Home » Cara Mengaktifkan NFC di iPhone, Mudah!

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone, Mudah!

Near Field Communication atau NFC merupakan salah satu fitur yang sebenarnya memiliki peran penting untuk kamu yang suka menggunakan e-money maupun m-banking. Tapi, apakah NFC ada di iPhone? Faktanya, sejak seri iPhone 6 muncul tahun 2014, sudah ada chip yang mendukung fitur ini. Tapi, bagaimana cara mengaktifkan NFC di iPhone

Jangan khawatir, bagi kamu yang bingung mencari NFC iPhone 11 di mana, pada dasarnya letaknya sama-sama berada di “Pengaturan”. Yuk, simak 4 langkah mudah mengaktifkan NFC di ponsel berbasis iOS berikut.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone 6 hingga 13

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa menemukan fitur NFC di ponsel iPhone mulai dari seri 6. Artinya, mulai dari seri ini hingga 13, kamu bisa mengaktifkannya. 

Ini langkah-langkah mengaktifkannya:

  • Silakan kamu masuk terlebih dahulu ke menu “Pengaturan” dengan ikon atau gambar gerigi pada iPhone. Kalau kamu bertanya NFC iPhone XR di mana, maka disinilah tempatnya. Begitu juga dengan seri iPhone lainya.
  • Selanjutnya silakan pilih “Pusat Kontrol”, atau “Control Center”, jika HP iPhone kamu menggunakan bahasa Inggris.

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone 6 hingga 13

  • Scroll ke bagian bawah untuk menemukan fitur “Pembaca Label NFC”, atau “NFC Tag Reader”.
  • Kalau kamu menemukannya, klik bagian kiri yang ditunjukkan dengan ikon “+” warna hijau. Setelah kamu mengetuk tombol aktif, maka fitur ini akan berpindah.
  • Setelah fitur “Pembaca Label NFC” aktif, opsi tersebut akan pindah ke bagian atas. Ciri-ciri NFC yang aktif pada bagian kirinya bertanda “” warna merah. Kamu bisa mengeceknya dengan scroll ke bagian atas.
Trending:  Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop Melalui HP

Sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa menonaktifkan kembali NFC tersebut dengan cara menyentuh tanda “” berwarna merah.

Apa Fungsi NFC pada iPhone?

NFC iPhone 11 di

Fungsi NFC iPhone 12 maupun pada seri lainnya sebenarnya sama. Fitur ini bahkan sudah populer dari tahun 2009 dan pertama kali digunakan pada layanan transportasi bernama China Unicorn.

Sampai saat ini, NFC iPhone 13, maupun versi Android, memiliki fungsi yang tetap sama. Berikut adalah beberapa fungsi dan juga kelebihannya.

1. Terhubung dengan Aplikasi Uang Elektronik

Kelebihan pertama dari NFC ini yaitu memiliki fungsi yang bisa kamu hubungkan dengan aplikasi e-money atau uang elektronik. Dengan begitu, aktivitas apapun yang berkaitan dengan aplikasi tersebut bisa menjadi lebih mudah.

2. Cek Saldo E-money

Fitur NFC juga bisa kamu manfaatkan untuk mengecek maupun mengisi saldo uang elektronik kamu. Namun, pertama-tama kamu harus mengunduh aplikasi NFC terlebih dahulu untuk menggunakannya.

3. Terhubung dengan m-Banking

Selain bisa kamu hubungkan dengan aplikasi e-money, kamu juga bisa menghubungkannya dengan aplikasi m-banking yang biasa kamu gunakan.

4. Melakukan Pembayaran Digital

NFC saat ini menawarkan fitur yang lebih canggih, khususnya pada iPhone. Kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran digital dengan sistem contacless atau nirkontak. Contohnya Apple Pay, yang sudah hadir sejak versi iPhone 6.

5. Mudah Digunakan

Untuk menggunakan fitur ini tergolong sangat mudah sekali. Contohnya pada saat ingin mengecek saldo e-money, kamu hanya perlu menempelkan kartu e-money di bagian belakang iPhone atau kamera belakang. Setelah itu, saldo pun akan muncul secara otomatis.

Mengaktifkan NFC di iPhone seri mana saja bisa kamu proses di menu “Pengaturan”. Kamu masuk terlebih dahulu ke menu tersebut, kemudian kamu cari di “Control Center”. Dengan mengetahui letaknya, maka kamu bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.

Trending:  100 Pilihan dan Arti Nama Bayi Perempuan Populer Yang Penuh Makna

Itulah cara mengaktifkan NFC di iPhone. Bagaimana, mudah bukan? Kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya yang sudah kami bahas di atas. Penasaran ingin mencobanya? Yuk, aktifkan sekarang!