Beranda » Inilah Materi yang Bisa Ditemukan Pada Modul Biologi Kelas 12

Inilah Materi yang Bisa Ditemukan Pada Modul Biologi Kelas 12

Bgtekno.com – Ada banyak sekali sumber pembelajaran yang bisa ditemukan, salah satunya adalah modul. Setiap mata pelajaran biasanya memiliki modul yang memuat berbagai materi. Modul biologi kelas 12 biasanya menjadi modul yang sering dicari. 

Modul-modul kelas 12 memang sangat sering dicari. Mengingat, nantinya setelah lolos harus mengikuti ujian-ujian masuk perguruan tinggi. Setidaknya, dari modul inilah bisa mendapatkan banyak pengetahuan. 

Modul sendiri diharapkan bisa membantu proses belajar mengajar. Penggunaan modul dalam pembelajaran biasanya bertujuan agar siswa dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan kehadiran guru. 

Modul biologi untuk siswa kelas 12 ini disusun berdasarkan pada kompetensi dasar. Sehingga memang lebih terstruktur atau pembelajaran akan lebih tertata dengan baik. Di dalamnya tidak hanya terdapat materi pembelajaran saja, tapi ada juga beberapa contoh soal dan pembahasan. 

Baca juga: Silabus kelas 5 semester 1 

Beberapa Materi yang Terdapat dalam Modul Biologi Kelas 12 

Modul biologi kelas 12

Bgtekno.com

Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan 

Dalam materi ini, terlebih dahulu akan diperkenalkan dengan konsep dari pertumbuhan dan perkembangan itu sendiri. Dari konsep inilah diharapkan bisa paham, bahwa pertumbuhan dan perkembangan memiliki definisi berbeda. 

Pertumbuhan sendiri memiliki ciri dapat dihitung secara kuantitatif dan tentunya bersifat permanen. Sementara, perkembangan memiliki sifat kualitatif dan kita bisa mengetahui perkembangan dari suatu tumbuhan jika melakukan pengamatan kematangan fungsi organnya. 

Materi Metabolisme 

Selanjutnya, materi yang bisa ditemukan pada modul biologi kelas 12 adalah metabolisme. Dalam materi ini, para peserta didik akan mengetahui berbagai hal mengenai enzim, katabolisme, dan anabolisme. 

Trending:  Kumpulan Soal Tema 2 Kelas 6 dan Kunci Jawaban

Tidak hanya itu saja, akan dijelaskan pula mengenai jenis, sifat, sampai fungsi dari masing-masingnya. Untuk anabolisme sendiri hanya memiliki satu jenis saja, yaitu fotosintesis. 

Materi Hereditas 

Nampaknya, materi yang satu ini banyak disukai oleh orang-orang. Hal sini dikarenakan hereditas sendiri merupakan pewarisan sifat-sifat fisik, biokimia, dan perilaku dari suatu makhluk hidup ke turunannya. 

Nah, sifat menurun ini akan dikendalikan oleh substansi genetika yang disebut dengan DNA. Teori pewarisan sifat ini pertama dikemukakan oleh Gregor Johann Mendel. Sampai saat ini ada 2 hukum Mendel yang bisa ditemukan pada modul biologi kelas 12. 

Selain itu, akan ada juga materi tentang jenis-jenis dari persilangan. Untuk jenis persilangan sendiri, ada dua yaitu monohibrida dan dihibrida. Persilangan monohibrida memiliki 2 macam, yaitu persilangan monohibrida dominan penuh dan tak penuh. 

Dari persilangan yang terjadi, peserta didik akan mengetahui banyak istilah. Seperti resesif, genorip, dan fenotip. Selain itu juga akan paham terhadap bagaimana cara melakukan persilangan dan mendapatkan hasil dari persilangan tersebut. 

Dalam modul biologi juga terdapat persilangan hibrida. Persilangan satu ini dilakukan antara individu dengan memperhatikan dua sifat berbedanya. Nantinya hasil dari persilangan individu F1 yang seragam. 

Materi Teori Evolusi 

Sudah pasti tau jika teori evolusi merupakan perubahan-perubahan pada sifat-sifat terwariskan, baik secara fisioligis maupun morfologis yang terjadi dalam satu generasi ke generasi selanjutnya. Perubahan yang terjadi biasanya dikarenakan kombinasi tiga proses utama. 

3 proses utama yang dimaksud adalah reproduksi, seleksi, dan variasi. Di dalam modul ini akan dijelaskan mengenai bagaimana mekanisme terjadi evolusi. Ada dua mekanisme utama yang mendorong bisa terjadinya evolusi, yaitu hanyutan genetik dan seleksi alam. 

Trending:  Modul Fisika Kelas 12 Sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Materi evolusi dalam modul biologi kelas 12 ini juga akan memperkenalkan peserta didik dengan teori evolusi, faktor yang mempengaruhi evolusi, dan lain sebagainya. 

Materi Bioteknologi 

Terakhir, ada materi bioteknologi yang bisa ditemukan dalam modul tersebut. Ada banyak hal terkait bioteknologi yang akan diberikan kepada peserta didik. Tidak hanya membahas tentang teknologi modern saja, tetapi juga membahas tentang karakteristik, sampai dengan contoh produk bioteknologi. 

Beberapa contoh produk bioteknologi modern adalah teknik kultur jaringan, teknologi PCR, Teknologi rekombinasi kloning gen dan DNA, sampai dengan antibiotik. Tentu saja dari banyaknya produk bioteknologi ini memberikan banyak dampak positif dan negatifnya. 

Demikianlah beberapa materi yang bisa ditemukan pada modul biologi kelas 12. Materinya terbilang cukup sedikit dan tentunya sangat menyenangkan.