Home » Tips Memilih Hijab Segi Empat dan Tutorialnya

Tips Memilih Hijab Segi Empat dan Tutorialnya

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memilih hijab segi empat lengkap dengan tutorialnya yang mana model hijab ini merupakan salah satu model favorit para hijabers.

Sesuai namanya, hijab segi empat adalah merupakan model hijab dengan karakteristik dengan bentuk segi empat serta memiliki ukuran yang sama panjang pada keempat sisinya

Bukan rahasia lagi apabila dikatakan model hijab segi empat menjadi pilihan favorit banyak wanita berhijab karena model ini memiliki kesan yang simple serta cocok digunakan dalam berbagai kegiatan dan acara.

Selain itu, model hijab segi empat juga cocok digunakan oleh berbagai bentuk wajah. Hal ini penting sebab banyak wanita yang mempertimbangkan model hijab agar wajah bisa terlihat maksimal dan cantik karena didukung oleh penggunaan model hijab yang tepat.

Karena populernya, saat hijab segi empat memiliki banyak variasi mulai warna, bahan, serta motif mulai dari voal polos, bahan katun dengan motif, maupun hijab satin yang cocok dikenakan dalam acara formal.

Dalam memilih hijab segi empat, maka terdapat sejumlah tips yang harus anda perhatikan agar anda bisa puas dan nyaman dalam mengenakannya. Apa saja itu? simak sebagai berikut.

Tips Memilih Hijab Segi Empat

Tips Memilih Hijab Segi Empat

Memilih Model Hijab yang Tepat Untuk Berbagai Acara

Pertama, sesuaikan hijab segi empat yang anda pilih dengan masing-masing kegiatan atau acara yang hendak anda hadiri agar sesuai dengan acara yang anda datangi.

Trending:  Dokumen 1 Kurikulum 2013 SD Tahun 2021/2022

Anda bisa gunakan hijab segi empat syar’i bila anda hendak menutupi keseluruhan area dada karena potongan kainnya yang cukup lebar dan besar. Untuk keperluan sekolah hingga kerja kantoran, anda bisa mencoba pilih hijab rawis square yang memiliki jenis bahan ringan serta nyaman untuk digunakan seharian.

Pertimbangkan Motif Hijab yang Dipakai

Bagi hijab segi empat dengan model yang simple, sebaiknya tidak memilih hijab dengan motif yang terlalu ramai. Hal ini dilakukan agar hijab yang anda kenakan dapat lebih mudah serta fleksibel untuk dipadu padan menggunakan pakaian apapun. Bila hendak memakai hijab motif, usahakan untuk menggunakan hijab motif garis, polkadot, bunga-bunga kecil yang letaknya berada pada ujung sisi segi empat saja.

Sesuaikan Warna Hijab Dengan Warna Kulit dan Padu Padan Pakaian

Seimbangkan warna hijab dengan pemilihan pakaian yang anda kenakan. Untuk yang berani bereksperimen dengan menggunakan warna yang kontras, perpaduan dari pakaian berwarna terang dengan hijab berwarna earthy tone dapat dicoba. Selain itu, warna hijab juga harus disesuaikan dengan warna kulit supaya tampak lebih proporsional.

Bagi anda yang memiliki kulit sawo matang, gunakan hijab segi empat dengan warna yang lebih gelap seperti hitam, merah marun, maupun hijau tua. Bagi anda yang memiliki kulit putih, hindari penggunaan hijab dengan warna yang terang seperti warna nude, warna terand, dan putih yang membuat kulit wajah menjadi terlihat lebih pucat.

Perhatikan Ukuran Hijab Segi Empat

Sekedar informasi, mmumnya hijab segi empat terdiri dari 4 ukuran mulai dari 110×110 cm, 115×115 cm, 130×130 cm hingga 150×150 cm. Bagi anda yang memiliki proporsi tubuh kecil, gunakan hijab segi empat 110×110 cm supaya anda tidak tampak tenggelam ketika menggunakan hijab. Sedangkan bagi anda yang memiliki postur tubuh tinggi gunakan ukuran yang paling besar supaya lebih dapat menutupi area dada.

Trending:  Cara Mematikan Antivirus Windows 11 & Risikonya

Tutorial Hijab Segi Empat

Setelah anda mengetahui tips memilih hijab, maka berikut kami bagikan tutorial hijab segi empat yang saat populer digunakan para hijabers agar nampak cantik dan fashionable.

