Tips untuk Upload Aplikasi ke Playstore Gratis

Para pengguna Smartphone tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata Playstore. Kamu tidak hanya bisa menjadi pengguna loh, kamu juga bisa menjadi pembuat aplikasi karena mengupload aplikasi ke Playstore gratis.

Tata Cara Upload Aplikasi pada Android Pada Google Play Store

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk bisa merilis aplikasi android mu sendiri secara resmi.

1. Login 

Setelah masuk ke Google Play Store selanjutnya Klik tombol “Publish an Android App on Google Play” pada halaman utama Google Play Developer Console.

2. Pilih Opsi

Kamu harus pilih “Default language” yang kamu inginkan juga judul aplikasinya. Jika aplikasimu berbahasa Indonesia, pilih “Default language”.

3. Upload

Lalu, klik tombol “Upload APK” dan unggah file APK dari aplikasi kamu. Jangan lupa siapkan juga file keystore yang kamu gunakan untuk membuild file apk tersebut simpanlah jangan sampai hilang karena file itu akan dibutuhkan lagi saat lamu ingin mengupdate serta melakukan perubahan di aplikasi milik kamu. Apabila file keystore yang kamu gunakan berbeda maka aplikasi di google dev tidak akan bisa diperbaharui atau akan menolak update aplikasi kamu. 

4. Mempersiapkan Gambar Aplikasi

Ada tiga langkah dalam mempersiapkan gambar aplikasi kamu. Gambar tersebut harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Screenshot tampilan aplikasi kamu, maksimal 8 gambar. Kamu harus menscreenshot bagian yang menarik supaya aplikasimu memperoleh perhatian khusus dan membuat para pengguna terpancing untuk mendownloadnya.
  • Ukuran gambar icon aplikasi adalah 512px x 512px, 
  • Siapkan juga gambar banner aplikasi dengan ukuran 1024px x 512px, dan beberapa syarat opsional lainnya.
Trending:  5 Aplikasi edit PDF gratis di Android

5. Upload Aplikasi Pada Google Play Developer

Langkah – langkah yang bisa kamu lakukan adalah:

6. Login ke akun Google Developer kamu

Untuk login kamu dapat mengakses halaman play.google.com/ķk gunakan saat mendaftar.

7. Klik Create Application

Pilih Default language (sesuaikan dengan bahasa dari aplikasi android yang akan kamu upload), lalu klik title, dan isi dengan judul aplikasimu supaya bisa dicari di Google Play Store.

8. Isi Data APP Release

Pada App Release kamu harus mengupload file apk aplikasi android juga informasi terkait point-point penting yang ada di aplikasi kamu.

9. Mengisi Data Store Listing

Data yang diminta pada bagian store listing biasanya data mengenai tampilan atau asset serta informasi detail terkait aplikasi androidmu.

10. Mengisi Data Content Rating

Content rating harus diisi setelah kamu mengupload file apk pada bagian menu App Release, untuk mengisinya klik menu content rating di bilah menu sisi kiri, lalu tekan tombol continue.

Masukan email juga konfirmasi email, selanjutnya pilih soal-soal yang diminta, ikuti dan sesuaikan data aplikasi kamu dengan yang diminta.

11. Mengisi Data Pricing serta Distribution

Tenntukan jenis aplikasi kamu (gratis/tidak) dan juga tentukan negara mana saja yang kamu ingin aplikasi tersebut bisa didownload. Ikuti semua yang diminta, apabila sudah selesai tekan tombol Save Draft.

12. Publish

Untuk publish langkahnya sebagai berikut:

  • Pilih menu App Release di sisi kiri.
  • Tekan Edit Release.
  • Scroll ke bawah lalu tekan tombol Review di bawah kanan, tulisan akan berganti menjadi Start Rollout to Production.
  • Tekan tombol Start Rollout to production.
  • Tekan tulisan “Your app will now become available to all users of the Play Store. Do you want to continue?” lalu Confirm
  • Di sudut kanan atas, tekan tombol Create Release. Apabila berhasil maka aplikasi kamu segera online dan bisa di download di Google Play Store.
Trending:  3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto Paling Mudah

Itulah Cara mudah untuk upload aplikasi ke Playstore Gratis, jika kamu sudah memiliki aplikasi yang siap di upload, segera coba upload sekarang, Selamat mencoba, ya.