Home » Cara Privasi Akun Instagram agar Aman dari Stalker

Cara Privasi Akun Instagram agar Aman dari Stalker

Agar akun Instagram milikmu tidak bisa dikepoin orang lain yang bukan followers, saatnya mengubahnya menjadi akun privat. Belum tahu cara privasi akun Instagram? Tenang, dapatkan panduan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Privasi Akun IG?

cara privasi akun IG

Instagram memang menawarkan fitur akun privat untuk melindungi privasi penggunanya. Oleh sebab itu, jika kamu membuat akun IG saat umurmu kurang dari 16 tahun, pengaturan default IG-mu adalah akun privat.

Tap kalau usiamu lebih dari 16 tahun, pengaturan default adalah akun publik. Akan tetapi, kamu bisa mengubahnya menjadi akun privat kapan saja. Mengubah setting akun publik menjadi akun privat inilah yang dimaksud dengan privasi akun IG.

Saat akunmu menjadi privat, orang lain yang bukan pengikutmu tidak akan bisa melihat postingan feed dan IG story-mu. Sehingga, orang lain tidak akan bisa komentar sembarangan di akunmu.

Tapi tenang saja, beralih ke akun privat tidak akan membuat followers-mu jadi hilang kok, mereka akan tetap bisa melihat postingan dan berinteraksi dengan akunmu. Lalu, bagaimana cara privasi akun IG?

Cara Mengunci Akun IG Sementara

Cara private akun Instagram versi terbaru cukup mudah. Kamu juga bisa mengubah pengaturannya lewat HP atau laptop.

Daripada penasaran, mending langsung saja ikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka dulu IG-mu.
  • Lalu, masuklah ke halaman “Profil” dengan cara mengetuk foto profil kecil di kanan bawah.
  • Selanjutnya, ketuk tiga garis yang ada di kanan atas.
  • Pilihlah “Pengaturan dan Privasi”.
  • Gulir layar ke bawah dan temukan menu “Privasi Akun” yang bertanda ikon gembok.
Trending:  6 Inspirasi Kebaya Couple yang Bikin Anda dan Pasangan Makin Serasi

cara private akun Instagram versi terbaru

  • Untuk memprivasi akun IG-mu, aktifkan “Akun Privat” dengan cara mengetuk toggle di sebelah kanan.
  • Setelah itu, akan muncul pop-up untuk mengonfirmasi permintaan peralihan ke akun pribadi.
  • Jika kamu sudah yakin untuk mengunci IG-mu tekanlah tombol “Beralih ke Privat”.
  • Setelah melakukan pengaturan ini, semua jenis postinganmu baik foto maupun video, hanya bisa dilihat oleh pengikutmu saja. Orang lain yang bukan followers hanya akan melihat akunmu terkunci dengan simbol gembok.

Kalau kamu berubah pikiran dan ingin mengembalikan setting IG menjadi akun publik, kamu bisa lakukan lagi langkah-langkah di atas. Kemudian, nonaktifkan akun privat dengan menekan toggle.

Toggle yang semula berwarna biru akan berubah menjadi abu-abu. Ini tandanya, akunmu sudah kembali jadi akun publik lagi.

Cara Private Akun Instagram Bisnis

kenapa akun IG tidak bisa di private

Apakah bisa memprivasi akun Instagram bisnis? Sayangnya tidak bisa, ya. Inilah hal yang membedakan antara akun pribadi dan bisnis.

Jika kamu ingin membuat akun IG bisnis menjadi akun privat, kamu harus ubah dahulu akun tersebut menjadi akun pribadi. Kemudian, lakukan langkah-langkah pengaturan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Akun Instagram bisnis tidak bisa diprivasi. Ubah dulu profilmu menjadi akun pribadi baru bisa mengubah setting menjadi akun privat.

Kenapa akun IG tidak bisa di-private? Kalau kamu mengalami masalah ini, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Penyebab pertama adalah mungkin akunmu merupakan akun bisnis. Kedua, mungkin Instagram masih versi lama. Untuk itu, pastikan kamu sudah mengubah IG-mu jadi akun pribadi dan meng-update aplikasi IG ke versi terbaru.

Setelah mengubah akun menjadi private, jangkauan postinganmu memang terbatas. Namun, privasi akan lebih terjaga karena hanya pengikutmu saja yang bisa melihat dan mengomentari apa pun yang kamu unggah, baik di story maupun feed.

Trending:  Cara Memasang Iklan di Wordpress dengan Plugin dan Manual

Selain itu, kamu juga bisa mengontrol siapa saja yang ingin jadi pengikutmu. Sehingga, akun IG-mu akan aman dari para stalker.

Jika kamu memang memprioritaskan privasi, segera praktikkan cara privasi akun Instagram ini. Dengan begitu, selain followers, tidak akan ada yang bisa kepoin akunmu.