Beranda » Ini Dia Daftar Chipset Terbaik untuk Gaming Smartphone, Gamers Wajib Tahu!

Ini Dia Daftar Chipset Terbaik untuk Gaming Smartphone, Gamers Wajib Tahu!

Penggunaan smartphone sekarang ini sudah sangat beragam sekali, namun dari sekian banyaknya kegiatan yang dilakukan pada smartphone, bermain game di smartphone menjadi pilihan banyak orang. Sehingga buat mereka yang sudah menjadi gamers di smartphone perlu untuk memikirkan chipset terbaik untuk gaming.

Saat ini chipset terbaik untuk gaming sudah ada banyak sekali sekali jenisnya. Semua tetap disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

Buat Anda yang sedang mencari rekomendasi chipset yang terbaik untuk bermain game di smartphone, berikut ada beberapa jenis chipset yang bisa Anda pilih. Yuk, simak ulasannya sampai selesai yah!

Daftar Chipset Terbaik untuk Gaming

Di tahun 2022 ini Anda harus tahu kalau ada beberapa produsen chipset unggulan yang bisa menjadi pertimbangan. Berikut adalah chipset terbaik untuk gaming yang harus Anda ketahui, di antaranya adalah:

1. MEDIATEK DIMENSITY 1200

Chipset pertama yang menjadi rekomendasi adalah Mediatek Dimensity 1200 yang banyak dipakai di banyak jenis smartphone Android yang berada di kelas sub-flagship.

Hadir dengan GPU Mali G77 membuat performa dari chipset ini berbeda dengan produk Mediatek Dimensity lainnya, yang mana konfigurasi octa-core chipset ini meningkat tajam. Bagaimana tidak, hal tersebut karena Mali G77 sendiri merupakan GPU yang banyak dipakai oleh smartphone flagship.

Sampai dengan detik ini penggunaan chipset Mediatek Dimensity 1200 sangat jarang sekali ditemukan laporan mengenai masalah thermal throttling. Sehingga membuat performa smartphone menjadi turun di tengah-tengah permainan game.

2. SAMSUNG EXYNOS 1080

Dirilis pada awal tahun 2020 lalu, chipset Samsung Exynos 1080 menjadi salah satu chipset terbaik untuk gaming di tahun 2022 ini. Serupa dengan chipset pada poin pertama, chipset milik Samsung ini masuk ke dalam golongan chipset sub-flagship.

Trending:  Download Toca Boca Mod Apk Terbaru 2022 dan Fiturnya

Berbanding terbalik dengan chipset SD 888 dan SD 885 yang menjadi pilihan banyak produsen smartphone, chipset Samsung Exynos 1080 ini juga masih terbilang nakal. Karena masih sanggup untuk mendekati chipset SD 888 dan SD 885 dari segi kemampuan.

Meski begitu, sayangnya chipset ini masih kurang efisien bila dibandingkan dengan kedua chipset tadi. Penggunaan daya yang dimiliki Samsung Exynos 1080 ini jauh lebih boros.

Tapi tetap saja chipset Samsung Exynos 1080 ini masih menjadi pilihan yang paling banyak dipilih oleh gamers. Sebab chipset ini bisa Anda pakai untuk bermain game dengan size yang berat, walaupun terkadang terjadi thermal throttling yang membuat performa nge-drop.

3. QUALCOMM SNAPDRAGON 888

Rekomendasi chipset terbaik untuk bermain game terakhir adalah Qualcomm Snapdragon 888 yang juga merupakan versi santai dari SD 888+. Hal tersebut bisa Anda lihat pada perangkat yang rata-rata menggunakan chipset ini adalah smartphone berbasis Android.

Arsitektur yang dimiliki oleh chipset ini tidak jauh berbeda dengan chipset SD 888+, yakni sama-sama memiliki Kyro 680 Prime hingga Kyro 680 Silver yang mana keduanya memiliki tugasnya masing-masing. Sedang perbedaan yang mencolok pada chipset ini terletak pada clock speed dari chipset ini sendiri

Untuk performanya sendiri, SD 888 tidak kalah dengan chipset lainnya, yakni mampu untuk diajak bermain game berat yang sudah mencapai 83 FPS yang terdapat pada game PUBG Mobile (Ultra), 60 FPS pada Call of Duty (Ultra), sampai dengan 58 FPS pada game Genshin Impact (Ultra).

Itulah beberapa chipset terbaik untuk gaming yang bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang bingung mencari chipset. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa membantu Anda menemukan chipset terbaik untuk bermain game di smartphone!

Trending:  Mengenal Keunggulan Aplikasi Snaptik, Cocok Bagi Para Penggemar TikTok