Beranda » Bagaimanakah Cara Daftar SNMPTN 2022? Berikut Ini Panduan Lengkapnya!

Bagaimanakah Cara Daftar SNMPTN 2022? Berikut Ini Panduan Lengkapnya!

Apakah kamu salah satu lulusan baru yang ingin masuk perguruan tinggi? Hem, sudah tahukah kamu bagaimana cara daftar SNMPTN 2022? SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. 

Jalur SNMPTN adalah jalur masuk pergutuan tinggi negeri yang menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik yang dimiliki siswa semasa sekolah. Maka itu, siswa dengan nilai rapor yang konsisten memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi satu ini.

Untuk mengikuti seleksi SNMPTN, pastinya kamu harus menyiapkan sejumlah syarat serta melakukan pendaftaran. Apa saja syaratnya? Lalu bagaimana cara mendaftarnya? Berikut ini pembahasannya.

Syarat untuk Daftar SNMPTN

Sebelum membahas cara daftar SNMPTN 2022, kami akan memberikan informasi terkait syarat-syarat daftar SNMPTN terlebih dahulu. Terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum akhirnya daftar seleksi SNMPTN. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini beberapa syaratnya:

  1. Memiliki akun LTMPT yang sudah difinalisasi
  2. Masuk eligible atau kuota pendaftaran SNMPTN
  3. Memiliki NISN, serta terdaftar dalam PDSS
  4. Memiliki nilai semester 1-5 yang sudah diisi di PDSS

Cara Daftar SNMPTN 2022

Setelah syarat-syarat di atas dipenuhi, sekarang kamu sudah bisa lanjut daftar seleksi SNMPTN. Oke, berikut ini merupakan cara daftar SNMPTN 2022 yang harus kamu pahami.

1. Masuk ke website snmptn.ltmpt.ac.id.

2. Login menggunakan akun LTMPT yang sudah difinalisasi dengan cara memasukkan email dan kata sandi.

3. Selanjutnya silakan isi pilihan program studi. Disini kamu hanya diperbolehkan memilih dua program studi di dua Perguruan Tinggi Negeri.

Trending:  Cara Download Unipin Pro FF Apk Versi Modifikasi

4. Setelah itu, kamu wajib mengisi portofolio. Portofolio ini khusus untuk kamu yang memillih program studi seni dan olahraga. Di kedua bidang ini, portofolio merupakan kriteria wajib.

5. Langkah selanjutnya yaitu mengisi prestasi. Untuk kamu yang memiliki prestasi, silakan masukkan maksimal 3 prestasi di LTMPT ini. Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengunggah prestasi, diantaranya yaitu:

  • Menggunggah bukti prestasi dengan cara menekan tombol “browse”
  • File yang diunggah berukuran maksimal 2 MB
  • Formal file harus berbentuk PDF / PND / JPG.
  • Wajib mengisi deskripsi prestasi

6. Setelah semuanya diisi dengan lengkap dan benar, silakan lakukan finalisasi. Pastikan semuanya sudah benar, karena setelah finalisasi kamu tidak dapat membatalkan atau mengganti pilihan, apapun alasannya.

7. Langkah terakhir adalah mengunduh bukti registrasi. Bukti / kartu registrasi ini ada di sebelah kanan laman finalisasi. 

Itulah cara daftar SNMPTN 2022 yang mesti kamu lakukan. Setelah semua langkah tersebut kamu lakukan, kamu tinggal menunggu hasilnya saja. 

Cara Melihat Pengumuman Hasil SNMPTN

Setelah menunggu sampai waktu yang telah ditentukan, kamu bisa melihat pengumuman lolos / tidaknya melalui cara di bawah ini.

  1. Hasil / pengumuman lolos atau tidaknya bisa kamu lihat di laman pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. Disana kamu hanya perlu memasukkan nomor pendaftaran dan tanggal lahir kemudian klik “Lihat Hasil Seleksi”.
  2. Setelah itu, akan muncul pengumuman di layar tentang lolos atau tidaknya kamu. Apabila lulus, sistem akan menampilkan tulisan “SELAMAT! ANDA DINYATAKAN LULUS SELEKSI SNMPTN 2022” dengan background biru. 
  3. Sementara jika tidak lulus, kamu akan ditampilkan tulisan “Anda dinyatakan tidak lulus Seleksi SNMPTN 2022. Silakan mengikuti SBMPTN atau Seleksi Mandiri” dengan background merah. 

Begitulah cara daftar SNMPTN lengkap dengan cara melihat pengumuman lolos / tidaknya. Bagaimana? Mudah bukan?

Trending:  7 Generator Diamond FF VIP Terbaik 2022