Beranda ยป Kenapa Setelah Update Android 12 Jadi Lemot

Kenapa Setelah Update Android 12 Jadi Lemot

Bgtekno.com – Setelah Update Android 12, kebanyakan HP berubah menjadi lemot, bahkan Lag yang memuat kinerja ponsel menjadi tak maksimal. Apa penyebabnya? Yuk cari tahu lewat semua daftar konteks berikut!

Dalam kebanyakan kasus, masalah pada ponsel kerap terjadi dari kondisi normal menjadi tak bisa berfungsi dengan baik. Masalah ini kerap menimpa beberapa tipe ponsel Google Pixel yang mana sebelumnya terjadi sebuah update versi OS Android, seperti dari OS 11 ke 12 misalnya.

Mengutip sumber telset.id, pengakuan beberapa pengguna setelah melakukan pembaruan sistem OS pada ponsel miliknya, tiba-tiba ponsel tersebut tak berfungsi optimal.

Lebih spesifik-nya, masalah itu menimpa beberapa sistem Android yang mana terjadi penurunan daya pada baterai, kredensial keamanan. Selain itu, masalah ini juga berdampak pada kinerja ponsel itu sendiri seperti halnya Lemot dan bahkan lag.

Kasus masalah di atas ternyata pernah dialami oleh Sarthak Bhatia sebagai pengguna Google Pixel 4a 5g yang mana dirinya mengaku bahwa baterai-nya menjadi lebih boros dari sebelumnya setelah dilakukannya update ke versi OS 12.

Bahkan dirinya juga menambahkan adanya fungsi yang tak stabil seperti aplikasi yang berhenti sendiri ketika ia jalankan.

Masalah serupa pun juga dialami oleh pengguna Google Pixel 5 yang diketahui bernama Tony Rutkowski, “Aplikasi terus berhenti sendiri” paparnya. Upaya pemulihan ke setelah pabrik pun ia lakukan, namun hasilnya tetap sama.

kenapa setelah update android 12 jadi lemot

Sebenarnya banyak keluhan yang tengah dialami oleh pengguna Google Pixel. Namun setidaknya kedua testimoni di atas bisa kalian terapkan sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembaruan versi OS Android.

Lantas apa penyebabnya? Berikut ini penjelasan oleh Google atas masalah yang akhir-akhir ini kerap menimpa pengguna.

Trending:  5 Aplikasi Edit Foto Recommended dan Trend yang Wajib Dicoba

Contents

Kenapa Setelah Update Android 12 Jadi Lemot

Banyaknya keluhan yang di unggah ke berbagai platform sosial media, membuat google angkat bicara sebagai jawaban atas masalah yang kerap membuat resah pengguna tersebut.

Kabarnya, menurunnya kinerja Android setelah update android 12 itu terjadi akibat aplikasi pihak ketiga yang terpasang tidak cocok dengan sistem OS Android 12.

Sayangnya, sampai detik ini pemilik mesin pencari terbesar Google ini tak juga memberikan kiat pemecahan masalah apa pun sebagai aksi pencegahan kedepan.

Akibat ketiadaan pemecahan masalah yang di ungkap oleh pihak Google, sebagian besar pengguna pun memutuskan untuk mencari solusinya masing-masing. Banyak upaya yang telah mereka lakukan, namun tidak ada hasil terbaik yang bisa mereka peroleh.

Rekomendasi: 3 Software Pembuat Aplikasi Exe atau File Exe

Beberapa upaya yang sampai saat ini kerap dilakukan oleh pengguna setelah update Android yakni melakukan pembersihan terhadap berkas cache. Bahkan sebagian dari mereka juga melakukan restart dan hasilnya pun tetap tidak terlihat.

Selain ponsel jenis Google Pixel, dalam pembaruan yang saya temui baru-baru ini terkait masalah lemot dan lag juga terjadi di beberapa produk Smartphone Android. Beberapa merek ponsel tersebut ialah Samsung, Xiaomi, Realme dan bahkan HP Oppo.

Solusi Atasi HP Lemot atau Lag

Karena Google tidak memberi penjelasan apa pun terkait pemecahan masalah, maka tidak ada upaya lain selain mengembalikan ke versi sebelumnya,

Jadi, ketika kalian sudah terlanjur mengupdate ke Android 12 dan menemui masalah serupa, tindakan Down-grade version mungkin bisa menyelesaikan masalah ini.

Hanya saja perlu tindakan lebih agar tak salah memilih Room sesuai ponsel kalian. Download lah room yang benar-benar sama dengan spesifikasi Android kalian.

Trending:  Tiktok 18 Mod Apk Tanpa Iklan Versi Baru

Jika tidak tahu harus memulainya darimana, lebih baik bawa ke tempat software HP. Upaya ini akan meminimalkan kalian dari risiko Botloop yang membuat ponsel dan bisa menyala kembali.

Memang, upaya ini memerlukan biaya dan waktu. Tapi setidaknya masalah lemot dan lag bisa teratasi dengan maksimal dan tentu minim risiko.

Sementara itu, bagi kalian yang belum mengup-date ke versi android 12, lebih baik pertimbangkan masalah ini. Baca pula berita teknologi terkait perbaikan pada versi 12 ini supaya kalian tak masalah seperti yang dialami oleh beberapa pengguna saat ini.

Demikian evaluasi yang dapat kalian baca di situs Bgtekno.com terkait masalah setelah update android 12 hp jadi lemot dan lag. Baca pula beberapa berita teknologi terbaru lainnya, sampai jumpa.