Beranda » 5 Cara Mengatasi RAM Usable dan Dijamin Berhasil

5 Cara Mengatasi RAM Usable dan Dijamin Berhasil

Bgtekno.com – Komponen paling vital di dalam perangkat laptop/PC adalah RAM atau Random Access Memory. Namun, terkadang terdapat permasalahan seperti RAM usable yang tentu menghambat aktivitas dan pekerjaan. Cara mengatasi RAM usable dapat dicoba sendiri secara mandiri di rumah.

5 Cara Mengatasi RAM Usable Mudah Banget Ternyata

Kondisi RAM usable artinya kondisi yang mana mengindikasikan komponen RAM tidak terbaca penuh oleh laptop/PC. Dampaknya, performa perangkat menjadi tidak optimal dan menghambat aktivitas. Untuk mengatasinya, berikut 5 cara praktis yang dapat menjadi solusi, diantaranya sebagai berikut.

cara mengatasi ram usable

1. Upgrade Versi Windows

Pada kenyataannya, sistem Windows ternyata cuma mempengaruhi kondisi penggunaan RAM hingga menjadi RAM usable. Kondisi RAM usable adalah kondisi yang mana memori perangkat menjadi berkurang otomatis dari ukuran seharusnya. Contoh, RAM 4GB menjadi 3,50GB saja tentu sangat merugikan.

Maka dari itu, memiliki sistem Windows yang dapat mendukung RAM berjalan optimal juga sangat penting. Misalnya, memiliki RAM sebesar 256 GB, maka Windows yang wajib dimiliki adalah Windows 64-bit. Maka dari itu, cara mengatasi RAM usable yang pertama adalah upgrade Windows.

2. Mengatur dengan Fitur MS Configuration

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah mengatur RAM dengan menggunakan fitur MSConfig atau MS Configuration. Tujuan untuk mengatur RAM dengan cara ini adalah agar perangkat dapat melakukan disable pada software atau aplikasi yang tidak diperlukan.

Pada dasarnya, cara kerja MS Configuration ini memanfaatkan fitur maximum memory yang dapat mengatur memori pada saat proses booting. Dampaknya, nanti RAM akan dapat dimanfaatkan sesuai dengan kapasitas ukuran yang dimilikinya. Agar lebih jelas, dapat mengikuti langkah berikut:

  • Ketik MSConfig pada kolom search perangkat Windows.
  • Masuk ke fitur Boot dan klik Advanced Options.
  • Atur menu Maximum Memory hingga ke angka tertinggi.
  • Selesai.
Trending:  Cara Cek Info GTK Dapodik 2021 Terbaru

3. Membersihkan RAM

Membersihkan RAM pada perangkat dapat menjadi cara untuk mengatasi RAM usable yang dialami. Hal ini, karena bisa jadi alasan yang menyebabkan performa RAM tidak optimal adalah kondisi RAM yang kotor dan berdebu. Cara ini dapat dilakukan secara alternatif sendiri di rumah.

Pertama-tama adalah mempersiapkan alat perangkat untuk membersihkannya. Seperti kuas lembut dan kapas. Hal yang dilakukan yaitu tentu membongkar perangkat secara perlahan hingga komponen RAM dapat terlihat. Untuk melakukan hal ini, perlu ketelitian dan kehati-hatian ekstra.

Setelah itu, bersihkan RAM secara perlahan dan tentu teliti. Jika dirasa RAM sudah bersih, maka tutup kembali perangkat dan dapat dicoba kembali apakah kondisi RAM masih usable atau sudah normal kembali. 

4. Memanfaatkan VGA Discrete

Cara mengatasi RAM usable berikutnya adalah dengan memanfaatkan bantuan kartu bernama VGA Discrete. Cara ini dapat digunakan, apabila pengaturan shared memory BIOS tidak tersedia pada perangkat laptop/PC. VGA Discrete juga disebut sebagai graphics card.

Memanfaatkan kartu VGA Discrete ini nantinya bekerja mengambil resource memori dari RAM. Tujuannya adalah agar VGA Discrete dapat mengganti peran dari RAM perangkat tersebut. Pengguna dapat mencari kartu VGA Discrete tersebut di toko aksesoris laptop/PC terdekat.

5. Membawa Ke Tempat Servis Resmi

Terakhir, cara yang dapat dilakukan adalah dengan berkonsultasi dan membawa perangkat laptop pada jasa servis resmi. Cara ini menjadi salah satu yang paling efektif karena permasalahan laptop dapat teratasi dengan ahlinya. Selain itu, juga dapat meminimalisasi kerusakan lebih lanjut.

Pastikan jasa servis yang dikunjungi adalah servis resmi dan terdapat garansi untuk proses perbaikan. Jika begitu, permasalahan laptop/PC pengguna akan teratasi dan tentunya kesempatan untuk RAM memiliki performa yang baik lebih tinggi.

Trending:  Cara Menghapus Akun Secreto Supaya Tetap Aman

Baca Juga: Cara Hapus Akun Telegram Melalui Aplikasi dan Browser

Begitulah 5 cara mengatasi RAM usable yang terkadang muncul menjadi masalah pada beberapa perangkat laptop/PC. Cara-cara yang wajib ditempuh dapat dilakukan oleh diri sendiri di rumah atau dengan bantuan profesional. Hal yang terpenting, permasalahan RAM usable ini tidak terlalu ekstrem.