Home » Cara Kerja Google Form dan Cara Menggunakan Google Form

Cara Kerja Google Form dan Cara Menggunakan Google Form

bgtekno.com – Sejak kemunculannya, google form tentu sangat membantu siapapun dalam membuat survei menggunakan kuesioner secara online. Selain mudah dan cepat, layanan ini bisa diakses dengan gratis tanpa biaya apapun. Cara kerja google form juga sangat sederhana, siapapun bisa membuatnya asalkan memiliki akun Gmail.

Pengertian Google Form yang Sering Orang Pakai

cara kerja google form

Pada dasarnya google form merupakan layanan untuk membantu menyelesaikan permasalahan administratif yang dikembangkan dan di desain oleh Google. Cara kerja google form yakni langsung tersambung dengan fitur google lainnya yang ada di drive seperti slide, google doc, dan spreadsheet.

Setelah membuat tipe form yang ingin dibagikan, copy link dan sebarkan. Nantinya seluruh jenis jawaban hasil dari responden yang membuka link akan dikumpulkan dan dikelola dalam spreadsheet.

Cara Kerja Google Form dalam Mengelola Data Hasil Survei Online

Cara kerja formulir google tak lepas dari bantuan spreadsheet dan hasilnya akan dituang dalam bentuk dokumen berupa PDF, word, atau excel. Untuk bisa mengetahui bagaimana cara kerja form google dalam mengelola data, bisa memperhatikan penjabaran di bawah ini;

1. Menghubungkan Google Form dengan Spreadsheet

Agar hasil jawaban dari google form yang nantinya akan dibagikan dapat tersusun rapi, menghubungkan google form dengan spreadsheet bisa dilakukan. Selain untuk mempermudah dalam mengelola data, proses tersebut juga membantu mempersingkat waktu karena seluruh prosesnya dilakukan dengan otomatis. Caranya cukup mudah yakni;

  1. Masuk ke google form, kemudian klik form dan pilih template sesuai dengan keinginan.
  2. Kemudian pada kotak dialog bertuliskan united form dan klik kolom tersebut untuk membuat judul utama kuisioner.
  3. Selanjutnya pada kolom deskripsi masukkan penjelasan secara rinci mengapa kuesioner ini dibuat beserta catatan tertentu bila dibutuhkan.
  4. Kemudian klik kolom question dan masukkan apa saja yang ingin dijadikan sebagai pertanyaan.
  5. Pengguna bisa memilih jenis pertanyaan yang akan ditampilkan, seperti multiple choice, paragraph, atau short answer.
  6. Setelah selesai menyusun pertanyaan, berikutnya pengguna beralih pada menu response.
  7. Klik ikon berwarna hijau yang terletak di bagian atas kanan bubble dialog kemudian ambil opsi create a new spreadsheet.
  8. Tentukan nama dokumen spreadsheet sesuai kebutuhan dan klik create.
  9. Jangan lupa untuk menyalin link spreadsheet dan masukkan ke dalam bookmark untuk mempermudah pencarian.
Trending:  Cara Live di TikTok Tanpa 1.000 Followers, Apakah Bisa?

2. Membagikan Form Google kepada Responden

Apabila pengguna telah menyambungkan google form dengan spreadsheet, maka langkah selanjutnya adalah membagikan form kepada responden. Langkah yang bisa diambil untuk membagikan form google bisa mengikuti cara di bawah ini;

  1. Pengguna bisa kembali ke menu question yang sebelumnya telah dibuat tadi.
  2. Setelah itu klik ikon berbentuk pesawat kertas di bagian atas formulir, dan pilih ikon rantai.
  3. Pada bagian bawah kolom bubble terdapat link URL form yang nantinya akan dibagi kepada responden. Pengguna bisa memberi tanda centang pada bar di bawah untuk mempersingkat link.
  4. Setelah itu pengguna bisa menyalin link dan membagikannya di berbagai platform sosial media untuk menarik responden.

3. Mengelola Hasil Akhir Data dari Google Form, Spreadsheet Menjadi PDF, Dokumen, atau Excel

Cara kerja google form paling efektif yakni dengan merekap seluruh jawaban dari responden secara otomatis dengan bantuan spreadsheet. Apabila data yang diperlukan telah memenuhi, pengguna bisa merubahnya menjadi PDF, word atau excel dengan cara;

  1. Masuk ke laman spreadsheet data dari google form melalui link yang telah disimpan sebelumnya.
  2. Kemudian klik button file yang terdapat di toolbar atas layar PC atau laptop.
  3. Akan muncul menu tambahan di dalamnya, lalu klik download.
  4. Pada pilihan tersebut akan muncul beberapa opsi untuk mengkonversikan spreadsheet menjadi file PDF, word, atau excel dan format lainnya.

Baca Juga: Cara Mengganti Header Google Form dan Cara Membuatnya

Google form menjadi media paling berpengaruh sebagai filing data dan dokumen online di segala bentuk instansi dari mulai swasta, perorangan, pemerintah, dan segmentasi lainnya termasuk pendidikan. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk tetap beraktivitas seperti biasa meski harus berada di tempat yang jauh.

Trending:  Cara Agar Banyak yang Checkout di Tiktok Shop