Beranda » Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus 

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus 

Aplikasi bawaan yang terhapus pastinya terkadang membuat banyak orang menjadi pusing dan bahkan panik karenanya. Hal tersebut tidak lepas karena aplikasi bawaan ini memang sudah terpasang bersamaan dengan ponsel yang dimiliki. Tidak seperti aplikasi kebanyakan, yang seringkali baru ada di ponsel ketika melalui proses penginstalan terlebih dulu. Aplikasi bawaan memang sudah dirancang untuk hadir bersama ponsel dan pastinya akan cukup mengejutkan apabila tidak sengaja terhapus. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengembalikannya seperti berikut ini. 

1. Melalui Google Play Store 

Cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus pertama adalah dengan melalui Google Play Store seperti yang satu ini. Selama ini Google Play Store memang dikenal sebagai tempat untuk menginstall berbagai aplikasi. Namun ternyata selain menginstall aplikasi, Google Play Store juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan aplikasi yang terhapus. Berikut ini beberapa langkah untuk mengembalikannya: 

  • Buka PlayStore 

Langkah pertama tentunya adalah dengan membuka aplikasi Google PlayStore terlebih dulu. Setelah itu, biarkan aplikasi berjalan seperti biasa. 

  • Cari Ikon Tiga Garis 

Lanjutkan dengan mengklik ikon tiga garis yang biasanya berada di bagian atas aplikasi Play Store ini. Ketuk bagian ikon tersebut untuk membuka halaman yang baru. Pilihlah Apps My Games & Library yang muncul setelah itu 

  • Pilih Library 

Jangan lupa untuk memilih Library untuk membuat beberapa daftar aplikasi yang sudah terhapus akan muncul pada list. Pilih aplikasi terhapus yang ingin dikembalikan dan kemudian klik install. Tunggu hingga proses instalasi ini selesai dilakukan. Biasanya proses ini tidak membutuhkan waktu lama dengan catatan perangkat Anda terhubung dengan koneksi internet yang stabil. 

Trending:  Cara Mengunci Galeri di HP Vivo Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan App Backup & Store 

Selain menggunakan Google Play Store, ternyata Anda juga bisa memanfaatkan App Backup & Store sebagai solusinya. Keunggulan paling utama menggunakan aplikasi Backup & Store adalah Anda tidak perlu terkoneksi ke jaringan internet untuk bisa menggunakannya. Berikut ini beberapa cara melakukannya. 

  • Download Aplikasi Backup & Store 

Langkah pertama yang tentu mesti dilakukan adalah dengan menginstall aplikasi Backup & Store terlebih dulu. 

  • Mulai gunakan aplikasi yang sudah terinstall 

Jika proses download aplikasi Backup & Store sudah selesai dilakukan maka langkah selanjutnya adalah dengan mulai menggunakannya. 

  • Lakukan Pengaturan Aplikasi 

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan aplikasi untuk menentukan aplikasi mana saja yang ingin di back up. Tenang saja, caranya adalah dengan melakukan check list pada aplikasi mana saja yang ingin dilakukan back up.

  • Tunggu 

Sedangkan langkah terakhir yang perlu dilakukan hanya menunggu proses membackup ini selesai dilakukan. Biasanya proses ini sendiri tidak memakan waktu terlalu lama 

3. Aktifkan Kembali Aplikasi Terhapus 

Untuk cara yang terakhir sendiri terbilang cukup mudah yaitu cukup dengan mengaktifkan kembali aplikasi yang sudah terhapus. Caranya terbilang mudah yakni diawali dengan masuk ke menu pengaturan terlebih dulu lalu dan pilihlah menu aplikasi. Lalu pilihlah semua pilihan aplikasi dan tidak berselang lama akan muncul pilihan aplikasi yang bawaan langsung dari vendor ponsel. Setelah itu, Anda tinggal mengklik opsi Aktifkan kembali dan aplikasi yang dipilih akan kembali sekaligus bisa digunakan seperti semula. 

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus. Jadi apabila Anda mengalami kondisi aplikasi yang terhapus maka tips di atas bisa dijadikan solusi terbaiknya. 

Trending:  Solusi Tidak Bisa Login Info GTK 2022 Terbaru