Beranda » Cara Melihat GPU HP dan Ketahui Jenisnya

Cara Melihat GPU HP dan Ketahui Jenisnya

Penting untuk mengetahui cara melihat GPU hp agar tidak salah saat download game yang akan dimainkan. Perangkat keras ini memiliki peran penting terhadap kinerja hp, sehingga harus teliti saat hendak membeli hp terutama untuk bermain game.

Bagi para pecinta game yang ingin memainkan game favoritnya di hp, biasanya ketika mereka membeli hp akan mempertimbangkan spek GPU terlebih dahulu. Sebab, GPU berpengaruh terhadap kualitas grafis dan kecepatan saat memainkan game di hp.

Jika salah memilih GPU tidak sesuai dengan spesifikasi game, sehingga game tidak akan berjalan dengan lancar. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tutorial cara melihat GPU hp Android, sebelum Anda memutuskan membeli hp untuk keperluan gaming.

Apa itu GPU?

GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit, berfungsi untuk menjalankan instruksi dan menampilkan grafis pada layar hp. Secara sederhana, GPU memiliki peran penting untuk membuat grafik, tekstur, dan warna dalam game seolah seperti nyata.

Sebenarnya GPU tidak hanya digunakan untuk kenyamanan bermain game saja, namun untuk menunjang aktivitas yang berhubungan dengan video dan editing foto, serta aktivitas multimedia yang berhubungan langsung dengan pengolahan grafis. 

Maka dari itu, kemampuan GPU pada hp sangat penting sehingga bisa menjalankan game berat sekalipun dengan nyaman dan lancar, dengan kemampuan grafis yang memukau sehingga dapat memberikan pengalaman bermain game yang seru dan menyenangkan.

Jenis-Jenis GPU

Ada beberapa jenis GPU yang biasa digunakan pada hp, setiap jenis GPU memiliki kelebihannya masing-masing, namun secara fungsi tetap sama untuk menikah grafis. Adapun jenis GPU pada HP Android yang perlu diketahui adalah sebagai berikut: 

Trending:  Cara Menghapus Akun Facebook dan Langkah Cepatnya

1. GPU Adreno 

GPU Adreno merupakan chipset grafis yang tertanam pada hp Android, biasanya bersanding dengan CPU Snapdragon, GPU ini banyak digemari pengguna hp terutama para gamer.

2. GPU Mali 

GPU Mali merupakan chipset grafis yang dikembangkan oleh ARM. GPU ini lebih banyak digunakan pada hp Android dengan CPU seperti Mediatek, Exynos, Helio x20 dan lain sebagainya.

3. GPU PowerVR

GPU PowerVR merupakan chipset grafis yang awalnya sering dipakai pada hp iPhone. Namun, chipset ini kini sudah banyak ditemukan di berbagai hp berbasis sistem operasi Android.

Itulah beberapa jenis GPU yang sering digunakan pada hp Android, biasanya GPU yang dipakai tugasnya untuk mendukung kinerja CPU agar menghasilkan performa yang tangguh. Lantas, bagaimana cara  melihat spesifikasi GPU di hp Android?

Cara Melihat GPU di HP Android

Jika Anda ingin melihat kemampuan hp Android dalam menjalankan game, maka bisa mengecek spesifikasi GPU yang digunakan sehingga bisa disesuaikan dengan game yang akan dimainkan. Adapun cara melihat GPU hp Android sebagai berikut: 

  1. Download aplikasi CPU Z di Play Store
  2. Kemudian tunggu proses instalasi selesai
  3. Setelah terinstall, lalu buka aplikasinya
  4. Setelah itu, silahkan Anda klik SOC
  5. Kemudian muncul info di kolom GPU Renderer
  6. Anda bisa melihat spesifikasi GPU yang digunakan

Adapun cara alternatif untuk mengetahui spesifikasi GPU hp Android, bisa diketahui melalui situs yang memberikan informasi spesifikasi hp secara lengkap. Anda bisa mengecek terlebih dahulu jenis GPU yang digunakan pada hp yang hendak Anda beli.

Demikian pembahasan tentang cara melihat GPU hp dengan mudah, suatu informasi penting ketika Anda ingin membeli hp untuk kegiatan bermain game. Dengan GPU yang mumpuni, main game berat pun bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Trending:  Kumpulan Teka Teki Lucu Bikin Bingung dan Ngakak..!