Beranda ยป Trik Mengatasi Masalah Google Drive yang Penuh Padahal Kosong

Trik Mengatasi Masalah Google Drive yang Penuh Padahal Kosong

Google Drive adalah salah satu cloud storage favorit banyak orang. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengeluhkan munculnya masalah pada Google Drive, misalnya kapasitas Google Drive penuh padahal kosong. Kalau sudah begini, langkah apa yang harus kamu lakukan saat mengalaminya? 

Yuk, simak penjelasannya di sini.

Tentang Google Drive

Google Drive adalah fitur cloud storage besutan Google yang digunakan oleh banyak orang. Apakah Sobat jostbgt salah satunya?

Hal ini wajar saja, karena selain praktis dan aman, Google Drive juga punya kapasitas yang cukup besar apabila dibandingkan dengan penyedia fitur cloud storage lain.

Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 15GB secara gratis untuk setiap akun. Sementara itu, penyedia layanan cloud storage lain hanya menyediakan storage sebesar 5 hingga 10GB per akun.

Sayangnya, kendala storage google drive penuh juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengguna melirik jasa cloud storage lain. Kenapa Google Drive penuh padahal kosong? Ini dia penyebabnya.

Penyebab Storage Google Drive Full padahal Masih Kosong

Ternyata, salah satu penyebab munculnya masalah ini adalah folder Trash yang sudah over capacity

Meski sudah masuk ke folder sampah, file-file yang sudah terhapus tetap ada di penyimpanan Google Drive kamu, dan tetap memakan memori.

Akibatnya, kamu tidak lagi bisa menambah file ke Google Drive. Bahkan, bisa saja kamu juga tidak bisa menerima email. Merepotkan sekali, bukan?

Nah, jika masalah ini terjadi pada kamu, tidak perlu panik dan terburu-buru install cloud storage lain, ya.

Trending:  3 Cara Mengubah video Menjadi mp3 di HP Android Lewat Telegram

Terdapat 5 tahap tindakan yang bisa kamu kamu lakukan di kondisi seperti ini. Yuk, baca triknya supaya kamu tetap bisa pakai Google Drive tanpa gangguan.

5 Tahap Cara Mengosongkan Storage Google Drive

Sobat Josbgt, untuk mengosongkan storage Google Drive yang sudah terlalu penuh sebenarnya mudah sekali. Kamu hanya perlu mempraktekkan trik-trik ini:

  • Yang pertama, kamu perlu melihat quota Google Drive kamu terlebih dahulu dengan cara klik link ini. Halaman tersebut akan memperlihatkan berkas yang kamu miliki di dalam memori Google Drive kamu, maupun file yang kamu unggah di akun Google Drive milik orang lain.
  • Kemudian, kamu bisa pilih file yang sudah tidak lagi kamu gunakan. Caranya adalah dengan menahan tombol CTRL sambil pilih file yang akan kamu hapus. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa gunakan shortcut CTRL + A untuk memblok seluruh file.
  • Selanjutnya, kamu bisa klik tanda tempat sampah yang ada di bagian atas sebelah kanan. Atau kamu bisa menyeret file yang perlu kamu hapus ke folder ‘Trash” yang ada di sebelah kiri.
  • Sekarang, file kamu sudah masuk ke folder “Trash”, kamu bisa klik folder “Trash”, kemudian blok seluruh file yang sudah kamu hapus dengan cara klik kanan dan pilih opsi “Delete Forever”. Jika malas klik satu per satu, kamu bisa pilih opsi “Empty Trash” di bagian kanan atas.
  • Selesai. Dengan ini, kapasitas di dalam Google Drive akan bertambah. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah Google Drive penuh padahal kosong di Android dan iOS.

Sudah Hapus File Google Drive tapi Masih Penuh?

Langkah-langkah di atas sudah kamu praktikkan, tapi akun Google kamu masih mengalami over capacity?

Hal ini bisa saja karena kapasitas Google Storage kamu sudah hampir habis.

Trending:  Kode Redeem FF yang Belum Digunakan Terbaru 2022

Ya, inilah rahasia lain dari kapasitas penyimpanan Google Drive. Ternyata, kapasitas Google Drive merupakan bagian dari Google Storage, yang juga menjadi tempat penyimpanan Google Photos dan Gmail.

Dengan kata lain, 15GB yang kamu terima akan terbagi untuk ketiga lokasi tersebut.

Untuk memastikannya, kamu bisa cek kapasitas Google Storage. Cara melihat storage Google Drive adalah dengan klik tautan ini.

Di halaman ini, kamu akan mendapat informasi detail mengenai besar file yang sudah kamu gunakan. Dengan cara itu, kamu bisa memastikan file apa saja yang perlu kamu hapus.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menghapus File Google Drive

  • Yang pertama, kamu perlu ingat bahwa file yang sudah kamu hapus secara permanen di Google Drive tidak akan bisa kamu kembalikan lagi. Maka dari itu, ada baiknya kamu memilih file penting terlebih dahulu sebelum menghapusnya.
  • Yang kedua, untuk Sobat Josbgt yang sering pakai Google Drive untuk bekerja atau hal penting lainnya, kamu juga harus berhati-hati. Pasalnya, file yang kamu unggah di Google Drive lain pun bisa ikut terhapus. Akibatnya, data-data penting bisa hilang.

Nah, begitu caranya mengatasi masalah Google Drive penuh padahal kosong yang sering dialami pengguna Google Drive. Semoga tips dari kita bisa membantu, ya.

Kalau kamu merasa berat menghapus file-file penting, kamu juga bisa memilih opsi upgrade ke Google One dengan biaya mulai dari Rp27.000 per bulan.

Tinggalkan komentar