnya hanya sebatas pengaturan privasi atau pribadi, maka komentar kamu bisa kembali normal. Pasalnya, komentar yang pengaturannya bersifat pribadi bisa kamu ubah kembali melalui pengaturan aplikasi.

Namun, jika kamu tidak bisa berkomentar karena terkena blokir atau mengetik kata-kata yang melanggar, maka hal ini akan sulit untuk kamu atasi. Pasalnya, kamu harus menghubungi customer service untuk banding.

Berikut ini kami jelaskan cara mengaktifkan komentar yang bersifat pribadi:

  • Pertama-tama, silakan kamu masuk menu profil di aplikasi TikTok. Menu ini bisa kamu akses di bagian pojok kanan bawah dengan ikon foto profil kamu.
  • Saat masuk menu profil, kamu ketuk lagi ikon tiga baris yang ada di pojok kanan atas. 
  • Setelah itu masuk ke menu “Pengaturan dan Privasi”.
  • Silakan kamu pilih fitur “Privasi” pada “Pengaturan dan Privasi”. 

Cara mengaktifkan komentar di TikTok

  • Setelah itu kamu scroll ke bawah lalu ketuk opsi “Komentar”. 
  • Ketuk lagi opsi “Komentar” di bagian berikutnya, lalu pilih siapa saja yang boleh berkomentar di video kamu.
  • Kalau kamu ingin semua komentar tampil, maka pilih “Semua Orang”. Pasalnya, kalau kamu batasi, maka beberapa pengguna tidak bisa berkomentar di konten kamu.
Trending:  Cara Memunculkan Emoji di Laptop dengan Touch Keyboard & Shortcut

Itulah cara mengaktifkan komentar di TikTok yang bisa kamu coba atur di menu “Pengaturan dan Privasi”. Bagaimana, mudah bukan? Yuk, coba langkah-langkah di atas sekarang!