Ini 5 Cara Menonaktifkan Google Foto bagi Pengguna Android

Kamu suka menggunakan Google Foto untuk berbagi file baik itu dengan rekan kerja, sahabat ataupun keluarga? Apakah kamu juga merasa bahwa aplikasi tersebut terlalu banyak menghabiskan kuota setiap kali mengaksesnya? Sepertinya, kamu harus mencari tahu bagaimana cara menonaktifkan Google Foto tersebut.

Berbagi foto dengan orang lain terkadang membuat kita membutuhkan tempat penyimpanan yang besar namun tidak memakan kapasitas memori handphone. Oleh sebab itu, banyak yang mulai memanfaatkan cloud storage seperti Google foto.

Namun untuk mengakses cloud storage, baik pada saat membuka aplikasi, membuka file foto ataupun pada saat membagikan file tersebut membutuhkan kuota internet yang cukup bisa menguras terutama jika resolusi gambar besar. 

Bagi sebagian orang yang merasa hal ini cukup mengganggu, mereka memilih untuk menonaktifkan kembali aplikasi tersebut. Atau bagi yang merasa kurangnya privasi dengan menggunakan aplikasi tersebut, rasanya butuh untuk menonaktifkannya saja. 

Sekilas Mengenai Google Foto

Google Foto merupakan aplikasi bawaan Google yang biasanya sudah ter-install di telepon genggam Android kamu. Bekerja dengan sistem cloud storage, aplikasi ini banyak  diminati terutama bagi yang senang menyimpan dan membagi file tanpa harus memikirkan kehabisan kapasitas memori ponselnya.

Aplikasi berlambang kincir angin dengan warna merah, kuning, hijau dan biru ini membantu siapa saja untuk dengan mudah bertransfer data sesama pengguna Google Foto. Kamu cukup membuat akun Google dan memberikan izin untuk akun lain mengakses file kamu pada pilihan menu Sharing.

Sangat mudah dan praktis bukan? Namun, kendala terbatasnya kuota dan sebab-sebab pribadi lainnya, sering membuat pengguna aplikasi ini memilih untuk memberhentikan aplikasi Google Foto ini.

Trending:  Trik Mengatasi Masalah Google Drive yang Penuh Padahal Kosong

Lantas, bagaimana cara untuk membuat aplikasi ini tidak aktif kembali? Yuk, simak step by step nya.

Bagaimana agar Google Play Berstatus Nonaktif?

Menghapus Google Foto dari ponsel genggam kamu sangatlah tidak mungkin. Karena aplikasi ini memang bawaan atau berstatus “default”. Namun jika merasa tidak lagi membutuhkannya, kamu bisa membuat statusnya menjadi nonaktif.

Caranya sangat mudah, kamu cukup melakukan beberapa langkah berikut ini di ponsel Android kamu.

  1. Memilih Menu Google pada Ponsel

Jika kamu membuka telepon pintar kamu, biasanya menu Google sebagai aplikasi bawaan sudah tersedia di layar di antara pilihan aplikasi lainnya. Pertama yang harus kamu lakukan untuk men-disable-kan Google foto di hp kamu adalah dengan memilih menu Google ini. 

  1. Klik Aplikasi Google Foto

Apabila kamu sudah mengeklik menu Google dan menu sudah terbuka, langkah selanjutnya kamu pilih aplikasi Google Foto. Agar memudahkan pencarian, kamu cukup mencari logo kincir angin dengan 4 warna yaitu merah, kuning, biru dan hijau. Klik pada icon Google Foto tersebut untuk membukanya.

  1. Pilih Opsi “Manage Account”

Aplikasi Google foto yang sudah terbuka akan menampilkan foto-foto yang telah kamu simpan. Yang kamu harus lakukan pada langkah ini adalah mencari foto akun kamu yang ada di sudut kanan atas layar tampilan Google foto. Lalu kamu klik opsi “Manage Account” atau  “Kelola Akun”.  

  1. Pilih Opsi “Photo Setting”

Jika pilihan “kelola akun” telah terbuka, akan ada banyak pilihan yang akan kamu temui untuk mengelola akun kamu, diantaranya adalah “Kosongkan Penyimpanan”, “Data Anda di Google Foto”,  “Setelan Foto” dan lain-lain. 

Yang harus kamu pilih adalah pilihan “Photo Setting” atau “Setelan Foto”. Kamu tinggal klik opsi tersebut.

  1. Pilih Opsi “Backup & Sync”
Trending:  3 Pilihan Paket IM3 Murah Bulanan di Awal 2022

Bila opsi “Setelan Foto” telah terbuka, maka akan terlihat di layar hp kamu berbagai pilihan lagi, seperti “pencadangan dan sinkronisasi”, “Kelompokkan Wajah Mirip”, “Kenangan” dan lain-lain. 

Kamu harus memilih opsi “pencadangan dan sinkronisasi” atau “Backup & Sync”. Setelah kamu mengeklik opsi ini, maka akan muncul pilihan aktivasi notifikasi berbentuk bar untuk menonaktifkan atau mengaktifkan aplikasi ini. 

Pada saat kamu membukanya, maka pilihan pada bagian notifikasi ini adalah “ON”. Kamu harus menggerakkan pilihan dari “ON” ke arah “OFF”, atau menggerakkan pilihan dari arah kanan ke arah kiri untuk membuat aplikasi ini nonaktif.

Apabila langkah ini telah selesai, maka aplikasi Google foto kamu telah berstatus non-aktif.

Aplikasi Google Foto juga bisa diakses tidak hanya melalui ponsel genggam berbasis Android namun bisa juga diunduh di Appstore untuk HP berbasis IOS dan untuk web pada PC kamu.

Cara untuk men-disable-kan aplikasi Google Foto ini juga berbeda-beda, tergantung telepon genggam yang kamu gunakan. Namun pada bahasan ini, langkah yang diberikan khusus kamu pengguna Android saja.

Nah, jika kamu Sobat jostbgt kebingungan untuk membuat status Google Foto kamu di posisi OFF, sementara untuk menghapusnya dari handphone belum memungkinkan. 

Semoga langkah-langkah cara menonaktifkan Google foto ini bisa menjadi solusi kamu yang mulai kewalahan karena kuota terbatas. 

Selamat Mencoba!!

Tinggalkan komentar