Tutorial Hijab Simpul Pita Yang Cantik

Untuk mempercantik penampilan anda, maka hijab model simpul pita ini siap membuat tampilan menjadi lebih manis. Mulai dari bahan katun, paris, voal, hingga satin model hijab segi empat ini dapat anda tiru dan terapkan. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Anda bisa gunakan dalaman ninja atau bandana yang siap menjaga supaya rambut tidak terlihat keluar.
  • Palao hijab dengan salah satu sisi lebih panjang dan rekatkan dengan peniti.
  • Ambil sisi hijab yang lebih panjang, lalu putar ke arah belakang, hingga kembali lagi ke tempat semula.
  • Ambil ujung sisi-sisi hijab serta rekatkan dengan cara mengikat menjadi satu.
  • Rapikan ikatan supaya tampak rapi dan asimetris.
  • Selesai, hijab siap dipakai untuk menyempurnakan tampilan anda.

Tutorial Hijab Segi Empat Syar’i yang Modern

 

Bagi anda yang merupakan pengguna hijab syar’I, anda tetap dapat tampil modern dengan menggunakan teknik hijab yang satu ini. Sesekali ganti hijab dengan bahan katun dengan pemakaian bahan satin warna cerah dan siap untuk menyegarkan tampilan. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa gunakan dalaman model ninja maupun dalaman berupa bandana supaya hijab terlihat rapi.
  • Lalu anda bisa mengambil salah satu sisi hijab dan buat segi tiga kecil.
  • Gunakan hijab serta sisipkan jarum pentul pada bagian tengah-tengah atas hijab supaya kain tidak licin dan membuat hijab melorot.
  • Ambil salah satu bagian sisi hijab, kaitkan ke arah berlawanan menuju bandana dengan memakai peniti pada bagian dalam.
  • Setelah salah satu sisi terpasang dengan baik, ambil sisi lainnya juga ke arah berlawanan.
  • Kemudian anda bisa tarik ujung hijab ke arah bahu.
  • Dan terakhir, sisipkan sisi tersebut ke bahu samping dengan memakai peniti atau bros cantik.
Trending:  Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis di Word

Tutorial Hijab Segi Empat Pita yang Playful

Hijab segi empat juga dapat dibuat untuk menjadi model yang playful, salah satunya ialah dengan mengikuti tutorial hijab segi empat yang terbaru satu ini. Model yang ini cocok sekali digunakan untuk berbagai kalangan baik para remaja maupun orang dewasa. Simak panduannya sebagai berikut yang sangat mudah dan tidak butuh waktu lama.

  • Untuk membuat tutorial hijab segi empat ini, anda dapat menggunakan dalaman hijab atau tidak. Pakai hijab seperti biasa dan rekatkan menggunakan jarum peniti atau pentul.
  • Ambil sisi kanan hijab untuk dibuat aksen pita.
  • Mulai ikatkan sisi kanan dan kiri hijab menjadi simpul.
  • Tarik simpul hijab yang telah terikat naik hingga ke atas dada atau sesuaikan dengan yang Grameds
  • Ambil kedua sisi hijab untuk dijadikan sebagai model pita.
  • Dan terakhir, tarik dan rapikan pita hijab supaya terlihat rapi.

Tutorial Hijab Segi Empat Basic Dengan Ikatan Dalam yang Rapi

Hijab segi empat dengan model dasar ini memang selalu menjadi favorit banyak wanita berhijab. Hal ini tidak terlepas karena model ini sangat praktis dan cantik membuat hijab ini dapat diaplikasikan dalam situasi formal maupun kasual yang membuat tampilan menjadi lebih rapi. Simak panduannya sebagai berikut.

  • Pertama, anda bisa gunakan hijab dengan menggunakan dalaman model ninja atau bandan.
  • Lalu anda bisa samakan ukuran panjang hijab pada sisi kiri dan kanannya.
  • Rekatkan dengan menggunakan peniti atau pentul pada bagian tengah, lalu tarik ke dua sisinya ke belakang.
  • Rapikan bagian depan hijab.
  • Dan terakhir, masukan ke dua sisi hijab ke bagian dalam dan ikatkan.

Demikian informasi mengenai tips memilih hijab segi empat lengkap dengan tutorialnya untuk membuat anda tampil cantik dalam berbagai acara atau kegiatan. Semoga berguna dan bermanfaat.