10 Cara Mengatasi HP Dicas Malah Berkurang

Pernahkah kamu mengisi daya HP, namun setelah lama dicas, bukannya baterai penuh tapi dayanya semakin berkurang? Jika pernah mengalaminya, kamu perlu membaca pembahasan tentang cara mengatasi HP dicas malah berkurang ini.

Sebelum itu, pastikan kamu menggunakan sumber listrik yang besar dan stabil saat cas HP.

10 Cara Memperbaiki HP Dicaas tapi Dayanya Berkurang

Berikut beberapa cara memperbaiki HP yang di cas tapi baterainya tidak penuh, bahkan semakin berkurang:

  1. Perhatikan Sambungan dan Kondisi HP

Cara pertama adalah memastikan kabel dan adaptor cas sudah terpasang dengan benar. Pastikan saat memasang charger, kamu melakukannya dengan benar dan tidak memaksa.

Cabut dan lakukan perlahan dengan benar.

Pastikan juga port pada HP tidak dalam kondisi lembap atau ada air. Karena jika terdeteksi air, maka proses cas tidak akan berlangsung. Maka dari itu, keringkan air tersebut terlebih dahulu sampai benar-benar bebas lembap.

  1. Pastikan Menggunakan Charger yang Sesuai

Setelah melakukan cara di atas tapi baterai tidak bisa penuh atau dayanya tetap berkurang, pastikan kamu menggunakan charger yang sesuai dengan HP.

Untuk cara mengatasi baterai HP yang tidak bisa penuh ini, sebaiknya gunakan charger yang asli. Karena meskipun bentuk konektornya sama, namun spesifikasi, kebutuhan, tegangan, dan kualitasnya berbeda untuk setiap tipe HP.

  1. Restart HP

Cara paling mudah adalah dengan mematikan daya HP. Cabut charger dari HP, matikan HP, dan lepas baterai dari tempatnya. Jika ponsel kamu menggunakan baterai tanam, cukup matikan HP dan lepas memori eksternal serta SIM card.

Diamkan beberapa saat. Jika HP atau baterai kamu panas, biarkan sampai benar-benar dingin. Tujuannya, supaya HP beristirahat dari tugas beratnya dan sistem kembali normal.

  1. Bersihkan Komponen Charger
Trending:  Cara Pesan Grab dan Informasi Layanannya

Mengapa HP dicas malah berkurang dayanya? Beberapa komponen bisa menjadi penyebabnya. Bersihkan port USB, ujung kabel charger sampai konektor cas pada HP.

Karena kotoran atau debu yang menempel, bisa menjadi penyebab terhambatnya penghantaran daya ke port charger.

Kamu bisa membersihkan ujung kabel dengan menggunakan kertas amplas besi yang tidak terlalu kasar dan juga tidak halus. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati supaya tidak merusak komponen.

Untuk komponen lainnya, kamu bisa menggunakan tisu supaya lebih aman.

  1. Ganti Kabel atau Adaptor Charger

Jika sudah dibersihkan tapi masalah belum juga teratasi, perhatikan dengan baik komponen mana yang memiliki tanda-tanda kerusakan.

Misalnya pada kabel yang sudah jelek, sebaiknya ganti dengan yang baru. Karena kabel lama bisa saja sudah terputus, bocor, atau rusak sehingga tidak aman digunakan.

Untuk adaptor, karena cukup tahan lama, kamu bisa coba menggunakan adaptor lain. Apabila tidak ada perbaikan, artinya adaptor kamu tidak bermasalah. Namun jika pengecasan berjalan normal, maka adaptor harus diganti.

Pastikan kamu menggantinya dengan adaptor yang berkualitas supaya suplai listrik tetap stabil dan tidak merusak komponen.

  1. Coba Charger Desktop

Cara mengatasi HP kalau dicas malah berkurang selanjutnya adalah dengan mencoba mengisi daya baterai menggunakan charger desktop. Karena dengan charger desktop, pengisian daya dilakukan tanpa perantara USB, jadi langsung ke baterai.

  1. Kalibrasi Baterai

Jika kamu merasa statistik baterai kamu error, atau mungkin kamu baru saja menginstal custom ROM, coba gunakan metode kalibrasi.

Caranya dengan menginstal aplikasi Kalibrasi Baterai di Playstore dan cas HP sampai penuh. Pastikan aplikasi berlaku untuk versi root dan nonroot.

Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan Mulai Kalibrasi.

  1. Reset Pabrik
Trending:  Kode Redeem FF yang Belum Digunakan Terbaru 2022

Apabila cara-cara di atas tidak efektif, maka kamu bisa coba mengatasi baterai HP dicas malah berkurang dengan cara reset ulang HP ke setelan pabrik. Maka HP kamu akan kembali seperti pengaturan awal.

Cara ini adalah solusi yang paling efektif jika baterai kamu memang tidak bermasalah. Namun akan menghapus semua data, cache, dan informasi penting lainnya dari HP kamu.

Maka dari itu sebelum mereset ke setelan pabrik, cadangkan terlebih dahulu semua data penting di HP.

  1. Ganti Konektor atau IC Charger

Cara mengatasi baterai HP yang di cas malah berkurang selanjutnya adalah mengganti IC charger atau konektor. Karena pemakaian yang sudah terlalu lama, bisa membuat kerusakan pada konektor atau bahkan IC charger.

Di mana IC charger berperan penting dalam menghantarkan arus dari charger ke baterai HP saat melakukan pengisian daya.

Jika demikian, sebaiknya bawa HP kamu ke service center.

  1. Ganti Baterai

Cara mengatasi HP saat di cas malah berkurang yang terakhir adalah mengganti baterai dengan yang baru. Terutama jika baterai HP kamu sudah mengembung.

Ganti dengan yang baru supaya daya HP kembali stabil dan pengecasan berlangsung normal.

Ikuti beberapa cara mengatasi HP dicas malah berkurang di atas supaya pengisian kembali normal dan HP bisa digunakan.

Tinggalkan komentar