Home » Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki Terbaik

Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki Terbaik

kataku.id – Merupakan tugas orang tua saat bayi lahir adalah memberikan nama yang baik pada bayi sebagai anugrah yang diberikan dan dianugerahkan oleh Tuhan YME untuk dijaga, disayangi, dan dibesarkan. Bagi anda yang mencari rekomendasi nama bayi untuk laki-laki, maka simak tips memilih nama bayi laki-laki terbaik yang akan kami bagikan pada artikel kami kali ini.

Mencari nama bayi tentunya bukan perkara yang mudah dimana setiap orang tua ingin memberikan nama terbaik sekaligus bisa menjadi doa orang tua untuk masa depan anak nantinya. Maka dari itu, terdapat berbagai pertimbangan sebelum memilih nama bayi. Apalagi bisa sang bayi merupakan bayi lelaki dan anak pertama, yang bisa membuat pilihan akan semakin sulit sebab bisa jadi orang kakek nenek, pasangan, atau keluarga lainnya juga ikut memberikan rekomendasi nama yang menurut mereka baik.

Walaupun saat ini sedang trend mencari nama bayi yang unik dengan kosakata unik tetapi bukan berarti anda harus mengikuti trend khususnya pemberian nama kepada buah hati kesayangan anda. Pasti sayang rasanya apabila anda menamakan bayi anda hanya ikut-ikutan trend. Tetapi apabila trend tersebut memang cocok untuk anda dan anda rasa pas untuk menamakan bayi anda, kenapa tidak bukan? Sebab trend tentunya tidak selamanya buruk. Dan trend pun terjadi karena banyak orang yang melakukannya berarti hal tersebut pastinya memiliki pertimbangan tersendiri.

Bagi anda yang bingung mencari nama untuk bayi laki-laki anda dan sedang mencari referensi nama bayi laki-laki terbaik, maka kali ini kami akan membagikan tips memilih nama bayi laki-laki terbaik yang bisa anda simak sebagai berikut.

Tips Memilih Nama Bayi Laki-Laki Terbaik

Nama Bayi Laki-Laki

Melihat Latar Belakang Budaya dan Agama

Tidak bisa dipungkiri bahwa latar belakang budaya dan agama bisa memberi pengaruh dan peran cukup besar untuk memberi nama bayi laki-laki. Sebut saja contohnya apabila anak berasal dari keluarga Islam, maka biasanya akan diberikan nama yang memiliki makna doa dalam Islam dan begitu pula dengan agama lainnya.

Trending:  8 Situs Nonton Film Terbaik Selain Lk21 INDOXXI Tanpa Iklan

Begitu pula dengan budaya dimana biasanya bayi akan membawa nama yang lekat dengan budaya orang tua. Seperti contohnya pada orang bali yang identik dengan nama made, sehingga ketika seseorang bernama made, maka besar kemungkinan dia berasal dari Bali.

Melihat Silsilah Keluarga

Bagi anda yang merasa bingung mencari nama untuk anak maka melihat daftar silsilah keluarga bisa menjadi sumber inspirasi anda dimana siapa tahu anda menemukan ide dan masukan berarti untuk menjadi nama bayi anak laki-laki anda.

Apabila di dalam silsilah keluarga ada kerabat yang memiliki nama unik dan terdengar menarik, namun arti serta maknanya sangat bagus, maka anda dapat meminta izin untuk menggunakan nama tersebut. Selain itu, di Indonesia sendiri terdapat beberapa suku seperti Batak dan lainnya juga memiliki sebuah marga untuk diberikan pada anggota keluarganya. Umumnya, nama bayi laki-laki pun akan dipadukan dengan marga tersebut sebagai salah satu identitas yang tidak boleh hilang.

Mencari Arti dan Makna

Hal penting yang harus anda perhatikan sebelum memberi nama bayi adalah memperhatikan arti dan makna dari nama yang sudah dipilih dimana sebaiknya rangkaian nama tersebut mengandung arti serta makna yang bagus untuk sang buah hati anda.

Selain menjadi doa untuk anak, nama juga akan memberikan kepercayaan diri lebih pada anak nantinya untuk menjadi seperti apa yang didoakan orang tua melalui namanya.

Padukan dengan Beragam Kosa Kata

Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, menemukan referensi nama untuk bayi laki-laki pun bukanlah hal yang sulit lagi dimana banyak situs atau website yang membagikan kumpulan nama untuk bayi laki-laki berdasarkan arti, makna, bahkan hingga nama yang kental dengan agama. Dengan demikian, anda tidak perlu bingung lagi mencari nama yang pas untuk si buah hati.

Trending:  Tutorial Sifat Mu di Anime Blue Lock dan Cara Jawab Kuis

Anda juga bisa berkreasi dari beberapa ide nama bayi yang menarik dengan memadukan menjadi rangkaian nama yang indah dan enak dibaca serta disebut.

Nama Mudah dan Tidak Terlalu Panjang

Memilih nama bayi laki-laki sebaiknya menggunakan untaian nama yang mudah dieja dan tidak terlalu panjang dimana hal ini akan sangat membantu, saat anak anda beranjak remaja. Nama yang gampang dieja dan tidak terlalu panjang, akan lebih mudah diingat oleh orang lain. Dengan begitu, saat si kecil tumbuh menjadi anak remaja, anda tak perlu khawatir karena nama dia bisa menolongnya untuk mencari seorang teman.

Yang Memiliki Panggilan dan Inisial Bagus

Apabika memungkinkan, maka sebaiknya anda memilih nama yang memiliki inisial yang bagus dan enak ketika dipanggil teman-temannnya kelak. Sebaiknya hindari inisial nama yang bisa menjadi bahan ejekan temannya.

Diskusikan Nama Bayi Laki-Laki dengan Pasangan

Walaupun mungkin terkesan sepele, tetapi sebaiknya melibatkan pasangan dalam mencari nama bayi laki-laki agar tidak memicu perdebatan kecil. Maka dari itu, anda mesti mengajak pasangan berdiskusi sebelum memberikan sebuah nama pada si kecil. Tidak haya berdiskusi dengan pasangan, anda juga bisa meminta saran nama bayi laki-laki pada orang tua atau pemuka agama di sekitar tempat tinggal. Langkah ini akan sangat membantu anda memilih nama yang sesuai harapan anda serta pasangan.

Buat Daftar Nama Bayi Laki-Laki

Pada saat bayi laki-laki terlahir, umumnya kedua orangtuanya sudah menentukan sebuah nama. Tetapi, ada juga orang tua yang justru belum sama sekali terpikirkan sebuah nama dengan makna yang bagus. Jadi sebaiknya ketika bayi masih berada dalam kandungan, anda bisa meluangkan waktu untuk membuat daftar nama bayi laki-laki yang cocok. Sehingga, saat si buah hati lahir, nama tersebut bisa diputuskan dan langsung diberikan.

Trending:  Cara Download Story TikTok dengan dan Tanpa Watermark

Memilih Nama Bayi Laki-Laki Sesuai Keinginan

Apabila semua tips di atas sudah anda lakukan, maka langkah terakhir yang harus diterapkan adalah menyortir dan memilih nama bayi laki-laki sesuai harapan anda dimana nantinya nama tersebut bakal menjadi identitas anak kebanggaan anda di masa mendatang.

Demikian informasi mengenai tips memilih nama bayi laki-laki yang bisa menjadi referensi anda untuk memberikan sang buah hati nama bagus dan memiliki makna serta doa. Semoga berguna dan bermanfaat.