Beranda » Hal yang Harus Dilakukan Ketika Menyusun Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Menyusun Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 

Bgtekno.com – Kompetensi Dasar biasanya harus disusun terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai. Dalam silabus sendiri, setiap mata pelajaran sudah pasti memiliki kompetensi dasar. Itu sebabnya, jauh-jauh hari harus sudah melakukan pemetaan KD kelas 6 semester 2. 

Kompetensi Dasar yang dipetakan ini biasanya untuk jangka waktu satu semester berdasarkan pada pembelajaran per minggu aktif. Biasanya, pemetaan ini akan selesai atau tepat waktu dalam rentang masa satu semester dengan catatan menyesuaikan jumlah tema, dan sub tema. 

Pemetaan KD sendiri merupakan penyusunan pengelompokan kompetensi dasar dari berbagai mata pelajaran dalam kesatuan tema, dan subtema. Pemetaan ini merupakan langkah awal bagi guru sebagai dasar perencanaan pembelajaran, pelaksanaan KBM, sampai dengan penilaian dan evaluasi. 

Sebelum memutuskan untuk melakukan pemetaan KD kelas 6 semester 2, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Adapun berbagai hal tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara cek progres pengiriman PMP

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Pemetaan KD Kelas 6 Semester 2 

Mengetahui Tema dan Sub Tema Terlebih Dahulu 

Penyusunan pemetaan KD biasanya melihat dulu apa tema dan sub tema yang ada di kelas 6 semester 2. Untuk kelas 6 semester 2 pelajaran tematiknya terdiri dari 4 tema, yaitu tema 6, tema 7, dan tema 8. 

Pemetaan KD kelas 6 semester 2

Bgtekno.com

Untuk tema 6 sendiri memiliki judul Menuju Masyarakat Sejahtera. Beberapa sub temanya antar lain masyarakat sejahtera, negara kuat, membangun masyarakat sejahtera, dan masyarakat peduli lingkungan.

Tema 7 berisi tentang kepemimpinan, teman 8 mengenai bumiku dan tema 9 tentang menjelajah angkasa luar. Semua tema tersebut memiliki sub temanya masing-masing. Pemetaan KD kelas 6 semester 2 ini harus dilakukan sebaik mungkin dengan memperhatikan tema dan sub temanya. 

Trending:  Beberapa Hal Mengenai Kisi-Kisi PAS Kelas 7 Semester 1 2021

Untuk mata pelajaran yang diajarkan pada setiap tema adalah PPKn, Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya dan Prakarya. Nah, semua tema memiliki 3 sub tema. Sub tema tersebut diajarkan melalui enam pembelajaran. 

Melakukan Distribusi KD kelas 6 Semester 2 dengan Benar 

Jika sudah mengetahui berbagai tema dan sub temanya, maka Anda harus melakukan distribusi KD dengan benar. Distribusikan setiap KD mata pelajaran ke dalam masing-masing tema. 

Pendistribusian ini dilakukan untuk mengetahui suatu KD dan mata pelajaran akan terdapat pada tema apa. Bisa juga sebaliknya, sebuah tema akan terdiri dari KD dan mata pelajaran apa saja. Pemetaan KD kelas 6 bisa berjalan dengan baik jika distribusinya dilakukan dengan teliti. 

Pada kelas 6 semester 2, ternyata jumlah KD-nya mencapai 29. 29 KD ini terdistribusi dalam 4 tema. Artinya, setiap tema memiliki jumlah KD yang berbeda-beda. 

Untuk tema 6 sendiri memiliki 8 KD, tema 7 memiliki 5 KD, sisanya masing-masing memiliki 8 KD. Untuk distribusinya sendiri, pada tema 6 bisa terdiri dari 1 KD mata pelajaran PPKn, 2 KD mata pelajaran Indonesia, 1 KD mata pelajaran IPA, 1 KD mata pelajaran IPS, dan 3 KD mata pelajaran SBdP. 

Pemetaan KD kelas 6 untuk distribusi di tema 7, cukup 5 KD saja. Baik mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP hanya memiliki masing-masing 1 KD saja. 

Untuk tema 8 dan 9, karena jumlah KD-nya sama, maka distribusinya pun sama. 1 KD PPKn, 2 KD bahasa Indonesia, 1 KD Ilmu Pengetahuan Alam, 1 KD Ilmu Pengetahuan Sosial, dan 3 KD SBdP. Dengan demikian, pendistribusian sudah dilakukan secara tepat. 

Dari distribusi yang sudah dilakukan, disusunlah pemetaan KD untuk KI Pengetahuan dan KI Keterampilan. Sementara, untuk pembagian KD-nya dikelompokkan dalam 4 bagian. Pemetaan KD untuk KI-3 per sub tema dan pembelajaran, kemudian per tema dan sub tema, begitu pun dengan pemetaan Kd untuk KI-4. 

Trending:  Inilah Materi yang Bisa Ditemukan Pada Modul Biologi Kelas 12

Demikianlah berbagai hal yang harus diperhatikan ketika menyusun pemetaan KD kelas 6 semester 2. Penyusunan pemetaan ini harus dilihat dan disesuaikan dengan sub tema dari masing-masing tema. Selain itu, pemetaan juga harus terdiri dari KI-pengetahuan dan KI-keterampilan.