Beranda » Cara Menyimpan Nomor WA Malaysia

Cara Menyimpan Nomor WA Malaysia

Siapa yang tidak tahu WhatsApp? Sarana chatting atau messenger ini merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak ketiga di dunia. Bagaimana tidak, penggunaanya yang mudah serta fitur-fiturnya yang sangat berguna membuat aplikasi yang satu ini jadi favorit banyak orang.

Kini, hampir setiap orang yang menggunakan ponsel pintar menggunakan WhatsApp. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga orang tua pun menggunakannya. Namun pernahkah kamu bingung ketika hendak menyimpan nomor WhatsApp orang yang berada di luar negeri, misalnya nomor WA Malaysia?

Terkadang ketika kita menyimpan nomor luar negeri, kontak mereka di aplikasi WhatsApp tidak muncul. Tapi tenang. Ada cara yang bisa kamu terapkan agar nomor luar negeri tersebut bisa kamu munculkan di kontak WhatsApp.

Cara Save Nomor WA Malaysia

Sumber : https://unsplash.com/photos/bNBl5cHclMA

Malaysia, atau biasa kita sebut juga negeri jiran, adalah negara tetangga yang benar-benar sangat berdekatan dengan Indonesia. Ada berbagai kesamaan antara negara kita dan Malaysia, seperti suku bangsa, bahasa, hingga budaya.

Tidak heran kalau banyak dari kita yang memiliki kerabat yang berasal atau berdomisili di Malaysia. Terlebih lagi bila kamu yang tinggal di Sumatera atau Kalimantan. Untuk tetap bisa berkomunikasi secara mudah dengan mereka, pastinya WhatsApp jadi pilihan utama.

Trending:  Begini Cara Membekukan Rekening Penipu

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu terapkan agar nomor kontak kerabat kamu yang menggunakan nomor Malaysia bisa muncul di WhatsApp.

1.     Pastikan Validitas Nomor yang Kamu Simpan

Pertama, pastikan bahwa nomor kerabat dari Malaysia yang kamu simpan tersebut sudah benar. Jangan sampai kamu salah menyimpan. Sebab jika salah pastinya nomor tersebut tidak akan muncul di aplikasi.

2.     Buka Kontak dan Edit Kontak

Jika sebelumnya kamu sudah pernah menyimpan nomor dari Malaysia tersebut, maka kamu perlu membuka kontak dan mengeditnya lagi. Cek apakah kamu sudah menambahkan tanda “+” di nomor tersebut. Jika belum, masukkan tanda “+” di depan nomor.

Baca juga Kenapa WA Tidak Bisa Mengirim Pesan padahal Jaringan Bagus?

3.     Tambahkan Kode Negara

Setelah sudah menambahkan tanda plus di depan, kamu harus memasukkan kode negara. Sama seperti Indonesia yang memiliki kode +62 di depannya, Malaysia juga punya kode tersendiri. Yaitu +60.

Apabila nomor HP dari kerabat dengan nomor Malaysia tersebut adalah 0305-4567890 format untuk nomornya kurang lebih seperti berikut :

+603054567890

Bagaimana, apakah kamu sudah memahaminya? Formatnya sendiri sama persis ketika kita hendak menyimpan nomor Indonesia dengan +62. Hanya saja, kode negaranya berbeda.

4.     Buka Aplikasi WhatsApp dan Cari Kontaknya

Langkah selanjutnya adalah kamu harus membuka kembali aplikasi WhatsApp. Kemudian buka seperti biasa ketika kamu hendak ingin mencari kontak seseorang untuk kamu chat. Cari nama kerabat yang menggunakan nomor Malaysia tersebut dan lihat apakah sudah muncul atau belum.

Masalah yang Kerap Mucul ketika Menyimpan Nomor Luar Negeri

Sumber : https://unsplash.com/photos/5BG-9id-A6I

Apabila nomor Malaysia yang kamu simpan sudah muncul di aplikasi WhatsApp, maka cara-cara yang kamu ikuti tersebut sudah tepat.

Trending:  Mudah, Begini Cara Menggandakan Aplikasi di HP Realme

Namun, terkadang ada berbagai kendala yang terjadi ketika kamu menyimpan atau menghubungi kontak luar negeri. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab berbagai kendala ini hanyalah masalah kecil saja. Tidak ada hubungannya dengan akun WhatsApp kamu yang terblokir atau bermasalah.

Ini dia beberapa masalah yang kerap muncul saat mencoba menyimpan nomor luar negeri.

1.     Nomor Tidak Muncul di Aplikasi WhatsApp

Untuk kasus yang pertama ini, ada tiga kemungkinan yang menyebabkannya bisa terjadi.

  • Pertama adalah karena kamu salah memasukkan nomor telepon tersebut. Atau bisa jadi orang yang memberi kontak kepada kamu memang yang salah.
  • Kesalahan format ketika melakukan input pada kontak. Misalkan salah memasukkan kode negara. Bila nomor Malaysia tersebut terdapat angka nol di depannya, maka kamu hapus saja dan ganti menjadi +60. Seperti contoh yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Sinkronisasi kontak. Bisa jadi bahwa kontak yang kamu simpan tersebut sudah benar, namun masih mengalami proses sinkronisasi. Terkadang memang membutuhkan waktu agak lama agar bisa muncul ke daftar nama.

2.     Centang Satu ketika Mengirim Pesan

Permasalahan ini paling umum terjadi karena kendala jaringan. Perlu kamu ketahui kalau kamu melakukan chatting antar negara, ada berbagai faktor yang memengaruhi waktu penyampaian pesan. Jadi, cukup kamu tunggu saja

3.     Format Sudah Benar, Namun Kontak Tidak Kunjung Muncul

Kasus ketiga ini juga kerap terjadi. Penyebabnya pun terkadang tidak jelas. Untuk solusinya, kamu perlu menghapus dan simpan nomor WA Malaysia itu kembali. Atau jika masih tidak berhasil, bisa meminta temanmu yang menggunakan nomor Malaysia untuk menambahkan kontak kamu.

Sekilas Mengenai Kode Negara

Sebagai informasi, kode +60 ini biasa disebut sebagai kode internasional. Kode ini sangat penting bilamana kamu ingin menyimpan nomor Malaysia lain. Setiap negara sudah memiliki kode internasionalnya sendiri-sendiri sebab sudah diatur oleh International Telecommunication Union (ITU).

Trending:  Ini 5 Cara Menonaktifkan Google Foto bagi Pengguna Android

Baca juga Cara Menambah Nada Notifikasi Whatsapp Termudah dan Terbaru

Untuk chat WhatsApp dengan nomor luar negeri lain, misal dengan nomor India, maka kamu perlu tahu kode negaranya. Untuk India sendiri, kode internasionalnya adalah +91. Maka untuk menambahkannya ke WhatsApp, maka perlu kamu simpan kontaknya dengan kode negaranya pula.

Untuk negara seperti Meksiko dan Argentina, ada pengecualian ketika ingin menambahkan kontak tersebut ke WhatsApp. Kamu bisa melihatnya di situs faq.whatsapp.com

Jadi, apa kamu sudah memahami cara menambah nomor WA Malaysia ke kontakmu?

Tinggalkan komentar