Beginilah Cara Mudah Cari NISN di http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama

Bgtekno.com – NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan bisa dengan mudah diakses melalui internet. Biasanya, nomor ini sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan yang menyangkut sekolah. Pengecekannya bisa dilakukan melalui http//nisn.data.kemdikbud.go.id/page/databerdasarkannama.

NISN diberikan kepada seluruh siswa dan siswi yang bersekolah di satuan pendidikan. Di mana, satuan pendidikan tersebut sudah memiliki NPSB dan terdaftar di Referensi Kemendikbud ristek. NISN bisa menjadi sebuah pembeda antara satu orang siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah di Indonesia, maupun sekolah di luar negeri.

Menariknya NISN sendiri berlaku sepanjang masa untuk setiap peserta didik yang sudah menempuh pendidikan di bawah naungan Kemenristek Dikti. Di dalam NISN sendiri, Anda bisa menemukan identitas peserta didik, berupa nama siswa, tempat dan tanggal lahirnya, dan nama ibu kandung di http//nisn.data.kemdikbud.go.id/page/databerdasarkannama.

Perlu diketahui bahwa NISN berlaku seumur hidup dan tidak perlu menggantinya setiap jenjang pendidikan. Itu sebabnya, NISN diberikan oleh satuan pendidikan di tingkat sekolah dasar.

Manfaat dan Tujuan dari NISN

Dalam laman kemendikbud disebutkan beberapa manfaat dan tujuan dari NISN itu sendiri. Beberapa tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut.

Mengidentifikasi setiap peserta didik di seluruh sekolah yang ada di Indonesia secara konsisten, berkesinambungan, dan standar.

Bermanfaat sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa yang berlaku secara online bagi unit-unit kerja. Unit-unit kerja yang dimaksud adalah Dinas Pendidikan Daerah, Kemendikbud, sampai dengan sekolah yang bersifat standar, akuntabel, dan terpadu berbasis teknologi informasi dan teknologi.

Bermanfaat juga sebagai sistem pendukung program dapodik dalam sebuah pengembangan dan penerapan program perencanaan pendidikan, dan program pendidikan lainnya. Tidak hanya di tingkat pusat saja, tapi juga di kabupaten, provinsi, kota, sampai dengan sekolah.

Trending:  Cara Lapor Pajak Online Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Baca juga: Contoh SKL SMA

Cara Mudah Mencari NISN di http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan tujuan dari adanya NISN ini tentunya ada pertanyaan baru yang muncul. Bagaimana cara mencari NISN itu sendiri? Ternyata caranya cukup mudah, beginilah langkah-langkahnya.

Cara mencari nisn di http//nisn.data.kemdikbud.go.id/page/databerdasarkannama

Bgtekno.com

Membuka Laman http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama

Cara atau langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan membuka laman http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama. Laman ini sangat mudah diakses oleh siapa saja. Jadi memang sangat memudahkan siapa saja yang ingin mencari NISN.

Memasukkan Data yang Diperlukan

Nantinya, Anda harus mengisi beberapa data yang diperlukan. Adapun data yang dimaksud adalah nama lengkap siswa, tempat tanggal lahir, dan nama ibu kandung. Semuanya harus diisi dengan baik dan benar agar data NISN bisa keluar.

Centang Bagian Captcha dan Cari Datanya

Jika sudah mengisi semua data di http//nisn.data.kemdikbud.go.id/page/databerdasarkannama dengan benar, maka cukup centang captcha sebagai bukti bahwa kamu bukanlah robot. Kemudian, klik cari data dan tunggu datanya keluar. Jika memang data yang diisi sudah benar, maka NISN akan keluar.

Beberapa Alasan Mengapa Data NISN Tidak Keluar

Pencarian data NISN tidak selamanya berjalan dengan baik, kadang ada beberapa data yang tidak keluar. Ternyata, ada beberapa alasan yang mendasari kenapa data NISN tersebut tidak keluar. Beberapa alasan yang dimaksud di sini adalah:

Tidak Diterbitkan oleh PDSPK

Alasan pertama yang membuat data NISN tidak keluar adalah tidak diterbitkan oleh PDSPK. Sehingga, datanya pun akan menjadi tidak valid. Tentu saja PDSPK tidak menerbitkan NISN siswa karena ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Data Ganda

Alasan lain yang membuat NISN tidak keluar adalah adanya data ganda. Maksudnya ditemukan data serupa di sekolah berbeda. Sehingga, membuat NISN tidak keluar.

Trending:  Cara Menghapus Akun Facebook dan Langkah Cepatnya

Adanya Salah Penulisan

Ternyata salah penulisan nama, tempat dan tanggal lahir, yang tercantum pada rapot dan ijazah bisa juga menjadi sebab tidak munculnya NISN. Penulisan yang berbeda bisa menjadi data milik orang lain.

Demikianlah berbagai hal mengenai NISN yang perlu Anda ketahui. Mencari data NISN sendiri sangatlah mudah, yaitu hanya melalui http //nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data berdasarkan nama saja. Cukup dengan memasukkan data berupa nama, tempat tanggal lahir, dan nama ibu kandung, maka data NISN akan keluar.