Beranda » Gambaran Modul Geografi Kelas 11 Kurikulum 2013

Gambaran Modul Geografi Kelas 11 Kurikulum 2013

Bgtekno.com – Sebagai seorang tenaga pendidik, tentu anda membutuhkan modul sebagai bahan ajar dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Misalnya anda mengambil mata pelajaran Geografi di kelas 11, maka anda membutuhkan Modul Geografi Kelas 11.

Perlu anda ketahui, modul berbeda dengan buku. Mungkin ada beberapa orang diantara kita yang salah memahami dan mengira bahwa buku sama dengan modul pembelajaran. Yang membedakannya adalah dari segi isinya.

Jika buku berisi keseluruhan materi yang akan diajarkan, maka modul pembelajaran berisi ringkasan materi yang disusun secara sistematis Dalam setiap kelas dan mata pelajaran memiliki modul yang berbeda.

Modul pembelajaran berguna untuk memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi secara mandiri.Dengan adanya modul pembelajaran, maka peserta didik dapat mempelajari dan memahami materi pelajaran sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya.

Baca juga: Silabus kelas 5 semester 1

Peserta didik juga bisa melakukan proses belajar secara mandiri. Selain untuk peserta didik, juga sangat membantu seorang guru dalam menentukan bahan ajarnya.

Berikut Gambaran Isi Modul Geografi Kelas 11

Modul geografi kelas 11

Bgtekno.com

Sama seperti pada buku pelajaran, dalam modul pembelajaran juga memiliki peta konsep. Peta konsep bertujuan untuk membantu pembaca agar mampu menghubungkan setiap konsep yang telah ia pelajari.

Dalam Modul Geografi Kelas 11 peta konsep dibuat berdasarkan judul materi atau sub bab pelajaran. Pada gambar diatas merupakan contoh peta konsep untuk materi Minyak Bumi.

Dengan adanya peta konsep maka peserta didik akan lebih mudah mengetahui apa yang harus mereka pahami. Sehingga dalam proses pembelajaran lebih mudah dan terarah.

Trending:  Cara Cek Informasi GTK Khusus Semester Genap Tahun 2021-2022

Selanjutnya, pada modul ini anda akan diberi pemaparan tentang bagaimana kegiatan pembelajaran untuk memahami materi yang akan dibahas. Pada bagian ini juga berisi poin – poin penting yang harus dipahami oleh peserta didik.

Selain uraian materi juga disajikan rangkuman dalam setiap materi pembelajaran. Jika peserta didik sudah memahami materi tersebut, anda dapat menguji pemahamannya dengan memberikan tugas mandiri serta latihan soal.

Dibagian akhir Modul Geografi Kelas 11 terdapat evaluasi. Hal ini bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang diberikan.

Selain itu, dengan mengerjakan soal – soal evaluasi juga menjadi persiapan bagi peserta didik dalam menghadapi ujian. Serta melatih kemampuan dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Jika anda berminat menggunakan modul geografi ini atau modul untuk mata pelajaran lainnya, sudah banyak yang tersedia di google. Namun, anda juga bisa membuatnya sendiri.

Tetapi jika ingin membuat modul pembelajaran, terlebih dahulu anda harus mengetahui ciri – ciri modul pembelajaran. Agar, tidak ada kesalahan ketika membuatnya.

Komponen pertama adalah self instructional maksudnya adalah modul dapat memberi instruksi kepada peserta didik secara mandiri. Self contained, maksudnya materi dalam modul tersusun sesuai dengan unit kompetensi. Stand alone, yang berarti penyusunan modul benar – benar mandiri. Dan yang terakhir adalah konsisten dimana teknik penulisan modul sesuai dengan apa yang sebelumnya dijelaskan di awal.

Berdasarkan ciri – ciri tersebut anda dapat melihat apakah modul mata pelajaran yang anda unduh ataupun buat sendiri sudah sesuai atau masih harus diperbaiki.

Kekurangan Penggunaan Modul Geografi Kelas 11

Modul geografi

Bgtekno.com

Modul pembelajaran memang sangat membantu proses belajar mengajar. Tidak hanya menguntungkan guru juga menguntungkan peserta didik. Namu, dibalik hal itu juga terdapat kekurangan dalam menggunakan modul pembelajaran.

Trending:  Verval TIK terhadap Kesiapan Teknologi dan Komunikasi

Kurangnya Pengawasan

Mungkin beberapa guru beranggapan dengan menggunakan bantuan modul geografi atau di mata pelajaran lainnya, maka peserta didik bisa belajar secara mandiri. Benar peserta didik bisa belajar secara mandiri namun tetap diperlukan adanya pengawasan.

Pengawasan tentunya sangat diperlukan agar pembelajaran lebih efektif. Karena peserta didik tetap membutuhkan penjelasan langsung dari guru dalam memahami pelajaran.

Efektivitasnya Belum Diketahui

Kita tidak dapat menjamin apakah peserta didik benar – benar memanfaatkan modul pembelajaran yang diberikan. Jadi tetap diperlukan evaluasi terhadap penggunaan buku modul geografi ini atau mata pelajaran lainnya untuk mengetahui apakah efektif atau tidak.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan modul pembelajaran Modul Geografi Kelas 11. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

.