Home » Cara Menghilangkan Peringatan Akun TikTok

Cara Menghilangkan Peringatan Akun TikTok

Sama seperti aplikasi social media yang lain, TikTok juga memiliki sejumlah peraturan dan panduan. Kalau ada yang melanggarnya, maka akan muncul peringatan di akun pelanggar. Ada nggak sih, cara menghilangkan peringatan akun TikTok agar kamu tidak merasa terganggu saat menggunakan aplikasi ini?

Untuk mengetahui cara memperbaiki peringatan akun TikTok, hal pertama yang harus kamu ketahui adalah alasan peringatan tersebut muncul. Pasalnya, selalu ada penyebab mengapa akun TikTok mendapatkan peringatan.

Untuk itu, kamu wajib tahu masing-masing penyebab munculnya peringatan agar bisa menghilangkannya notifikasinya. Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Penyebab Munculnya Tulisan Notifikasi Pelanggaran TikTok

Apakah peringatan akun TikTok bisa hilang sendiri

Apakah peringatan akun TikTok bisa hilang sendiri? Beberapa ada yang bisa  tapi ada juga yang tidak. Nah, kalau peringatannya tidak hilang-hilang, maka kamu harus menghilangkannya sendiri.

Namun, pertama-tama ketahui terlebih dahulu penyebab munculnya peringatan. Ada dua kategori pelanggaran yang menjadi penyebabnya. Apa saja?

1. Pelanggaran Ringan

Peringatan pertama yaitu pelanggaran yang tingkatannya ringan. Peringatan ini mungkin bisa hilang begitu saja. Contohnya video yang terkena copyright.

Kalau masih tergolong pelanggaran ringan, kamu tinggal mematuhi peringatan yang ada pada notifikasi saja. Kalau video terbukti tidak melanggar, maka bisa kamu post kembali.

2. Pelanggaran Berat

Konsekuensi mengunggah video yang melanggar, dan masuk ke dalam pelanggaran berat, hukumannya pun berat. Risikonya, akunmu bisa mengalami banned sementara atau permanen, tergantung dari peringatan yang kamu terima.

Adapun kategori pelanggaran berat mengutip dari halaman support Tiktok yang menjadi penyebab munculnya peringatan ini seperti mengunggah video berbau pornografi, kekerasan, dan sejenisnya. Meski begitu, kamu masih bisa mengajukan banding kalau ada unsur ketidaksengajaan.

Trending:  5+ Rekomendasi Aplikasi Pembuat Logo Terbaik, Gratis dan Banyak Desain Template

Cara Menghilangkan Tulisan Pelanggaran TikTok

Cara menambah followers TikTok gratis

Tulisan peringatan TikTok bisa kamu hilangkan dengan mudah. Hanya saja cara ini mungkin saja tidak berlaku untuk akun yang terkena peringatan keras karena pelanggaran berat hingga akun pengguna terancam mendapatkan banned permanen dari TikTok.

Ada dua cara yang bisa kamu tempuh sebagai berikut:

1. Laporkan Masalah melalui Aplikasi

Cara pertama untuk melaporkan permasalahan peringatan adalah melalui aplikasinya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu “Profil”.
  • Ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas.
  • Masuk ke menu “Pengaturan dan Privasi”.
  • Pilih menu “Laporkan Masalah”.

Tulisan peringatan TikTok

  • Masuk ke opsi “Akun dan Profil”.
  • Scroll ke bagian bawah lalu pilih “Lainnya”.
  • Masukkan deskripsi masalah pada kolom yang sudah tersedia.

2. Ikuti Panduan pada Notifikasi

Setelah kamu mendapatkan notifikasi peringatan, kamu ketuk notifikasi tersebut. Selanjutnya, kamu bisa ikut panduan komunitas dan berusaha untuk tidak melanggar kembali peraturan. Dengan cara ini, notifikasi bisa hilang dengan sendirinya.

Kamu juga bisa melakukan banding pada pihak TikTok. Caranya masih tetap sama, yaitu: 

  • Ketuk notifikasi peringatan
  • Kemudian lakukan banding.
  • Pastikan kamu mengisi informasi banding yang lengkap dan detail. 
  • Setelah itu tunggu customer service melakukan review pada akun kamu. Jika pelanggarannya ringan, maka kemungkinan peringatan akan hilang.

3. Menghubungi Customer Service

Kalau video kamu tiba-tiba dihapus, maka satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi customer service. Caranya masih tetap sama yaitu dengan cara banding, antara lain:

  • Sebelum mengajukan banding, kamu buka cek notifikasi pada video yang melanggar peraturan. 
  • Video  yang dihapus TikTok masih bisa kamu akses dan di dalamnya ada informasi seputar alasan kenapa video tersebut melanggar komunitas.
  • Lakukan banding dengan menulis alasan sesuai dengan pelanggaran yang kamu terima dari notifikasi yang kamu terima jika merasa tidak melanggar.
Trending:  8+ Model Kacamata untuk Wajah Bulat Biar Terlihat Tirus

Nah, itu dia informasi seputar cara menghilangkan peringatan akun TikTok. Silakan kamu coba salah satu, atau semuanya. Selamat mencoba!